Faktor Penting Menjalankan Usaha Bisnis Makanan dan Minuman

Usaha bisnis makanan dan minuman kian marak saat ini, untuk itu saya akan bahas mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis ini, agar bisa menjadi pedoman anda yang berminat menjalankan ataupun akan mengembangkan usaha bisnis kuliner ini.

Bisnis kuliner ini salah satu bisnis yang tidak pernah sepi, bahkan tren nya cenderung meningkat dari tahun-ketahun. Banyak para pebisnis baik itu yang baru mulai terjun usaha atau pun yang sudah memiliki usaha ikut meramaikan dunia kuliner ini. ini di picu semakin banyaknya pertumbuhan penduduk dan daya beli masyarakat yang meningkat. Bahkan di prediksi bisnis ini akan terus menanjak pupolaritasnya.

Maka dari itu tidak ada kata terlambat untuk anda yang akan memulai usaha ini, peluang selalu terbuka lebar bagi anda yang terus kreatif dan inovatif dalam menjalankannya. Dan untuk yang sudah menjalani usaha ini terus kembangkan usaha anda karena bisnis ini sangat banyak pesaing nya, anda harus pintar-pintar berkreasi agar bisnis anda tidak kalah dengan pemain baru yang terus bermunculan.

Walaupun begitu usaha makanan dan minuman bukan tanpa resiko, bahkan dengan melihat persaingan yang cukup ketat, usaha ini masuk kedalam kategori usaha yang berresiko cukup besar. Mulai dari proses produksi sampai pemasaran anda akan dihadapkan dengan banyak rintangan.

Berikut beberapa faktor yang harus di perhatikan dalam berbisnis makanan dan minuman :

makanan dan minuman memiliki batas kadaluarsa. rata-rata mulai dari bahan sampai produk jadi, memiliki batas waktu pemakaian seperti, jika anda menjual masakan seperti rumah makan, maka bahan-bahan seperti bawang,tomat,cabe dan lain-lain semua memiliki waktu kadaluarsa dan setelah jadi masakan pun misalnya rendang,opor ayam dan lain-lain itu pun tidak bisa bertahan lama. Maka anda di tuntut harus bisa mengatur jumlah pembelian dan pembuatan masakan secara tepat, karena jika tidak anda akan mengalami kerugian karena barang yang basi dan tidak bisa di jual.

Advertisement

Cita rasa yang harus konsisten. Anda harus bisa menjaga rasa produk yang anda jual, karena bisnis kuliner ini kunci utama nya di rasa yang konsumen sukai. Jika produk anda tidak tetap cita rasa nya maka konsumen tidak akan menyukai produk makanan atau minuman anda.

Sumber daya yang harus memiliki keterampilan. Berkaitan dengan faktor di atas, jika anda mengandalkan karyawan atau di sebut koki yang membuat produk anda. maka koki anda harus memiliki keterampilan tinggi di  bidang nya. karena seperti yg di sebutkan kunci utama usaha ini ada di cita rasa yang cocok dengan konsumen. maka anda harus benar-benar mempunyai sumberdaya yang handal.

Lokasi pemasaran yang harus strategis. Ini salah satu faktor yang sangat penting, Lokasi Usaha makanan dan minuman adalah ujung tombak pemasaran produk anda, jika lokasi anda berada di wilayah strategis maka anda sudah mendapatkan satu faktor yang membuat usaha ini sukses. Contoh lokasi staregis adalah seperti daerah perkantoran, universitas, sekolahan, dan juga lokasi pusat kuliner seperti food court. Begitu pentingnya faktor lokasi ini, maka walaupun faktor sebelumnya yang sudah di jelaskan di atas sudah terpenuhi , akan sulit berkembang.

Namun karena perkembangan teknologi sekarang ini semakin maju, ada cara agar biarpun lokasi anda tidak strategis tetapi tetap bisa menjalankan usaha ini, salah satu cara nya adalah dengan memanfaatkan media internet. Anda bisa memanfaatkan Facebook, Twitter dan lain-lain untuk mempromosikan usaha anda, dan cara itu terbukti efektif dengan bermunculan nya pengusaha-pengusaha kuliner yang sukses menjalankan usahanya dengan bantuan media internet.