Etika Dalam Berbisnis, Ini Wajib Anda Miliki

Membangun sebuah bisnis di perlukan etika yang baik dan benar, agar dapat bersaing dengan pebisnis lainnya. Kini persaingan dalam berbisnis sudah sangat ketat, kita yang tidak memperdulikan layanan yang baik kepada klien akan dapat di pastikan terjungkal dalam persaingan.

Seorang pebisnis yang handal haruslah memperhatikan etika yang di berikan kepada konsumen, kepuasan konsumen harus di tempatkan di atas segala-galanya. Itu juga harus anda lakukan secara konsisten dan merata ke semua klien. Jika semua itu sudah dilakukan dengan benar maka pesaing pun akan memperhitungkan bisnis anda, dan kesuksesan pun akan cepat didapatkan.

Etika berbisnis yang wajib dimiliki untuk menjalankan apapun jenis bisnis anda adalah sebagai berikut :

Kejujuran Bersikap

Salah satu faktor yang di perhatikan seorang klien sebelum memutuskan bekerja sama dengan anda adalah jujur dalam berbisnis. Ini harus benar-benar anda perhatikan, dan di terapkan dalam segala hal, dari mulai memberikan berbagai macam informasi produk atau jasa yang anda miliki, dengan cara menerangkan sejelas-jelasnya kelebihan ataupun jika ada kekurangan yang mungkin terjadi.

Baca juga artikel Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya

Memenuhi Janji

etika menjalankan bisnis

Jika anda berani memberika sebuah janji, maka anda harus berkomitmen menepatinya dengan baik, ini berhubungan dengan poin pertama. Sekali saja anda tidak menepati janji maka anda sudah melanggar kedua poin penting beretika dalam bisnis yang sangat penting. Padahal poin ini akan benar-benar di perhatikan oleh calon konsumen, maka akan menentukan perjalanan bisnis anda kedepan.

Advertisement

Menjaga Reputasi Bisnis

Jika anda telah mengecewakan seorang klien saja maka nama baik bisnis anda akan berkurang. Untuk itu anda harus benar-benar menjaganya, karena reputasi yang baik juga akan dapat menjaring calon konsumen untuk datang dan membuktikan reputasi yang anda miliki.

Baca juga artikel Sebagian Penyebab Sulit Sukses Dalam Usaha

Miliki Sikap Seorang Pemimpin

Seorang pemimpin harus bisa menjadi motivasi bagi para bawahannya, untuk bekerja lebih baik lagi. Selain itu juga jiwa kepemimpinan harus anda miliki karena besarnya tanggung jawab yang akan anda pikul. Semua itu bisa anda pelajari dari berbagai pengalaman, maka dari itu sangat penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki segudang pengalaman dalam merintis sebuah bisnis.

Konsisten Mentaati Aturan

Berbagai aturan baik di dalam perusahaan ataupun diluar harus sekuat mungkin konsisten anda jalankan. Jika itu semua itu di lakukan, anda akan di segani baik oleh bawahan atau pun klien yang anda kenal. Ini memerlukan proses yang tidak mudah, oleh sebab itu banyak yang tidak terlalu memperdulikan hal ini.

Miliki Keperdulian Sosial

Seorang pebisnis yang baik tidak hanya memperhatikan kelangsungan bisnisnya, akan tetapi juga harus memperhatikan keperdulian sosial di sekitar wilayahnya. Dengan menjadi pebisnis yang memerhatikan hal ini maka perjalanan usaha pun akan lancar dan berkelanjutan. Sebaliknya, tidak perduli akan hal ini maka bisnis anda tidak akan bisa lama bertahan.