E-Commerce Sebagai Langkah Awal Dan Penyempurna Bisnis Anda

Mungkin untuk anda yang saat ini sedang berusaha merintis sebuah usaha atau bagi anda yang sudah mempunyai sebuah perusahaan dan ingin melebarkan sayap dari perusahaan anda, mencoba untuk menggunakan teknologi E-Commerce dalam bisnis anda tidak ada salahnya. Sebelumnya, apa itu E-Commerce? E-Commerce atau Electronic Commerce adalah sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan melalui media electronic.

Tentu, hampir semua orang tau dan punya peralatan electronic seperti hanphone, televisi, komputer dan lain-lain. Saat ini banyak orang-orang yang cenderung menginginkan kemudahan dan banyak hal yang sudah dapat dilakukan secara online. Dalam hal transaksi pembayarannya pun juga mudah, bisa dilakukan dengan transfer rekening maupun dengan Paypal jika punya. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis kita harus mampu memanfaatkan setiap peluang atau kesempatan yang ada, termasuk memberikan kemudahan bagi konsumen-konsumen dalam melakukan proses jual beli.

E-Commerce tentu memiliki konsep-konsep dasarnya sendiri, yaitu Automation adalah otomasi bisnis sebagai pengganti transaksi yang dilakukan secara manual menjadi transaksi secara online. Streamlining/Integration adalah prosesnya yang terintegrasi atau satu kesatuan sehingga mendapatkan hasil yang lebih efisien dan efektif. Publishing atau kemudahan dalam hal berkomunikasi dan promosi tentang produk atau jasa dari perusahaan anda. Interaction adalah kemudahan dalam melakukan pertukaran informasi atau data antar pelaku bisnis yang dapat meminimalisasi human error. Transaction adalah kemudahan dalam hal bertransaksi antara penjual dan pembeli.

Jika anda masih ragu-ragu dengan E-Commerce, manfaat dari E-Commerce itu sendiri ada banyak, pertama, E-Commerce dapat meningkatkan pendapatan anda, karena kegiatan dalam E-Commerce dilakukan secara online sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah. Kedua, dapat mengurangi biaya terhadap barang-barang seperti kertas, pencetakan, pembuatan banner, poster dan sebagainya. Ketiga, Kemudahan dalam berkomunikasi dengan konsumen, mudah karena penjual dan pembeli dapat berkomunikasi kapanpun melalui media elektronik tanpa diharuskan bertatap muka secara langsung serta manfaat-manfaat lainnya. Keempat, dapat melayani konsumen tanpa batas waktu, karena E-Commerce tidak terikat terhadap waktu buka atau tutup dari sebuah perusahaan.

Namun, ada juga kerugian dalam E-Commerce, seperti pencurian informasi atau data pribadi, pada awalnya sulit untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, terkadang banyak orang-orang mempermasalahkan tentang keamanan dalam melakukan transaksi serta hal-hal lain yang tidak terduga. Kerugian tersebut dapat diatasi selama keamanan dari konsumen benar-benar dijaga serta berusaha tidak melakukan kesalahan yang berdampak pada kepercayaan konsumen.

E-Commerce memiliki beberapa jenis, seperti pasar elektronik yang penyajian dan penawaran barang dilakukan dalam bentuk pasar dan harga dari setiap barang dapat dibandingkan satu sama lain. Ada juga yang berbentuk iklan pada sebuah situs atau website, mirip dengan iklan baris hanya saja tempatnya yang berbeda.

Untuk di Indonesia sendiri E-Commerce sudah mulai dikenal, jadi anda juga harus bersaing dengan pengguna E-Commerce yang lain. Ada beberapa jenis E-Commerce yang digunakan di Indonesia.

ecommerce

Iklan Baris

Dalam hal ini perusahaan mengiklankan produk atau jasanya melalui situs atau website, seperti youtube. Kadang-kadang ada iklan yang muncul di youtube sebelum video yang kita pilih berputar. Serta iklan-iklan berupa kotak-kotak kecil yang muncul pada sebuah situs yang biasanya terkenal dan banyak diakses.

Retail

Perusahaan yang menggunakan E-Commerce dalam bentuk retail biasanya memiliki sistem sendiri yang diterapkan. Sehingga, kegiatan jual-beli relatif aman. Namun, retail biasanya tidak menjual banyak produk dan hanya fokus pada satu atau dua jenis atau kategori barang. Beberapa perusahaan retail seperti, Zalora dan Lazada.

Market Place

Market Place mungkin sama seperti mall online, dimana banyak jenis atau kategori barang yang disediakan. Dalam Market Place yang berjualan bukan dari pihak penyedia Market Place, namun dari pihak lain yang mendaftar sebagai anggota untuk berjualan pada website Market Place. Dalam hal transaksi pihak Market Place sendiri akan menjadi pihak ketiga yang akan menerima uang dari konsumen dan menyimpan uang tersebut hingga pihak penjual telah mengirimkan barang yang dipesan oleh konsumen. Setelah proses pengiriman selesai uang tersebut akan diteruskan kepada pihak penjual.

Baca juga artikel manfaat marketplace internet untuk mengembangkan usaha

E-Commerce dapat menjadi langkah awal bagi anda yang baru memulai atau akan memulai bisnis. Mungkin sebelum anda menemukan tempat yang akan digunakan untuk berbisnis, tidak ada salahnya anda mengawalinya dengan E-Commerce.

Anda bisa mengawalinya dengan menjadi anggota dari sebuah perusahaan Market Place dan mencoba untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa anda, karena E-Commerce tidak memerlukan tempat sehingga akan memperkecil pengeluaran anda. Bisa juga bagi anda yang mungkin fokus melakukan usaha secara online dan mengendalikan segala sesuatunya dari rumah.

Saat ini sudah banyak orang-orang sukses dan berpenghasilan besar dari perusahaan yang berjalan secara online saja. Tidak hanya produk nyata atau jasa saja yang dapat dijual dalam E-Commerce. Apabila anda ahli dalam bidang software, anda bisa membuat dan menjual tersebut melalui E-Commerce, lebih praktis karena tidak perlu menggunaka kaset DVD. Karena software bisa di download dari internet, setelah melakukan transaksi tentunya.

Baca juga artikel syarat sukses menjalankan bisnis online

E-Commerce dapat menjadi penyempurna bagi perusahaan anda yang telah berkembang. Dengan mempromosikan perusahaan anda secara online, mungkin konsumen anda tidak hanya berasal dari daerah lokal namun bisa juga dari daerah-daerah lain atau bahkan dari mancanegara. Karena pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjual dan pembeli berada pada jarak yang cukup jauh termasuk luar negeri.

Mungkin banyak juga yang tidak menyadari besarnya peluang penggunaan E-Commerce dalam berbisnis, karena mayoritas pebisnis berasal dari kalangan tua. Jadi, apabila anda masih muda dan mampu menggunakan internet sangat mungkin anda akan memperoleh keuntungan yang cukup besar dari bisnis secara online anda.

Ada beberapa tips atau saran bagi anda dalam menggunakan E-Commerce untuk bisnis. Apabila anda masih awal dalam berbisnis, mungkin lebih baik anda menjual produk anda dalam MarketPlace, anda bisa belajar dan mengamati tentang segala hal tentang bisnis online dari sini, sebelum membuat website perusahaan anda sendiri. Jika anda ingin fokus berbisnis secara online saja, mungkin anda bisa mempromosikan produk anda melalui media social seperti instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya.

Tips bagi anda yang telah memiliki perusahaan yang sedang berkembang, tidak ada salahnya anda membuat website sendiri mengenai produk atau jasa dalam perusahaan anda. Anda bisa membuat iklan mengenai produk anda pada situs-situs lainnya yang banyak diakses. Anda juga bisa menjual produk anda kepada pengusaha-pengusaha lainnya, seperti mempromosikan produk anda dalam perusahaan retail online.

Jadi, bagaimana? Apakah anda tertarik untuk menggunakan E-Commerce dalam bisnis anda? Mungkin anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai E-Commerce, tentang sistem dan proses jual-belinya. Karena E-Commerce ini gratis jadi, mungkin tidak ada salahnya anda mencoba. Hanya koneksi internet yang dibutuhkan.

Baca juga artikel pengertian bisnis e-commerce beserta contohnya