Durian Montong, Buah Yang Bernilai Jual Tinggi

Siapapun rasanya banyak yang sepakat bahwa salah satu buah yang banyak di favoritkan masyarakat ialah durian. Dan dari berbagai jenis buah durian yang kita kenal, paling populernya yaitu durian montong. Banyak kelebihan yang ada pada jenis durian yang satu ini, paling menonjol karena rasanya yang lebih nikmat dari durian lain.

Durian montong, di kenal memilki wangi harum yang khas meski belum dikupas. Dan dari bentuk fisiknya saja sudah terlihat berbeda, karena ukurannya yang lebih besar. Saat dinikmati rasa durian montong memiliki rasa manis yang lezat serta daging buah yang lebih tebal di banding durian lainnya.

Meski harga jualnya terbilang paling tinggi, tidak menyurutkan para penikmat buah ini untuk memburunya. Di masa-masa panennya, puluhan ton durian montong bisa habis tak tersisa dengan harga jual berkali-kali lipat lebih mahal dari durian lainnya.

Tercatat rata-rata harga durian montong mulai dari 35 hingga diatas 50 ribu rupiah perkilonya, berbeda-beda karena masih di klasifikasikan menjadi beberapa grade tergantung kualitas dan ukuran buahnya. Bahkan di supermarket-supermarkat terkenal, durian ini di jajakan telah dikupas dengan bandrol 4 ribu hingga 5 ribu rupiah per 100 gramnya.

Durian Montong

Asal Usul Durian Montong

Seperti yang banyak dari kita ketahui, durian jenis ini banyak di kenal berasal dari negara Thailand. Setiap tahunnya negara kita secara rutin mengimpor buah ini langsung dari sana.

Akan tetapi banyak dipercaya jauh dari sebelum buah ini muncul, asal muasal bibit durian montong diambil dari varietas durian asli Indonesia, ada yang mengatakannya dari daerah Jawa Tengah. Para ahli pertanian Thailand mengembangkan di negaranya sehingga menjadi jenis durian unggul yang satu ini.

Hal ini terjadi karena negara kita kurang mengembangkannya dengan skala yang besar. Di Thailand perkebunan buah ini tersedia hingga ribuan hektar luasnya, dan disertai dengan penanganan yang serius dari pemerintahnya. Sehingga durian jenis ini bisa menjadi komoditas ekspor unggulan mereka ke negara lain.

Potensi Bisnis Durian Montong Di Indonesia

Meski begitu, potensi bisnis durian ini di Indonesia juga tidak bisa di katakan kurang menguntungkan. Budidaya durian montong kini banyak di pilih karena alasan peminatnya yang tidak sedikit tadi. Beberapa faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya budidaya ini salah satunya dalam hal pemilihan bibit yang harus berkualitas, sehingga nantinya buah ini bisa banyak berporduksi dengan kualitas yang maksimal.

Selain itu, persiapan lahan serta perawatan dalam membudidayakannya juga perlu perhatian yang serius. Seperti misalnya persiapan lahan yang luas serta akses sinar matahari yang cukup, pembersihan pohon durian dari parasit-parasit yang mengganggu pertumbuhan, dan tidak kalah penting juga pemberian pupuk secara rutin yang harus selalu terpenuhi.

Dalam jangka waktu kurang lebih 5 tahun jika persiapan budidaya durian montong dan perawatannya dilakukan dengan benar, panen pun dapat di lakukan dengan menghasilkan buah yang berkualitas.

Bagi mereka yang enggan atau terkendala dalam membudidayakannya, bisnis durian ini juga dapat dilakukan dengan menjadi penjual secara langsung kepada konsumennya.

Beberapa tahun belakangan ini para penjual yang menjajakan durian di sisi jalan saja dapat menghasilkan keuntungan yang besar, dikabarkan sampai ada yang membukukan omset mencapai 7 juta rupiah perharinya. Selain berupa gerai khusus yang menawarkan aneka buah durian termasuk durian montong, beberapa pedagang juga menawarkannya dengan mobil-mobil bak terbuka juga di tenda-tenda sederhana.

Selain itu, diluar dipasarkan buahnya secara langsung, muncul juga jenis makanan olahan yang menggunakan bahan utama buah durian sebagai bahan dasarnya. Dengan begitu bisa lebih meningkatkan lagi harga jual buah ini di pasaran. Baca juga artikel pancake durian kudapan lezat yang laris di bisniskan

Semoga terinspirasi…