Custom Case, Bisnis Casing Hp Desain Suka-Suka

Custom case adalah produk aksesoris handphone berupa casing yang bisa dibuat dengan desain gambar sesuai permintaan konsumennya. Sekarang ini produk tersebut semakin banyak peminatnya, sehingga membuka peluang bisnis baru dengan hasil yang cukup menggiurkan.

Perkembangan teknologi handphone yang pesat ternyata mampu membuat produk yang berkaitan dengannya otomatis ikut naik pamornya. Termasuk pada aksesorisnya ini, casing hp yang pada awalnya di buat hanya untuk melapisi hp agar tidak mudah tergores dan menjaga dari benturan, kini berkembang menjadi produk fashion pelengkap yang bisa menaikan gengsi penggunanya.

Custom case kini menjadi trend terutama di kalangan anak muda yang gemar dengan gadget dan yang ingin perangkatnya terlihat berbeda dari yang lain. Dengan kelebihannya yang bisa dibuat dengan gambar, foto ataupun tulisan sesuai dengan permintaan konsumen, membuatnya tidak sekedar hanya menjadi casing atau pelindung hpnya. Seiring dengan semakin banyak peminatnya, para pelaku bisninya pun kini mulai kebanjiran pesanan.

 

bisnis custome case handphone

Sekilas Cara Pembuatannya

Casing hanphone berjenis soft case, hard case ataupun rubber, yang seperti biasa banyak kita temui di tempat aksesoris hp, merupakan bahan dasar yang nantinya akan di cetak dengan berbagai gambar. Sedangkan mesin pencetak gambarnya pun sebetulnya sudah tidak asing lagi di kenal di dunia bisnis printing, dikenal dengan istilah proses sublimasi, Cara kerjanya hampir sama dengan mencetak gambar pada media berupa mug, gelas atau cangkir.

Advertisement

Proses cara pembuatan lainnya dikenal dengan istilah Direct Print, atau cetak langsung pada media casing. Artinya, tidak seperti proses sublim yang membutuhkan pencetakan gambar pada transfer paper terlebih dahulu untuk selanjutnya di pindahkan pada casing hp dengan bantuan heat press. Direct print ini bekerja langsung mencetak pada media casingnya, tanpa media perantara apapun.

Kedua proses pembuatan custom case diatas tentunya menggunakan mesin yang berbeda, dan kabarnya memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing.

Peluang Bisnis Custom Case

Melihat trend yang berkembang saat ini dan sudah ada beberapa contoh pebisnis yang menjalankannya, produk ini terbukti memiliki pasarnya tersendiri yaitu sebagian besar anak muda, dan bisa di serap pasar dengan baik. Bahkan di awal dikenalkannya casing hp custom yaitu sekarang ini, telah banyak pelaku usahanya yang sukses membukukan omset yang besar. Ini bisa menjadi salah satu sinyal bahwa bisnis ini potensinya cukup bagus di masa yang akan datang.

Baca juga ragam jenis usaha sukses yang dijalankan anak muda

Modal yang harus di keluarkan untuk menjalankan bisnis ini juga terhitung tidak terlalu besar, masih bisa di jangkau oleh kelas usaha kecil menengah. Jika mengacu kepada sistim pembuatan menggunakan proses sublimasi yang sudah lama di kenal, maka akan di perlukan modal berkisar antara 15 hingga 20 jutaan untuk penyediaan mesin printing lengkap dengan peralatan pendukungnya.

Langkah Pemasaran

Sementara sekarang ini kebanyakan para pebisnis custom case menempuh pemasaran dengan sistim online, karena media internet ini kinerjanya cukup bagus untuk memasarkan produk baru kepada konsumen tanpa ada batas jangkauan wilayah, tidak heran produk yang terbilang baru ini pun kabarnya sudah ada konsumen yang memesannya hingga luar negri.

Langkah pemasaran lain yang bisa di lakukan adalah dengan membuka gerai atau toko khusus di tempat-tempat yang banyak calon konsumennya. Seperti misalnya di pusat perbelanjaan gadget, sekitaran kampus dan tempat berkumpulnya anak-anak muda.