Cuci Mobil Otomatis, Mengenal Proses Dan Prospek Bisnisnya

Cuci Mobil Otomatis – Bisnis pencucian mobil menjadi salah satu bidang yang tidak lekang dimakan jaman. Sampai kapan pun setiap orang yang memiliki mobil sesekali atau bahkan seringkali akan membutuhkan jasanya. Meski bisa dilakukan sendiri, namun disaat tertentu menggunakan jasa cuci mobil bisa menjadi pilihan untuk menghemat waktu ataupun alasan lainnya.

Oleh sebab itu bisnis ini termasuk salah satu yang memiliki prospek cerah kedepan.

Karena sebab itu juga, bidang bisnis cuci mobil ini seiring waktu kian beragam cara yang ditawarkan. Dari mulai type biasa yang menggunakan hindrolik untuk mengangkat kendaraan agar kolong mobil dapat di bersihkan, lalu ada juga cuci mobil tanpa air yang mengandalkan cairan bahan pembersih khusus untuk menghilangkan kotoran, dan satu lagi cuci mobil otomatis yang memungkinkan mencuci lebih cepat dan praktis lagi karena sang pengemudi bahkan tidak harus keluar kendaraan.

Sistem cuci mobil otomatis mulai muncul hanya baru beberapa tahun kebelakang. Hadir didasari karena jasa mencuci kendaraan cukup membutuhkan waktu yang lama, apalagi jika terdapat antrian. Sedangkan bisnis seperti ini tentu sangat mengandalkan kecepatan agar mampu meraup keuntungan maksimal. Selain itu sebagian besar konsumen paling tidak suka jika diharuskan menunggu dengan waktu yang lama, tidak sedikit karena banyaknya antrian mereka ahirnya berpaling ketempat cuci lainnya.

Cuci Mobil Otomatis

Dengan cuci mobil otomatis untuk setiap kendaraan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja bahkan ada yang mampu mencuci lebih dari 10 mobil dalam tempo satu jam. Dalam jangka waktu singkat tersebut, kotoran yang menempel di bodi mobil akan hilang lalu di keringkan sempurna layaknya di cuci manual. Hanya bagian interior yang membutukan pengerjaan tangan manusia, biasanya layanan ini bersifat tambahan sesuai keinginan pelanggan.

Advertisement

Bisa demikian sebabnya pengerjaan sebagian besar disesaikan dengan sistim robotic. Dari mulai tahap awal penyiraman dengan air, lalu disemprot dengan foam atau busa dan shampo khusus, selanjutnya akan ada spon yang menggosok mobil untuk merontokan kotoran, dibilas dengan air bersih kembali hingga tahap terahir pengeringan. Semua serba dilakukan otomatis pada rangkaian jalur pada ruangan khusus tanpa campur tangan manusia. Tidak mengherankan jika proses ini pengerjaannya bisa sangat cepat.

Untuk setiap unit kendaraan umumnya tarif yang dikenakan berkisar 25 hingga 50 ribuan. Terkadang ada juga yang menawarkan layanan tambahan seperti bersihkan interior dan poles cat dengan tarif berbeda-beda. Beberapa pelaku usaha ini di kota-kota besar seperti jakarta, bandung dan lainnya mengaku dalam satu hari 50 hingga 100 mobil bisa di capai. Tebih tinggi lagi terutama di musim hujan yang kebanyakan kendaraan akan mudah terkena kotoran.

Sangat menggiurkan bukan….

Meski begitu untuk memulai bisnis cuci mobil ini calon pelaku tidak bisa main-main, pasalnya investasi atau modal yang harus dikeluarkan cukup besar. Dikabarkan untuk menyediakan unit mesin otomatis ini membutuhkan dana hingga 950 juta rupiah, itu baru untuk mesin di kelas menengah, masih ada mesin dengan harga yang lebih tinggi untuk keluaran brand negara besar. Belum lagi area tempat usaha juga membutuhkan ukuran yang luas sekitar 600 – 1000 M2 harus dipersiapkan.

Sebagai alternatif untuk pengadaan mesin, sekarang ini produk rakitan lokal mulai juga bermunculan dan tentunya ditawarkan dengan harga yang lebih kompetitif lagi.

Baca juga artikel :

Maka untuk menjalakan bisnis ini pastinya membutuhkan perhitungan yang matang, dari mulai modal, pemilihan lokasi yang harus strategis, persiapan sumber air yang akan menjadi bahan utama, hingga pengaturan layout tempat usaha agar jalur keluar masuk mobil tidak tersendat.

Selain itu meski bisnis ini disebut cuci mobil otomatis, tetap pada kenyataannya membutuhkan beberapa orang karyawan untuk menjalankan berbagai oprasional seperti membantu pada tahap proses pengeringan ataupun menerima pembayaran.