Contoh Produk Daur Ulang Ban Bekas yang Bernilai Tinggi

Produk daur ulang ban bekas yang memiliki nilai ekonomi tinggi sangat beragam dan mudah kita temui di kehidupan sehari-hari.

Ada produk daur ulang yang dihasilkan dari ekstraksi biji karet ban bekas dan ada juga produk daur ulang yang dihasilkan tanpa ekstraksi terlebih dahulu.

Untuk produk yang pertama biasanya diproses di pabrik-pabrik skala besar, karena proses ekstraksi sendiri membutuhkan alat dan teknologi yang pelik. Nah, untuk produk kedua (tanpa ekstraksi) ternyata juga sangat bernilai dan skala produksinya rata-rata dipegang oleh pelaku usaha kecil menengah.

Nah, penasaran apa saja produk daur ulang ban bekas yang bernilai tinggi dan bisa diproduksi oleh kelas usaha kecil menengah? Berikut ini adalah daftarnya yang bisa anda jadikan ide untuk menangkap peluang usaha yang ada.

Produk Daur Ulang Ban Bekas

Baca Juga Limbah Ban Bekas Bisa Hasilkan Keuntungan Melimpah

Furniture Outdoor dari Ban Bekas

Produk furniture dari olahan ban bekas cukup mudah kita jumpai di lingkungan outdoor seperti tempat istirahat di ruang-ruang publik dan juga tempat rekreasi.

Ban bekas sering menjadi pilihan karena ketahanannya terhadap perubahan suhu dan cuaca. Nah, untuk memproduksi produk furniture dari ban bekas seperti meja, dipan dan kursi anda perlu melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu karena produk ini kurang cocok bagi konsumen umum.

Salah satu strategi pemasarannya adalah dengan melakukan kontrak dan kerjasama pengadaan. Perlu skill khusus dan pengalaman untuk membangun relasi.


Produk Alas dan Bantalan

Banyak sekali produk alas yang terbuat dari daur ulang ban bekas. Sebagai contoh adalah alas kandang, alas mobil pickup, alas fitness & olahraga dan lain sebagainya.

Produk alas dari ban bekas sangat diminati karena durasi ketahanannya sudah teruji pun harganya jauh lebih miring dibanding dengan produk alas yang terbuat dari karet baru ataupun bahan lain. Untuk jenis-jenis produk tersebut cukup mudah dipasarkan karena segmentasi pasar mudah dicari.

Di kategori produk bantalan malah ada contoh ide super kreatif yang sempat viral, yaitu bantalan jalan dari ban bekas. Ide tersebut ternyata bersumber dari Amerika Serikat yang diujicoba oleh Pemkot Tanggerang sebagai bahan alternatif perbaikan jalan.

Punya ide unik lain? Seiring berjalannya waktu pasti ada ide-ide kreatif yang terwujud menjadi produk daur ulang ban bekas bernilai ekonomi tinggi.

Tali Karet Dari Ban Dalam

Bisnis tali karet? Kenapa tidak, kan ini termasuk produk andalan dari daur ulang ban dalam bekas! Anda bisa mulai membayangkan berapa ton tali karet yang dibutuhkan oleh konsumen setiap harinya! Bisa ribuan atau bahkan jutaan ton!

Pangsa pasar tali karet dari ban dalam bekas cukup beragam mulai dari golongan petani, pedagang, hingga industri. Tali karet yang bisa ditemui di pasaran juga beragam dilihat dari ketebalan, fleksibilitas dan kekuatannya. Semua laku asal anda tahu kebutuhan konsumen.

Yang pasti, ketersediaan bahan baku untuk menjalankan bisnis ini masih sangat melimpah. Tinggal anda pilih ban apa yang ingin anda olah, mulai dari ban dalam sepeda motor yang tipis hingga ban dalam fuso yang sangat tebal.

Sederet Produk Daur Ulang Ban Bekas Kreatif

Hasil produksi di kategori kreatif paling banyak mengisi pasar dan semuanya laku keras. Ambil contoh sederhana saja, misalnya adalah sandal jepit, tempat sampah, pot bunga, sofa, mainan anak-anak, pagar taman, ayunan dan masih banyak lainnya.

Untuk sukses bisnis di bidang kreatif kuncinya hanya satu yaitu keberanian untuk bereksplorasi. Semakin anda berani bereksplorasi, kreatifitas akan muncul dengan sendirinya.

Semoga menginspirasi!