Contoh Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Terbatas

Di dunia ini banyak sekali peluang usaha sampingan yang dapat ditekuni dan dijadikan sebagai sumber pendapatan. Akan tetapi, tidak jarang calon pengusaha merasa kesulitan karena minimnya modal yang dimiliki. Bahkan, pekerjaan sampingan pun masih dianggap butuh modal besar sehingga banyak calon pengusaha yang mundur sebelum berperang.

Pikiran negatif yang beredar di masyarakat adalah semua usaha butuh modal dan yang dimaksud dengan modal itu adalah uang. Pikiran tersebut tentu tidak selamanya benar. Sebab, banyak sekali peluang usaha sampingan yang justru tidak membutuhkan modal sama sekali. Anda bisa saja menekuni berbagai jenis usaha sampingan tanpa harus melibatkan modal uang, atau bisa pilih beragam usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil.

Baca juga artikel Jenis Usaha Dagang Dengan Modal Kecil

Semua orang tentu memiliki skill atau kemampuan yang sebenarnya itu adalah modal dalam arti lain. Artinya, modal tidak selamanya harus berbentuk uang tapi bisa juga berbentuk hobi, kreatifitas, kemampuan dan lain sebagainya. dan berikut ini adalah peluang usaha sampingan dengan modal terbatas.

  • Jasa Penulis Artikel

Salah satu peluang usaha sampingan dengan modal terbatas adalah jasa penulis artikel. Untuk menekuni usaha ini anda hanya dituntut untuk memiliki hobi menulis saja. Untuk menulisnya anda bisa saja menulisnya di warnet atau di tempat anda bekerja. Jenis jasa penulis artikel ini nyaris tanpa modal apapun. Sebab, jenis usaha ini baru bisa dilakukan oleh anda yang berbakat di bidang mengolah kata saja.

Peluang Usaha Sampingan modal terbatas

Advertisement

Dan usaha ini juga bisa di jalankan sebagai usaha sampingan jika anda telah memiliki usaha pokok yang dikerjakan, anda di tuntut harus bisa membagi waktu untuk menjalankan kedua usaha tersebut sekaligus. Untuk memasarkan jasa penulis artikel anda bisa menggunakan media internet, karena memang konsumen terbesar yang menggunakan jasa ini datang dari para blogger yang membutuhkan artikel untuk mengisi blog mereka.

  • Jasa Reparasi Elektronik

Jenis usaha ini hampir sama dengan jasa penulis yaitu jenis usaha yang bisa dilakukan oleh segelintir orang yang berbakat di bidang tersebut. Jenis usaha sampingan ini tentu sangat menjanjikan pada era digital ini. Sebab, tidak semua orang paham dan bisa memperbaiki barang elektroniknya. Padahal, hampir semua orang saat ini memiliki barang elektronik baik itu berupa handphone, laptop, atau sejenis elektronik lainnya. Peluang ini tentu bisa menjadi ladang emas bagi anda.

Pengerjaan order bisa anda atur waktunya setelah selesai mengerjakan usaha pokok anda, misalnya saja pada malam hari, jika order yang datang semakin banyak, anda juga bisa merekrut karyawan yang berpengalaman untuk membantu mengerjakan order yang anda miliki.

  • Jasa Cuci Motor

Peluang bisnis yang satu ini juga sangat terbuka lebar, dan bisa di lakukan oleh siapa saja, tidak perlu memiliki skill khusus. Jasa cuci motor bisa menjadi alternatif bagi anda yang tidak memiliki modal uang yang cukup besar. Untuk membuka bisnis ini pun sangat mudah. Hanya dengan menyediakan tempat khusus mencuci motor di depan rumah saja anda sudah bisa meraih pendapatan. Sebenarnya semua orang bisa mencuci motor tapi tidak semua orang sempat mencuci motor karena banyak kesibukan lainnya.

Namun untuk dapat berjalan sebagai usaha sampingan, anda tentunya harus memiliki karyawan untuk menjalankan bisnis ini, tapi itu tidak terlalu sulit karena mencari karyawan yang bisa mencuci motor mudah di cari, begitu pula pegawasan yang di perlukan juga tergolong sederhana. Sebagai contoh, anda bisa menerapkan ongkos kerja dengan sistem borongan atau komisi per motor, artinya hasil pembayaran dari konsumen anda bagi dengan karyawan. Dengan begitu kerja usaha sampingan anda akan lebih praktis di jalankan.