Contoh Ide Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Jika anda ingin membangun sebuah usaha mulailah dari usaha rumahan modal kecil, karena dengan begitu akan bisa meminimalisir berbagai resiko dalam menjalankannya nanti.

Banyak pemula yang tidak begitu memperhatikan hal ini, seringkali mereka terburu-buru untuk bisa meraup keuntungan, dalam anggapannya modal yang besar akan menghasilkan keuntungan yang besar pula.

Anggapan tersebut sebetulnya tidak salah, namun harus kita perhatikan pengalaman harus memupuni untuk bisa menjalankan usaha dengan modal besar.

Untuk itulah sebaiknya gunakan modal secara bertahap meski kita memilikinya dalam jumlah yang besar, sambil kita memupuk pengalaman.

Jadi mengapa kita harus memilih usaha rumahan modal kecil terlebih dahulu untuk memulai ?

Salah satunya karena kita tidak perlu menyediakan tempat usaha, terlebih jika kita tidak memilikinya sehingga memaksakan dengan cara mengontrak.

Akan lebih baik jika modal di gunakan untuk memperbesar usaha, seperti penyediaan stok barang atau lainnya.

Beberapa contoh ide usaha di bawah ini tidak akan membuat anda pusing dalam memikirkan pengadaan modal, dan bisa di jadikan sebagai ajang untuk memperdalam pengalaman kita berbisnis.

Meski begitu bukan berarti usaha ini tidak bisa memberikan keuntungan yang besar, untuk masalah itu tergantung seberapa serius kita menjalankannya.

15+ Usaha Rumahan Modal Kecil yang Inspiratif Untuk Anda

ide usaha rumahan modal kecil

1. Usaha Makanan kecil

Makanan kecil banyak dicari sebagai camilan yang di sukai siapa saja. Untuk menjalankannya cukup dengan menyediakan meja kecil yang bisa di letakkan di depan halaman rumah dan anda pun telah dapat membuka usaha.

Atau jika ingin lebih besar bisa tempuh kerja sama dengan para pemilik warung yang berada di sekitaran untuk menitipkan camilan yang anda buat.

Meski begitu jangan anggap remeh bisnis rumahan kecil seperti ini.

Berapa banyak sekarang ini pengusaha makanan kecil yang sukses bahkan menjadi miliyader dari awalnya yang hanya dimulai dengan usaha kecil-kecilan.

Tentunya kita semua masih ingat saat produk kripik singkong yang terkenal dengan level pedasnya (ma icih) mampu menyita perhatian masyarakat luas.

Itulah salah kehebatan usaha makanan kecil ini, meski dengan modal minim namun jika produk yang di hasilkannya memiliki keunikan tersendiri akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Jika kita berniat membangun bisnis rumahan dengan makanan kecil seperti ini, selalu cari ide-ide baru yang bisa di terapkan kepada produk, peluang selalu terbuka jika kita selalu kreatif dan mau berusaha.

2. Usaha Counter Pulsa dan Loket Pembayaran

Saat ini telepon seluler merupakan kebutuhan bagi banyak orang. Dengan semakin banyaknya orang yang memakai telepon seluler, semakin banyak pula yang memerlukan pulsa.

Ditambah dengan trend pengguna smartphone atau handphone cerdas yang telah menjalar secara luas.

Perangkat ini selain membutuhkan pulsa juga memerlukan kuota internet untuk menjelajahi dunia maya, sehingga tentunya membuat semakin bertambah kebutuhan pulsa untuk para penggunanya.

Selain counter pulsa, anda juga dapat menambah layanan loket pembayaran yang menerima pembayaran listrik, air, telepon dan lain sebagainya.

Terlebih sekarang ini pengguna listrik telah di arahkan untuk membayar dengan berupa voucher atau token dalam pembayarannya. Hal ini dapat menjadi celah untuk menambah penghasilan usaha yang kita jalankan, lebih detail dapat kunjungi artikel Sukses Menjalankan Usaha Loket Pembayaran Online PPOB

3. Usaha Minuman Kemasan

Serupa dengan usaha makanan kecil, minuman kemasan juga kini banyak dilakukan dengan sistim rumahan tidak hanya di jalankan hanya oleh industri besar.

Dan banyak juga para pelakunya yang bisa sukses membangun bisnisnya.

Contohnya membuat minuman jus buah dalam kemasan, minuman sari buah yang kini banyak penggemarnya atau membuat yoghurt rumahan yang sudah dibahas pada artikel Cara Membuat Yoghurt Untuk Usaha Skala Rumahan

Untuk menjalankannya pun bisa menggunakan modal yang kecil, kisaran di bawah 10 juta sudah cukup untuk memulainya.

Tipsnya berikan sedikit kelebihan pada produk anda, seperti bisa bermanfaat untuk kesehatan atau di buat tanpa pengawet buatan, selain itu kita juga bisa berkreasi kepada kemasan agar terlihat unik dan bisa menarik pelanggan.

4. Usaha Berjualan Masakan

Masakan menjadi sebuah produk yang selalu di butuhkan setiap hari oleh setiap orang.

Maka untuk berjualan masakan tidak harus selalu didirikan di tempat khusus, di jalankan sebagai usaha rumahan pun sudah bisa menghasilkan.

Target konsumennya adalah para warga yang berada di sekitaran rumah kita.

Untuk bisa berkembang tergantung dari piawainya kita meracik masakan yang lezat sehingga banyak disukai.

Tidak menutup kemungkinan jika kita cukup terampil memasak, usaha yang terbilang sederhana seperti ini bisa berkembang menjadi besar.

Pasalnya jika masakan kita disukai, kabarnya bisa tersiar ke wilayah yang lebih luas dengan sendirinya.

Dan hal seperti ini sudah cukup banyak orang yang membuktikannya, banyak diantaranya para pengusaha kuliner sukses yang pada awal usahanya hanya dirintis dengan cara menjual masakannya secara rumahan.

Ingin lebih dalam mempelajari bisnis masakan rumahan, penjelasan lebih lengkap ada pada artikel Peluang Usaha Masakan Rumahan Yang Menguntungkan

5. Bisnis Toko Online (Online Shop)

Untuk membuka sebuah toko online tidak begitu memerlukan modal yang besar, hanya tergantung dari barang yang akan kita jual.

Jika modal terbatas bisa pilih produk semacam keperluan fashion misalnya, pakaian, tas, baju anak dan lain sebagainya.

Produk yang kita jual pun tidak perlu harus hasil produksi sendiri, kita bisa mencari grosir-grosir besar lalu kita pasarkan secara eceran.

Menjalankan toko online sebagai usaha rumahan pun menjadi salah satu usaha yang praktis dan bisa di kerjakan siapa saja.

Dari mulai ibu rumah tangga bahkan hingga pelajar akan tersedia cukup waktu untuk menjalankannya.

Terpenting produk yang akan kita pasarkan adalah produk yang mudah dijual dan paling laris dijual di internet seperti yang di contohkan pada artikel Produk Paling Laris Dijual Di Online Shop

Dan tidak kalah penting juga promosi harus senantiasa di lakukan agar toko online kita mudah di temukan konsumen.

6. Bisnis Online

Banyak bidang bisnis online yang bisa kita andalkan untuk meraup keuntungan, dan kesemua bidang tersebut dapat di jalankan secara rumahan.

Diantaranya saja menjadi seorang blogger, affiliate marketer, penulis konten dan lain sebagainya.

Dan menariknya kesemua bidang bisnis online tersebut bisa di jalankan dengan modal yang sedikit bahkan tanpa modal sama sekali.

Hanya tentu saja kita harus memiliki seperangkat komputer dan akses internet untuk memulainya.

Untuk menjadi pebisnis online atau di istilahkan seorang internet marketer kita wajib memiliki ilmu pengetahuannya secara mendalam, agar bisnisnya tidak berjalan setengah-setengah.

Hal tersebut masih bisa kita upayakan dengan cara mempelajari ilmunya yang juga bisa kita dapatkan pada internet.

Jika ingin lebih bisa mendalam kita bisa berupaya belajar kepada orang yang lebih pakar di bidangnya.

Bisnis online apa saja yang menjanjikan untuk dijalankan ? baca artikel berikut untuk temukan jawabannya Peluang Bisnis Online, Dengan Dan Tanpa Modal

7. Bisnis Rental PS 3

Memiliki rumah di kawasan padat penduduk ? Coba jalankan bisnis rental PS3.

Dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil yakni di kisaran 10 jutaan saja untuk sekitar 3 hingga 4 unit PS3. Lebih rinci mengenai modal sudah dibahas pada artikel Menghitung Modal Dan Keuntungan Usaha Rental PS3 Terbaru

Peminatnya juga sedang cukup banyak dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan tarif sewa sekitar 5000 rupiah perjamnya, jika memiliki 4 unit PS3 dapat di peroleh 20 ribu rupiah, itu baru dalam satu jam.

Jika waktu produktif dalam satu hari kita asumsikan hanya 5 jam saja, maka angka 100 ribu rupiah bisa masuk kantong dengan mudah.


Pengeluaran rutin yang perlu dipersiapkan hanya biaya listrik dalam setiap bulannya.

Jika di jalankan secara rumahan karyawan tidak begitu di butuhkan karena di jalankan sendiri pun tidak begitu menyita waktu yang banyak.

8. Warnet dan Game Online

Serupa dengan rental PS, warnet dan game online pun tidak kalah di minati masyarakat. Salah satu kelebihannya pada bisnis ini segmen kalangan yang di targetkan bisa lebih luas.

Pasalnya kegiatan di warnet dan game online tidak hanya menyasar konsumen yang menggemari permainan saja, melainkan ada juga yang membutuhkannya untuk kepentingan pekerjaan, pendidikan, hingga bersosial di dunia maya.

Oleh karena itu, jika memiliki rumah di kawasan sekitar perkantoran ataupun sekolahan, bisnis ini bisa lebih menjanjikan.

Modal yang di butuhkan untuk membuka usaha warnet dan game online dapat ditekan dengan cara menyediakan perangkat komputer berkondisi bekas, bahasan lengkapnya ada pada artikel Analisa Modal Usaha Warnet Dan Game Online

9. Usaha Rental Mobil

Bisnis rental mobil merupakan salah satu yang praktis untuk di jalankan sebagai bisnis rumahan.

Hanya saja untuk kendaraan berupa mobil tentunya akan membutuhkan modal yang cukup besar mengingat harganya yang tinggi.

Solusi untuk menekan biaya bisa tempuh pembelian mobil dengan sistim kredit, atau sebagai langkah awal bagi yang memiliki mobil pribadi bisa berdayakan untuk digunakan usaha.

Selanjutnya jika pengalaman telah di kuasai bisa di kembangkan dengan menambah unit kendaraan khusus rental.

Perlu di ketahui, menjalankan bisnis rental kendaraan membutuhkan pengalaman yang memupuni mengingat resiko keamanan kendaraan perlu diperhatikan dengan teliti. Cara menjalankan bisnisnya dapat dipelajari pada artikel Langkah Menjalankan Peluang Usaha Rental Mobil

10. Usaha Isi Ulang Air Minum Galonan

Air minum isi ulang kemasan galon sekarang ini hampir menjadi kebutuhan setiap rumah tangga.

Meski merupakan air minum, namun peruntukannya tidak selalu digunakan untuk keperluan tersebut saja. Tidak sedikit yang membutuhkannya untuk keperluan lain seperti memasak bahkan mencuci perabotan jika sumber air di rumahnya tidak bersih.

Belum lagi target konsumen lebih besar dapat datang dari wilayah-wilayah pabrikan, industri, pertokoan yang membutuhkan air minum untuk para karyawannya.

Untuk memperluas jangkauan wilayah pemasaran, kitapun bisa menyediakan armada pengiriman agar pesanan air isi ulang dapat di jalankan dengan sisitim delivery.

Umumnya kendaraan berupa motor roda dua atau tiga sudah cukup untuk menjangkau wilayah yang luas.

Modal lainnya yang dibutuhkan tentu saja pengadaan mesin air isi ulang, besaran modal keseluruhan yang dibutuhkan kami ulas pada artikel Menghitung Modal Usaha Air Minum Isi Ulang

11. Usaha Service HP

Memiliki modal yang sangat minim ? Perkaya modal lain selain uang yaitu keterampilan untuk menjalankan usaha service HP.

Usaha yang satu ini lebih menitik beratkan kemampuan serta pengalaman di bandingkan dengan modal berupa uang.

Dengan memiliki kemampuan yang tinggi bukan tidak mungkin pelanggan akan terus berdatangan dan menghasilkan keuntungan basar.

Untuk memiliki keterampilan service hp bisa di upayakan dengan jalan mempelajari dasar-dasarnya baik melalui kursus ataupun langsung kepada orang yang telah mahir. Langkah untuk memulainya dapat dipelajari pada artikel Merintis Peluang Usaha Service Hp Yang Menguntungkan

Selanjutnya ilmu yang telah dimiliki tersebut perlu kita kembangkan dengan sering memperaktekkannya secara langsung.

Sedangkan tempat usaha tidak selalu harus di jalankan di tempat atau konter khusus, karena pengguna ponsel yang menjadi target konsumen terdapat dimana saja termasuk di wilayah rumah tinggal kita.

12. Bisnis Wedding Organizer

Seorang wedding organizer ( WO ) sebetulnya hanya bertindak sebagai pencetus atau pemberi ide untuk penyelenggaraan acara-acara pernikahan agar berjalan dengan meriah sesuai kehendak pelanggan.

Jadi tidak perlu modal untuk mempersiapkan berbagai alat-alat pendukung pernikahan seperti tenda, dekorasi, baju pengantin dan lain sebagainya.

Yang harus di kuasai seorang WO adalah kreatifitas dan konsep untuk menyelenggarakan acara pernikahan agar menarik dan berjalan lancar, seperti yang sudah kami bahas dalam arikel Mengulas Peluang Usaha Wedding Organizer ( WO )

Dan penting juga untuk memiliki hubungan dengan para pelaku bisnis di bidang sejenis, seperti catering, peralatan pesta, dekorasi, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu bisnis ini bisa dijalankan dimana saja termasuk secara rumahan, dengan sendirinya jika sudah dikenal akan bisa menghasilkan keuntungan maksimal.

13. Aneka Usaha Kuliner

Cukup banyak aneka usaha kuiliner yang bisa dijalankan sebagai bisnis rumahan modal kecil yang berpotensi bisa memberikan keuntungan.

Jika kesulitan dalam hal pemasaran karena lokasi rumah kurang strategis, bisa di upayakan bekerja sama dengan pemilik toko yang menjual aneka kuliner atau warung pinggir jalan serta menjalankan pemasaran secara online.

Beberapa contoh bisnis kuliner rumahan diantaranya :

  • Bisnis Selai Rumahan.

Sekarang ini produk selai buatan homemade sedang banyak di gemari karena banyak dinilai memiliki kelebihan dibuat dengan tanpa pengawet buatan dan juga lebih banyak variasi rasa yang di tawarkan. Ulasan lebih lanjut di artikel berikut bisnis selai rumahan hasilkan laba menggiurkan

  • Bisnis Keju Rumahan.

Serupa dengan selai, produk keju rumahan pun memilki pasarnya tersendiri dari mulai untuk di konsumsi kalangan rumah tangga hingga pelaku bisnis kuliner lain sekelas cafe dan restoran. Cara membuatnya bisa baca di artikel cara membuat keju untuk bisnis rumahan

  • Sambal Kemasan Rumahan.

Tidak kalah populer, sambal juga bermunculan versi buatan pebisnis rumahan. Bahkan ada yang sukses menjual produk buatannya hingga kepasaran mancanegara.

Jika anda menjadi salah satu yang pandai meracik sambal yang lezat, tidak ada salahnya coba di pasarkan mulai dari tahap konsumen sekitar. Secara lengkap diulas di artikel usaha sambal kemasan rumahan, bisa raup untung menggiurkan

Memilih Usaha Rumahan yang Cocok Untuk Anda

Dari banyaknya peluang usaha rumahan modal kecil diatas apakah anda kesulitan dalam memilih mana yang paling cocok untuk dijalankan ?

Paling awal yang harus di perhatikan adalah pilihlah usaha yang sesuai dengan minat atau bakat yang dimiliki. Karena jika sesuai dengan minat dan bakat anda sendiri diharapkan usaha akan bisa dijalankan dengan lebih serius, sehingga hasilnya pun akan jauh lebih maksimal.

Selanjutnya sesuaikan kemampuan modal yang kita miliki dengan usaha yang akan dipilih. Jangan sampai terlalu memaksakan misalnya dengan mengandalkan modal pinjaman yang berbunga tinggi. Usaha yang baru dirintis pastinya tidak mungkin dapat langsung memberikan hasil yang melimpah, akan lebih sulit dijalankan jika kita juga terbebani hutang.

Pilih juga usaha rumahan yang tidak terlalu banyak kompetitor terutama dalam satu wilayah untuk menghindari terjadinya persaingan yang dapat semakin mempersulit dalam mengembangkan usaha.

Tips Menjalankan Usaha Rumahan

Kebanyakan orang akan berfikiran menjalankan usaha di rumah sendiri bisa lebih mudah dijalankan dan menyenangkan. Anggapan tersebut padahal tidak sepenuhnya benar, banyaknya rutinitas sehari-hari dirumah justru bisa menyulitkan kita untuk fokus menjalankan usaha.

Tidak seperti menjalankannya di suatu tempat khusus untuk usaha, kita tidak akan terganggu dengan kegitan-kegiatan lainnya yang tidak berhubungan dengan usaha yang dijalankan.

Oleh karena itu meski usaha dapat dijalankan dengan santai di rumah hendaknya kita tetap menerapkan disiplin membagi waktu mana jam bekerja dan jam istirahat. Berlakukan layaknya kita sedang bekerja di tempat usaha pada umumnya.

Itulah beberapa contoh usaha rumahan modal kecil yang bisa menjadi pilihan, silahkan sesuaikan dengan keberadaan lokasi tempat tinggal serta bakat dan minat yang dimiliki. Meski di mulai secara sederhana, dengan ketekunan dan dijalankan secara konsistien tetap akan memiliki peluang yang besar untuk bisa menjadi bisnis yang sukses.

Semoga Menginspirasi…