COD di Shopee Untuk Penjual, Pertimbangan Untung Ruginya

Persaingan antar marketplace yang ada di Indonesia kian waktu semakin sengit terjadi, berbagai layanan baru untuk menarik perhatian konsumen terus ditawarkan, salah satunya yakni sistem pembayaran COD (Cash On Delivery).

Sebagai salah satu marketplace ternama, Shopee juga melengkapi sistim pembayaran ini agar lebih memudahkan pembeli. Dengan memilih pembayaran secara COD pembeli tidak perlu membayar terlebih dahulu barang yang akan dibelinya, pembayaran dapat dilakukan saat barang sampai dirumah.

Sistem COD lebih ditargetkan untuk menyasar konsumen pemula dalam berbelanja online yang masih minim menggunakan layanan pembayaran secara digital.

Tentu saja sistim pembayaran baru ini mendapatkan respon yang sangat positif baik oleh pembeli ataupun juga penjual. Karena pembeli semakin mudah dalam berbelanja, secara otomatis barang yang dijajakan penjual pun semakin laris.

Meski begitu sistem pembayaran COD di shopee untuk penjual tidak selamanya menjanjikan keuntungan, berikut ini adalah beberapa pertimbangan untung ruginya mengaktifkan fitur ini.

COD di Shopee

Baca Juga Arti Dan Penjelasan COD Dalam Jual Beli Online

Keuntungan Sistem COD Untuk Penjual

Satu-satunya keuntungan yang dapat dinikmati untuk anda para penjual di Shopee yang mengaktifkan fitur ini ialah meningkatnya jumlah penjualan. Meski hanya satu keuntungan namun tentunya hal inilah yang paling penting dan di dambakan oleh seluruh penjual.

Bagaimana tidak, penjual online seiring waktu terus bertambah banyak, otomatis persaingan yang terjadi juga semakin ketat. Dengan adanya sistim pembayaran ini memungkinkan bisa mendatangkan calon-calon konsumen baru yang sebelumnya enggan atau belum paham dalam berbelanja online.


Di Indonesia sendiri masyarakat yang belum familiar menggunakan pembayaran secara digital jumlahnya masih sangat banyak. Dengan adanya COD mereka cukup memilih-milih barang lewat ponselnya jika ada yang di inginkan tinggal klik beli, selesai tidak perlu memikirkan cara pembayaran cukup siapkan uang dirumah.

Kerugian Sistim COD Untuk Penjual

Selanjutnya setelah menikmati keuntungan meningkatnya penjualan, para seller yang mengaktifkan fitur ini juga harus bersiap kemungkinan menerima kerugian. Apa sajakah itu ?

Tidak seperti pembelian yang sudah dilunasi terlebih dahulu sebelum dikirim, kurir cukup mengantarkan barang ke alamat tujuan tidak perlu menagih pembayaran.

Pada sistim COD kurir harus menagih pembayaran kepada pembeli, jika kebetulan pembeli ada ditempat dan membayar tentu tidak menjadi masalah.

Namun bagaimana jika pembeli tersebut sedang tidak ditempat dan tidak menitip pesan kepada orang rumah lainnya, mau tidak mau maka status transaksi COD seller akan gagal.

Prosedur di Shopee sendiri jika terjadi hal demikian maka kurir akan ditugaskan untuk mencoba kembali hingga 2 kali pengiriman, namun jika masih terulang maka barang akan di kembalikan kepada penjual.

Itu baru gagal pembayaran COD akibat pembeli tidak ditempat, masih ada kemungkinan lain seperti menolak membayar karena alasan tidak jadi membeli, sedang tidak ada uang, hingga pembeli yang jahil dan lain sebagainya.

Letak kerugiannya bukan hanya tidak jadi mendapatkan penjualan, namun seller juga harus menunggu barang kembali untuk bisa dijual ke pembeli lain. Ruginya lagi bagimana jika dalam perjalanan bolak-balik yang memakan waktu lama tersebut datang dalam keadaan ada kerusakan.

Baca Juga Cara Menjadi Star Seller Shopee dan Keuntungannya Bagi Penjual

Karena adanya beberapa potensi kerugian tersebut, tidak jarang para seller sengaja menonaktifkan layanan COD ini untuk para calon pembeli di tokonya.

Bagaimana dengan anda ? apakah sudah mencoba mengaktifkan sistim pembayaran ini.

Sedikit masukan, untuk menghindari kerugian akibat pembayaran gagal lalu barang di retur kembali sehingga beresiko mengalami kerusakan di perjalanan ada baiknya pertimbangkan untuk tidak mengaktifkan opsi COD untuk barang yang rentan rusak atau pecah.

Selamat Berjualan…