5 Ciri Usaha yang Potensial dan Menjanjikan

Banyak faktor yang harus kita perhatikan di saat akan memilih sebuah usaha, sebelum menentukannya kitapun harus mengetahui beberapa cirinya apakah usaha tersebut akan potensial atau tidak kedepannya.

Sangat penting untuk melakukan analisa sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan kepada sebuah peluang usaha yang akan dijalankan. Karena nantinya usaha tersebut harus dibangun dalam jangka yang panjang, jangan sampai ditengah jalan kita tinggalkan karena salah menjatuhkan pilihan di awal.

Agar bisa menjadi masukan di artikel berikut ini kami coba sajikan beberapa ciri usaha yang memiliki potensi baik dan menjanjikan jika dijalankan.

Ciri Usaha Potensial

1. Tidak Bersifat Trend Sementara

Saat sebuah bidang usaha tengah menjadi trend pastinya konsumen akan tersedia sangat melimpah dan pelaku bisnisnya pun tentunya bisa kebanjiran pesanan.

Namun yang namanya sedang menjadi trend suatu saat pasti akan ada momentnya bisnis tersebut kepopulerannya meredup, di saat tersebut seketika penjualan akan menurun drastis bahkan tak jarang bisnisnya bisa berlanjut bangkrut.

Namun begitu jika sang pelaku kaya akan ide kreatifitas serta mau berinovasi, bukan mustahil juga kondisi tersebut bisa di atasi. Jadi jika kita akan memilih bidang usaha yang tengah menjadi trend sebaiknya segera persiapkan sejak dini langkah apa yang akan dilakukan agar bisa bertahan.

2. Bukan Usaha Musiman

Untuk memilih usaha yang berpotensi dan bisa diandalkan hingga waktu yang panjang sebaiknya hindari memilih usaha musiman. Terkecuali memang usaha tersebut telah direncanakan untuk menghasilkan keuntungan jangka pendek.

Sesuai namanya, usaha musiman adalah usaha yang hanya berjalan di waktu-waktu tertentu seperti misalnya di saat musim hujan, musim mudik lebaran, di bulan puasa dan lain sebagainya.


3. Produknya Merupakan Kebutuhan Banyak Orang

Jika menjalankan bisnis yang produknya adalah merupakan sebuah kebutuhan pokok masyarakat sudah pasti konsumennya akan tersedia banyak sehingga penjualannya dapat dilakukan dengan mudah.

Apalagi pertumbuhan penduduk yang setiap saat tidak bisa dihindarkan membuat potensi bisnisnya semakin bisa dikembangkan.

Namun begitu usaha yang menawarkan kebutuhan pokok seperti ini umumnya memiliki tingkat persaingan yang tak mudah. Pasalnya akan menjadi sasaran banyak pebisnis lain untuk terjun ikut meraup keuntungan.

4. Produknya unik dan Bernilai Jual Tinggi

Bisnis yang memiliki produk yang unik akan lebih berpotensi dicari oleh banyak konsumen, secara otomatis produk tersebut pun juga akan dapat dijual dengan nilai yang tinggi.

Terlebih lagi sebuah produk bisa dikatakan unik salah satunya oleh karena ketersediaannya dipasaran masih terbatas atau dengan kata lain tidak banyak pedagang lain yang memilikinya.

Namun begitu akan memerlukan upaya tersendiri untuk mempertahankan nilai keunikan yang dimiliki, salah satunya adalah dengan selalu memberikan inovasi baru agar selalu diminati.

5. Membutuhkan Keahlian Khusus

Bidang usaha yang untuk menjalankannya membutuhkan keahlian khusus akan memiliki potensi yang baik untuk dipilih. Pasalnya dengan membutuhkan keahlian atau keterampilan khusus tersebut bisnisnya tidak akan dengan mudah di ikuti pebisnis lain, dengan begitu persaingan di pasaran akan mudah dihindari.

Meski begitu tentu sebelumnya kitapun harus memiliki kemampuan yang memadai untuk menjalankan bisnis seperti ini, caranya bisa dengan merekrut pekerja khusus ataupun mempelajari sendiri keterampilan yang dibutuhkan.

Baca Juga Ciri Orang Akan Sukses Menjadi Pengusaha

Itulah beberapa ciri-ciri usaha yang potensial dan menjanjikan untuk dijalankan. Sebagai tolak ukur ada baiknya setelah memilih bidang usaha kita tetapkan target awal yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu, jika target berhasil dicapai maka dengan begitu usaha tersebut dapat juga dikatakan potensial.