Waspadai Ciri Toko Online Penipu Berikut Ini

Berbelanja secara online saat ini sedang digemari banyak masyarakat, namun salah satu kekurangan melakukan pembelian dengan sistim ini diataranya masih sering ditemui oknum toko online yang sering melakukan penipuan kepada konsumennya.

Oleh sebab itu dalam melakukan pembelanjaan online sebaiknya kita harus teliti dan hati-hati mengenali toko online yang akan di ajak bertransaksi.

Ada beberapa ciri toko online penipu yang bisa anda ketahui pada artikel berikut ini, baik itu penjual online yang menggunakan website sendiri ataupun menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook dan lain-lain.

Ciri Toko Online Penipu

Barang di Tawarkan dengan Harga Tidak Wajar

Salah satu yang menjadikan berbelanja online semakin di sukai selain karena kemudahan dan kepraktisannya yaitu harga barang yang rata-rata lebih murah dibanding membeli di toko offline.

Namun bukan berarti karena menawarkan harga murah langsung kita putuskan untuk membelinya.

Ada baiknya kita waspadai terlebih dahulu karena beberapa toko online yang melakukan penipuan sering kali menawarkan harga barang yang sangat murah untuk menarik calon mangsanya.

Biasanya harga yang ditawarkan sekilas jika diperhatikan akan terlihat tidak wajar karena sangat jauh lebih murah dibanding toko-toko online lainnya.

Website Toko Online Tidak Profesional

Dari segi tampilan, toko online yang tidak profesional terlihat dibuat seadanya. seperti misalnya tanpa dilengkapi informasi yang jelas dimana alamatnya berada.

Website dibuat dengan layanan serba gratisan, tidak ada testimonial dari pelanggan yang pernah membeli dan lain sebagainya

Begitupun jika penjual online menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube dan lainnya. Konten yang dibuat biasanya tidak memiliki informasi yang berarti atau bahkan mungkin hasil copas dari akun lain.


Minim Follower dan Komentar Positif

Untuk ciri toko online penipu di Instagram atau media sosial lainnya, biasanya akun yang mereka gunakan selain sepi pengikut juga tak banyak ditemui komentar positif dari para pelanggannya.

Namun perlu di waspadai karena mereka pun seringkali berusaha terlihat meyakinkan dengan mengelabui menggunakan follower palsu dan komentar positif yang sengaja dibuat sendiri.

Untuk menghidarinya sebaiknya teliti terlebih dahulu akun yang dicurigai tersebut dengan memantaunya beberapa hari, apakah benar ada pembeli yang bertransaksi dengan sukses.

Menawarkan Barang Ilegal

Sering ditemui pada produk-produk elektronik seperti handphone, laptop, aksesoris gadget dan sebagainya.

Biasanya penjual berdalih barang yang dijualnya berharga murah karena masuk ke negara kita secara tidak resmi sehingga tidak dikenai pajak.

Umumnya korban tertarik karena penjelasan yang di utarakan penjual dan juga harga produk yang terbilang murah dibandingkan produk resminya.

Menawarkan Kredit Dengan Syarat Sangat Mudah

Barang yang berharga cukup mahal sering kali di tawarkan oleh para penipu dengan sistim pambayaran secara kredit.

Bukan kredit layaknya dari lembaga resmi, melainkan biasanya mereka tawarkan kredit dengan syarat yang sangat mudah seperti cukup hanya menyertakan tanda pengenal saja.

Selanjutnya calon korban akan dimintai sejumlah uang DP atau tanda jadi sebelum barang dikirim, yang pada ahirnya barang tidak kunjung datang kepada pembeli.

Tidak Bisa Menjelaskan Barang dengan Detail

Saat di ajak berkomunikasi para penipu umumnya memiliki pengetahuan yang minim seputar produk yang mereka jual.

Sehingga biasanya mereka tidak akan mampu menjelaskan spesifikasi atau fitur produk secara detail, karena memang sebenarnya mereka tidak memiliki barangnya sama sekali.

Saat dimintai foto asli atau real pic pun bisanya mereka justru akan memberi foto yang didapat dari mesin pencari di internet atau mengcopy dari pedangang lain.

Baca Juga Belanja Online atau Offline ? ini Kelebihan dan Keurangannya

Beberapa ciri toko online penipu di atas mungkin saja tidak bisa seratus persen dijadikan patokan bisa terhindar dari penipuan, karena bisa saja orang yang tidak bertanggung jawab tersebut terus berusaha mengelabui dengan modus baru lainnya.

Jadi tetaplah berhati-hati saat akan berbelanja secara online.