Ciri Emas Asli dan Palsu yang Mudah Diketahui

Agar tidak dirugikan, mengetahui ciri emas asli dan palsu wajib untuk dipelajari oleh siapa saja yang berniat akan membeli logam mulia ini.

Pasalnya emas merupakan salah satu logam bernilai cukup tinggi sehingga tak heran membuat banyak orang yang ingin memiliki.

Kebal terhadap inflasi karena memiliki nilai jual yang semakin tinggi membuat emas juga sering dipilih sebagai produk investasi. Disimpan dalam jangka waktu yang panjang, emas pastinya dapat memberikan keuntungan yang cukup besar.

Karena kelebihan-kelebihannya tersebut tak jarang emas pun seringkali dipalsukan, misalnya emas sepuhan di sebut emas asli dengan maksud mengelabui pembelinya.

Beberapa ciri emas asli dan palsu berikut ini semoga bisa menjadi pedoman.

1. Emas Asli Memiliki Sertifikat Resmi

Ciri emas asli yang paling murah di ketahui adalah adanya sertifikat resmi yang menyertai emas tersebut, terutama pada produk emas batangan.

Namun kita pun perlu meneliti lagi sertifikat haruslah resmi yang dikeluarkan pabrik pembuatnya, karena bukan tidak mungkin sertifikat juga bisa dipalsukan.

Sertifikat emas keluaran PT Antam misalnya, saat di sinari dengan sinar ultra violet akan terlihat ciri-ciri keasliannya karena dibuat dengan sistim printing security.

2. Emas Asli Meninggalkan Goresan Setelah Digigit

Meski sekilas fisik emas asli terlihat keras layaknya logam, namun sebenarnya emas memiliki sifat yang lunak terutama jika kadar emasnya hingga 24 karat seperti emas batangan.

Emas asli dapat meninggalkan sisa goresan tipis pada permukaannya hanya dengan kita gigit saja.

Karena sifatnya yang lunak tersebut pada produk emas perhiasan umumnya kadar emas tidak dibuat seratus persen, melainkan dicampurkan logam lain seperti perak dan timah.

Oleh karena itu ciri yang satu ini tidak bisa diterapkan pada emas perhiasan.

3. Emas Palsu Akan Menempel Pada Magnet

Jika anda menemukan emas yang bisa menempel pada sebuah magnet maka itu bisa dipastikan emasnya adalah palsu.

Perlu di ketahui bahwa emas merupakan salah satu logam yang memiliki sifat tidak menempel pada magnet atau non magnetik.

Untuk mencoba cara ini pastikan magnet yang digunakan memiliki kekuatan daya tarik yang tinggi.

Meski begitu saat emas yang anda coba tidak menempel pada magnet, masih perlu pembuktian dengan cara lainnya.

Pasalnya emas bukan satu-satunya logam yang tidak bisa menempel pada magnet.

4. Emas Palsu Meninggalkan Goresan Hitam Saat di Gesek ke Keramik

Ciri selanjutnya untuk membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menggesekan emas ke permukaan keramik, jika menyisakan goresan hitam pada keramik maka itu adalah emas palsu.

Goresan hitam yang menempel pada keramik menandakan logam tersebut bukan emas, media lain yang sering digunakan sebagai pengganti keramik bisa menggunakan kertas yang berwarna putih.

5. Emas Asli Tidak Bereaksi Kepada Asam Nitrat

Asam nitrat merupakan sebuah cairan yang mampu memisahkan berbagai logam lain yang ada pada emas.

Logam selain emas akan langsung bereaksi jika bersentuhan dengan cairan ini, seperti muncul warna hijau atau muncul warna putih susu.

Berbeda saat asam nitrat di teteskan kepada emas asli yang sama sekali tidak akan terjadi reaksi apapun.

Namun untuk mengetahui ciri emas asli menggunakan asam nitrat kemungkinan sulit dilakukan oleh perorangan karena cairan tersebut tidak boleh dimiliki sembarangan.

Tingkat Kemurnian Emas

Perlu diketahui juga emas yang saat ini ada dipasaran memiliki tingkat kemurnian yang berbeda-beda.

Emas dengan kemurnian paling tinggi disebut dengan satuan ukuran 24 karat.

Dibawahnya terdapat juga emas dengan kemurnian 23 karat, 22 karat hingga emas 10 karat.

Satuan tersebut menandakan besar kandungan logam emas didalamnya, misalnya emas dengan kadar 24 karat berarti memiliki 99,99 persen kandungan emas.

Emas dengan kadar 22 karat memiliki 90 persen kandungan emas

Begitu selanjutnya…, semakin kecil nilai karat maka semakin berkurang pula kandungan emas murninya.

Baca Juga Artikel :

Demikian artikel mengenai ciri emas asli dan palsu yang bisa kami sampaikan. Setelah mengetahuinya tetap lakukan pembelian emas ditempat-tempat terpercaya yang berani menjamin produknya asli bukan tiruan.