CEO Tokopedia Mengaku Lahirnya Marketplace Tersebut Sebab Tuntutan Ekonomi

Membangun usaha dari nol memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak sekali kisah sukses para pengusaha yang dimulai dari perasan keringat serta proses jatuh bangun yang mungkin sangat sulit kita bayangkan.

Kisah menarik kesuksesan Tokopedia sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia juga tak lepas dari jerih payah sang pendiri sekaligus menjadi Chief Executive Officer (CEO) Wiliam Tanuwijaya yang dimulai dari titik nol, atau malah sebab tuntutan ekonomi yang sedang mendesak.

CEO Tokopedia

Wiliam Tanuwijaya, pria kelahiran Pematangsiantar, Sumatra Utara, membangun Tokopedia ternyata berawal dari sebuah ketidaksengajaan. Cerita kisah sebelum Tokopedia dirintis 10 tahun yang lalu, sang CEO sempat merantau jadi mahasiswa di Jakarta. Sebagai mahasiswa ia dituntut untuk membiayai hidup sendiri di tengah-tengah tingginya kebutuhan ekonomi di Ibu Kota. Akhirnya ia putuskan untuk bekerja sebagai penjaga warnet.


Dari situlah ia menangkap peluang akan potensi internet yang memberikan peluang tanpa batas. Membaca situasi ekonomi yang pada waktu itu masih berantakan, dan masih banyak penipu berkeliaran di jagat maya, akhirnya ia bertekad untuk menciptakan marketplace-nya sendiri. Tanpa mempedulikan cibiran yang datang silih berganti, beliau tetap memantapkan langkah karena potensi marketplace di Indonesia masih sangat bagus.

Mempelajari faktor kesuksesan beliau yang sekarang bisa kita saksikan, ternyata modal bukan satu-satunya aspek penuntun kejayaan. Lebih penting dari itu ada kemauan dan kegigihan yang tak mudah goyah.

Dalam sebuah even Entrepreneur Wanted di Gedung Sabuga Institut Teknologi Bandung, Tanuwijaya mengatakan kepada Liputan 6, seperti yang kami kutip 18 Desember 2017, pada intinya dalam memulai bisnis digital kunci utama yang harus dipegang adalah kegigihan dan keberanian, apalagi jika sedang merintisnya dari nol.

Setidaknya para pelaku bisnis digital di jaman ini sudah memiliki akses dan dukungan positif. Baru-baru ini pemerintah melalui Paket Kebijakan Ekonomi XIV, telah meresmikan sebuah roadmap e-commerce untuk mengatur jalannya para pelaku bisni digital di Indonesia. Dengan aturan baru tersebut, para pelaku bisnis akan lebih leluasa dalam melakukan eskpansi.

Baca Juga :

Menurut Tanuwijaya, bahkan e-commerce di Indonesia bisa selangkah lebih maju dari pada Tiongkok, yang sekarang ini bisnis digitalnya sudah sangat maju.

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/3199568/dari-jaga-warnet-william-tanuwijaya-sukses-bangun-tokopedia