(Work) Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO Terbaru 2020

Top up saldo OVO lewat GoPay caranya mudah banget. Cara ini bisa jadi alternatif ketika anda kehabisan saldo OVO dan kebetulan masih menyisakan saldo di GoPay.

Kedua dompet digital ini memang bisa diandalkan untuk melakukan pembayaran, bayar tagihan dan juga untuk berbelanja baik secara offline maupun online. Tidak hanya saja untuk ngeGojek (GoPay) atau ngeGrab (OVO), tapi keduanya bisa menjadi life saver di saat-saat ada urusan pembayaran.

Bahkan akhir-akhir ini banyak merchant online maupun offline yang menawarkan berbagai macam promosi menarik dengan kita membayar atau berbelanja menggunakan e-wallet (dompet digital) seperti GoPay dan OVO.

Yang terkadang menjadi masalah, masing-masing e-wallet memiliki partnernya sendiri-sendiri sehingga e-wallet tersebut terkadang tidak bisa digunakan secara cross-platfrom untuk mendapatkan diskon, cashback, kupon atau promo lainnya.

Misalnya ketika kita belanja di Tokopedia, maka OVO bisa digunakan untuk alat pembayaran dengan cashback besar-besaran. Begitu juga ketika kita membeli di merchant-merchant yang bekerjasama dengan GoPay seperti JD.id, Zalora, Akulaku, dan lain sebagainya, kita juga akan mendapatkan diskon besar-besaran.

Nah, mengingat kebutuhan kita terkadang suka pindah-pindah, maka banyak orang yang menggunakan beberapa e-wallet dalam melakukan transaksi keuangan. Bukan hanya OVO dan GoPay, tapi juga LinkAja, DANA, ShopeePay dan masih banyak lainnya. Pun di dalam artikel ini kita hanya fokus membahas bagaimana cara transfer saldo GoPay ke OVO.

Baca Juga Cara Mudah Mencairkan Uang di OVO

Ketentuan dan Syarat Akun GoPay Agar Bisa Melakukan Transfer

Agar bisa transfer ke OVO (dan juga rekening bank lainnya) pastikan anda sudah melakukan upgrade akun GoPay dengan cara mengirim foto data diri.

Anda bisa cek status tersebut di dalam menu More / Lainnya > Setting. Jika disana masih terdapat tulisan Complete your ID, itu artinya akun anda belum full approve. Setelah upgrade secara otomatis anda akan memiliki seluruh benefit dari GoPay Plus.

Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO Terbaru 2020

Dulu untuk transfer saldo GoPay ke OVO kita tinggal  pilih menu withdraw saja, kini trik tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Untuk transfer saldo ke OVO kita harus memanfaatkan pihak ketiga, tidak bisa langsung. Dalam tutorial kali ini kita akan memanfaatkan layanan dari OY! Indonesia (Oyindonesia.com), sebuah layanan keuangan yang resmi terdaftar dan berlisensi Bank Indonesia.


Anda bisa download aplikasi OY! Indonesia di Play Store atau di App Store. Oh ya, transfer saldo GoPay ke OVO pakai metode ini gratis alias tidak ada biaya admin.

Untuk melakukan transfer dari GoPay ke OVO, alurnya kurang lebih begini:

GoPay > OY! Indonesia > OVO

Prosedur di Aplikasi OY! Indonesia:

    1. Pastikan anda sudah mendaftarkan rekening bank di OY! .
    2. Di dalam aplikasi OY! Indonesia silahkan cari menu Transfer > Local Transfer
    3. Pilih menu Add Recipient. Pada bagian Enter Recipient Detail isi Recipient’s Bank dengan Bank National Nobu.
    4. Lengkapi data berupa  Account Number, Atas nama dan Nomor HP. Pada bagian Account Number isi dengan angka diikuti dengan nomor hp yang terdaftar di OVO.  Kemudian isi nama anda dan nomor HP. Pilih Continue.
    5. Setelah itu anda akan dibawa masuk ke menu Transfer Details.  Ada kolom Amount, Source of Found, dan Category. Isikan jumlah uang yang ingin ditransfer dari GoPay. Pada kolom Source of Found silahkan pilih bank yang anda daftarkan pada OY! (langkah 1). Pada kolom Category silahkan isi dengan Shopping. Kemudian Continue.
    6. Pada halaman Select Transfer Method silahkan pilih Virtual Account.
    7. Pada halaman Transfer Detail silahkan copy Transfer to Virtual Account No.
    8. Buka aplikasi Gojek.

Prosedur di aplikasi Gojek

  1. Cari menu Pay, pilih To Bank Account > Instant transfer to a new account.
  2. Paste Transfer to Virtual Account No. yang tadi anda copy dari aplikasi OY! Indonesia. Setelah itu ketuk tombol Verify.  Jika benar, maka akan ada tulisan Bank Account Found (tertera nama bank dan nama pemilik rekening).
  3. Masukkan nominal sesuai yang anda masukkan di OY! di atas (langkah no. 5). Pilih Continue dan Confirm. Jika berhasil uang akan segera masuk ke OVO. Jika tidak berhasil saldo akan kembali di akun GoPay.