Cara Tepat Memilih Calon Karyawan

Karyawan merupakan salah satu pendukung kesuksesan usaha kita, tentu saja untuk memilih seorang calon karyawan akan membutuhkan beberapa pertimbangan. Agar nantinya mereka bisa benar-benar bisa membatu menjalankan usaha.

Dengan memiliki karyawan yang baik maka perjalanan usaha pun akan sangat terbantu, sebaliknya jika karyawan yang bekerja di tempat usaha kita memiliki sifat atau cara kerja yang tidak baik, maka usaha pun akan terpengaruh menjadi buruk.

Akan tetapi, untuk mendapatkan karyawan yang baik dan jujur untuk menjalankan bisnis anda tentu tidak mudah. Sebab, di zaman saat ini untuk mendapatkan orang yang baik dan amanah tentu bagaikan mencari emas. Hal itu dikarenakan banyak masyarakat yang tidak mengutamakan akhlak lagi. Akan tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk mencari karyawan yang baik.

Untuk mengoptimalkan penghasilan bisnis seorang pengusaha dituntut untuk berpikir mengembangkan bisnis tersebut. Dan untuk mengembangkan suatu bisnis agar dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang semakin berlimpah tentu banyak hal yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah aspek karyawan. Karyawan atau pekerja akan berguna dan baru akan sangat membantu seorang pengusaha ketika bisnis tersebut sudah mulai besar. Atau ketika anda memiliki kesibukan utama lainnya dan anda ingin seorang karyawan bekerja dengan anda.

Lalu, bagaimana pertimbangan kita dalam memilih seorang karyawan, berikut beberapa ciri seseorang apakah layak di pekerjakan di bisnis kita :

  • Memasang Iklan yang Baik

Suatu bisnis tentu sangat memerlukan promosi terutama apabila anda sedang membutuhkan karyawan. Akan tetapi, promosi atau iklan yang sangat menentukan mendapatkan karyawan yang baik adalah iklan yang komunikatif. Dalam iklan yang komunikatif ini anda harus membuat gambaran yang jelas tentang kebutuhan tenaga kerja. Mulai dari kualifikasi yang diinginkan, hingga gaji yang anda tawarkan. Intinya adalah agar calon tenaga kerja yang melamar sudah mengetahui gambaran bisnis yang akan ia kerjakan.

Advertisement

cara memilih karyawan yang tepat

  • Menentukan Kualifikasi dengan Cermat

Dalam suatu bisnis tentu memiliki banyak divisi. Mulai dari bagian sekretaris, bendahara, hingga sales marketing. Semua divisi tersebut tentu membutuhkan karakter yang berbeda-beda. Di sinilah letak pentingnya kualifikasi. Kualifikasi ini berguna untuk mengetahui karakter calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan divisi bisnis anda. Dengan mengadakan kualifikasi ini anda bisa menentukan siapa saja yang akan anda tentukan pada divisi tertentu.

  • Mengadakan Wawancara Langsung

Cara mencari karyawan yang baik dan jujur lainnya adalah mengadakan wawancara langsung. Dengan mengadakan cara ini anda sebagai pebisnis akan benar-benar mengetahui calon karyawan yang akan anda posisikan dalam divisi tertentu. Dengan wawancara langsung maka anda akan tahu karakter setiap individu pelamar sehingga anda sebagai pimpinan atau pemilik usaha tersebut bisa langsung menentukan karyawan tersebut benar-benar layak atau tidak bekerja di usaha anda. Wawancara langsung ini adalah tahapan lanjutan dari kualifikasi.

  • Memiliki Semangat Bekerja

Pertimbangan seseorang untuk melamar suatu pekerjaan akan berbeda-beda, ada yang tertarik dengan gaji bulanan yang kita berikan dan ada pula yang sekedar mencari pengalaman bekerja. Untuk melihat semangat seseorang dengan tepat sebaiknya kita bertemu langsung dengan calon karyawan tersebut untuk wawancara singkat.Dengan bertemu secara langsung kita bisa lebih detail mengetahui alasan mereka melamar pekerjaan, kita bisa mencari tahu pengalaman bekerja sebelumnya dan juga mempertimbangkan skill yang di miliki.