Cara Sukses Mendapatkan Keuntungan Dalam Event Pameran

Acara seperti event pameran cukup penting nilainya bagi usaha kecil dan menengah, tujuan utamanya selain akan bisa meraup keuntungan, sangat efektif juga dalam hal promosi mengenalkan brand atau nama usaha kita ke khalayak luas, untuk itu akan sangat baik jika sedang dalam merintis sebuah usaha kita rajin mengikutinya. Lebih jauh mengenai manfaat usaha mengikuti sebuah event pameran anda bisa baca artikelnya di manfaat mengikuti pameran untuk promosi usaha

Untuk bisa sukses mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengikuti pameran, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu berbagai faktor yang bisa mempengaruhinya. Jangan sampai kita hanya membuang-buang biaya dan waktu saja sedangkan hasilnya kurang efektif untuk perkembangan usaha, karena tidak sedikit diantaranya para pelaku usaha yang mengalami kerugian seperti ini.

cara sukses event pameran

Pilih Pameran Dengan Target Spesifik

Sebaiknya jangan pilih event pameran dengan target konsumen yang umum atau terlalu luas, biasanya dalam event tersebut berisikan banyak bidang usaha yang bermacam-macam. Jika tujuan kita selain mengambil keuntungan secara langsung dalam event tersebut adalah juga ingin mengenalkan bidang usaha kita ke pasar yang lebih luas maka ikuti pemeran yang spesifik agar hasilnya bisa lebih maksimal, seperti misalnya pameran khusus produk kuliner, fashion, waralaba dan lain sebagainya.

Sesuaikan Produk Dengan Segmen Konsumen

Setiap event pameran memiliki target segmen konsumennya masing-masing, misalnya untuk segmen berdasarkan kalangan ekonomi seperti kalangan menengah keatas atau bawah, berdasarkan segmen usia, jenis kelamin dan lain sebagainya. Untuk itu sebelum mengikutinya ada baiknya cari tahu informasi secara jelas ke penyelenggara acara, lalu persiapkan produk yang akan kita ikutkan dan sesuai dengan segmennya.

Kredibilitas Penyelenggara

Perlu di ketahui juga reputasi serta kredibilatas penyelenggara acara atau event organizer yang berperan pada acara tersebut. Ada baiknya jika kita mengikuti pameran yang sudah biasa di adakan oleh penyelanggara yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik pada setiap eventnya yang di adakannya, sehingga dengan adanya pengalaman mereka yang matang, akan bisa lebih memaksimalkan hasilnya terhadap peserta yang mengikutinya.

Desain Stan Semenarik Mungkin

Stan bisa menjadi faktor penentu sukses keikutsertaan bisnis kita dalam pameran, tampilan yang menarik, mencolok dan juga mudah di temukan pengunjung menjadi hal yang cukup penting yang harus kita perhatikan. Desainnya bisa kita sesuaikan dengan tema acara, image usaha dan juga ide dan inovasi dari diri masing-masing.

Promosi

Dalam acara, selain kita lakukan penjualan secara langsung, perlu juga kita manfaatkan untuk memaksimalkan promosi. Misalnya dengan cara membagi-bagikan brosur, merchandise, berikan penawaran dengan harga yang menarik dan lain sebagainya. Agar ada kesempatan lain untuk membeli bagi konsumen yang tidak melakukan order secara langsung pada saat acara di adakan.

Baca juga artikel strategi promosi menggunakan hadiah merchandise