Cara Sukses Memulai Usaha Baru

memulai usaha baruUsaha baru yang sukses dimulai dengan ide usaha yang baik. Memang tidak mudah untuk dapat langsung sukses dalam sekali memulai usaha. Berbisnis membutuhkan tekat yang kuat. Selain itu dibutuhkan ide – ide yang kreatif dan inovatif untuk dapat bertahan. Berikut ini beberapa cara agar dapat sukses dalam memulai usaha baru :

Tawarkan sesuatu yang unik

Produk yang unik bukanlah sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Namun dari sebuah produk atau jasa yang telah ada, kemudian anda kembangkan agar mempunyai nilai yang lebih. Nilai lebih inilah yang disebut unik. Karena produk atau jasa anda berbeda dari yang lain. Anda bisa baca artikel Menarik Konsumen Dengan Pemasaran Yang Unik

Contohnya seperti bakso. Bakso adalah makanan yang lumrah. Namun anda bentuk dengan bentuk hati. Atau didalam bakso anda tambahkan irisan daging ikan. Atau mungkin bakso anda terbuat dari daging yang rendah lemak. Hal – hal unik inilah yang dicari oleh pelanggan. Karena hanya anda yang mempunyai kelebihan seperti ini.

Advertisement

Berikan harga yang tepat

Banyak orang berfikir bahwa harga ditentukan oleh permintaan. Anda berfikir bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan harga yang pantas dibayarkan oleh konsumen untuk produk atau jasa anda. Namun sebenarnya yang paling mempengaruhi harga yang anda tetapkan adalah kompetitor. Kenapa demikian? Karena dengan adanya kompetitor, maka akan terdapat persaingan.

Persaingan inilah yang akan memicu perang harga. Jangan hanya terpaku kepada harga yang murah, tetapi anda juga harus memikirkan kualitas produk. Anda dapat memainkan harga dengan cara lain. Seperti berikan harga khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak, atau berikan kemudahan transaksi keuangan seperti dengan menggunakan kartu kredit.

Tawarkan kepada orang yang tepat dengan promosi yang baik

Semua penjual ingin barangnya dibeli oleh banyak konsumen. Banyak orang yang menargetkan barangnya untuk dibeli oleh semua orang. Buatlah sasaran konsumen anda secara jelas. Jika sasaran konsumen anda adalah anak sekolah umur 10 sampai 15 tahun, maka pilihlah lokasi untuk membuka usaha di dekat sekolah.

Anda haru menetapkan target atau konsumen yang anda tuju sebelum mengambil keputusan mengenai lokasi usaha dan juga promosi yang baik. Pastikan barang atau jasa yang anda tawarkan serta promosi yang dilakukan tidak salah sasaran. Cara promosi yang efektif bisa baca di artikel Strategi Promosi Cara Memasarkan Produk Dan Jasa Yang Baru