Cara Promosi Produk di Facebook Untuk Tingkatkan Penjualan di Marketplace

Jualan di Facebook secara langsung memang sudah tidak optimal lagi. Salah satu alasannya adalah karena lebih banyak orang tertarik untuk membeli produk di marketplace. Namun demikian, Facebook masih bisa anda manfaatkan untuk melakukan promosi produk. Jadi anda sekarang sebaiknya menjual produk secara online di marketplace, dan melakukan promosi melalui Facebook.

Namun sebelum mulai melakukan promosi di Facebook, anda perlu tahu bagaimana cara mempromosikan produk yang benar dan terbukti dapat meningkatkan konversi penjualan.

Jika promosi dilakukan secara asal-asalan, jelas promosi tersebut tidak akan memberikan manfaat apapun bagi anda. Mau tahu bagaimana cara melakukan promosi produk yang dapat meningkatkan konversi penjualan anda di marketplace? Anda bisa pelajari selengkapnya di artikel ini.

Promosi Produk di Facebook

Kenapa Promosi Produk di Facebook Masih Tergolong Efektif ?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara melakukan promosi di Facebook, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu kenapa jualan di Facebook sudah tidak efektif namun melakukan promosi di Facebook masih tergolong efektif.

Berikut ini adalah beberapa alasan kuat kenapa melakukan promosi produk di Facebook itu masih jauh lebih efektif dibandingkan jualan secara langsung:

  • Facebook masih banyak penggunanya

Meskipun popularitasnya sudah tergeser oleh Instagram, namun Facebook masih bisa dikatakan sebagai salah satu sosial media yang jumlah pengguna aktifnya masih sangat besar. Karena jumlah pengguna aktifnya masih sangat besar, tak heran jika Facebook masih menjadi tempat yang cocok untuk melakukan berpromosi.

  • Mayoritas marketplace memiliki fitur share di Facebook

Kenapa Facebook masih menjadi ladang promosi produk yang oke meskipun anda sudah menjual produk di marketplace?

Hal tersebut dikarenakan mayoritas marketplace memiliki fitur share di Facebook. Dengan adanya fitur share tersebut, anda akan lebih mudah mempromosikan tidak hanya produk yang anda jual di marketplace saja, namun andapun bisa dengan mudah mempromosikan toko online anda di marketplace.

Selain itu, menggunakan Facebook untuk share produk yang anda jual di marketplace juga akan mempermudah calon konsumen mengunjungi toko online anda di marketplace dari Facebook.

  • Bisa menggunakan berbagai macam media promosi

Selain karena masih banyak jumlah pengguna aktif dan juga adanya fitur share dari marketplace, promosi di Facebook juga masih dipandang cukup berpotensi karena anda bisa menggunakan berbagai macam media. Anda tidak hanya bisa menggunakan media teks saja untuk melakukan promosi di Facebook. Selain teks, anda juga bisa menambahkan foto produk dan bahkan video. Karena bisa menggunakan beberapa macam media, jelas konten promosi anda akan semakin eye catching di depan calon konsumen.

  • Berpotensi Untuk Mendapatkan Daftar Konsumen Loyal

Marketplace memang menjadi tempat yang banyak dipilih orang jaman sekarang ketika ingin membeli produk secara online. Namun sayangnya, anda sebagai penjual tidak bisa mendapatkan konsumen yang loyal melalui marketplace.

Padahal, jualan itu akan semakin mudah jika anda sudah memiliki beberapa konsumen loyal. Oleh sebab itu, gunakan Facebook untuk melakukan promosi produk. Dengan menggunakan Facebook untuk melakukan promosi, masih ada kemungkinan untuk mendapatkan konsumen yang loyal.

Konsumen yang loyal tersebut juga sangat berarti bagi anda jika nantinya sudah ingin membuat toko online sendiri dan sudah tidak lagi menjual produk secara online di marketplace.


Baca Juga Jualan di Facebook, Apakah Masih Berpotensi di Jaman Sekarang?

4 Trik Promosi Produk di Facebook Tanpa Mengeluarkan Biaya Sepeserpun dan Bisa Tingkatkan Konversi Penjualan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai trik promosi produk di Facebook seperti apa yang bisa meningkatkan konversi penjualan di marketplace, anda perlu tau bahwa trik promosi yang akan dibahas di artikel ini sangat disarankan untuk dilakukan melalui Fanpage yang sudah memiliki cukup banyak follower, bukan akun Facebook personal.

Berikut ini adalah beberapa triknya :

  • Berikan Diskon Khusus Bagi Follower Fanpage

Trik pertama dan yang menjadi trik paling mudah untuk promosi produk yang anda jual di marketplace adalah dengan memberikan diskon. Mayoritas orang tergiur untuk membeli barang yang anda jual jika sedang ada diskon. Memang cara ini membuat keuntungan yang anda dapatkan menjadi berkurang.

Namun meskipun keuntungan yang anda dapatkan tidak sebanyak biasanya, omset penjualan anda kemungkinan besar akan meningkat. Jadi jika dihitung-hitung, sebenarnya keuntungan yang anda dapatkan mungkin saja jauh lebih besar karena omset andapun meningkat drastis.

Lalu bagaimana cara memberikan diskon di marketplace khusus untuk follower anda di Fanpage? Caranya cukup mudah. Anda bisa menggunakan fitur voucher yang mayoritas sudah tersedia di marketplace. Berikan kode voucher di Fanpage anda agar follower anda bisa menggunakannya saat check out produk yang anda jual di marketplace.

  • Berikan Souvenir Khusus Untuk Follower yang Membeli Produk Anda

Setiap orang pasti senang jika diperlakukan lebih dari orang lain. Hal tersebut juga berlaku dalam promosi produk. Anda bisa memperlakukan konsumen anda secara spesial dengan cara yang cukup mudah. Misalnya saja, anda bisa memberikan souvenir khusus bagi follower di Fanpage yang membeli produk yang anda jual di beberapa marketplace. Trik satu ini juga sangat efektif untuk membuat konsumen menjadi seorang konsumen yang loyal.

  • Berikan Informasi Mengenai Produk Baru di Waktu yang Tepat

Trik selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk melakukan promosi produk yang anda jual di marketplace melalui Fanpage Facebook adalah dengan memberikan informasi mengenai produk-produk yang baru saja anda unggah di marketplace.

Trik ini akan semakin efektif jika anda melakukannya di waktu yang tepat. Sebisa mungkin berikan informasi mengenai produk baru di tanggal-tanggal muda atau pertengahan bulan. Selain itu, berikan informasi juga bahwa stok produk baru tersebut sangat terbatas. Jika anda melakukan trik ini dengan tepat, kemungkinan besar anda tidak akan kesulitan menjual produk baru di marketplace.

  • Prioritaskan Pembelian dari Follower Anda

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, setiap orang itu sangat suka diperlakukan lebih dari orang lain. Oleh sebab itu, perlakukan juga follower anda lebih dari konsumen lain jika anda ingin melakukan promosi produk di Facebook.

Lalu bagaimana cara memberikan perlakuan khusus bagi follower anda? Sebenarnya ada banyak cara, salah satunya adalah dengan mempercepat proses pengiriman produk bagi konsumen yang merupakan follower di Fanpage anda. Memang trik satu ini tampaknya seperti membeda-bedakan konsumen. Namun demikian, setiap konsumen memiliki kesempatan yang sama untuk diperlakukan khusus, asalkan mereka mau follow Fanpage anda bukan?

Baca Juga 5 Kata-Kata Promosi Paling Menjual Yang Disukai Pelanggan, Terapkan Sekarang Juga !

Sekarang anda sudah paham bukan mengenai bagaimana cara memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk yang anda jual di marketplace? Jika anda serius dalam menerapkan beberapa trik yang sudah dibahas di artikel ini, seharusnya anda sudah tidak mengalami kesulitan lagi menjual produk di marketplace.