Cara Paling Sederhana Menghitung Keuntungan Usaha

Akan lebih baik jika dalam menjalankan usaha kita menerapkan perhitungan keuntungan yang di hasilkan secara berkala. Terutama untuk usaha kelas kecil dan menengah yang kebanyakan tidak begitu mementingkan hal ini. Padahal dengan mengetahui keuntungan usaha yang di dapatkan, kita akan bisa memperhitungkan perkembangan bisnis yang sedang di jalankan.

Terkadang terjadi dalam sebuah usaha yang menurut perkiraan pelakunya mendapatkan laba yang besar, tetapi saat di hitung tidak sesuai dengan perkiraaannya, atau bahkan merugi. Ini yang paling tidak kita inginkan, ini terjadi bisa karena berbagai faktor, misalnya saja tidak terasa pengeluaran pribadi yang terlalu besar, sehingga yang di pakai melebihi keuntungan yang di hasilkan usahanya.

Sebab berikutnya karena produk tidak menjadi uang bisa karena rusak,hilang dan lain sebagainya. Jika hal ini di biarkan berlarut-larut tidak terkontrol, niscaya saat menghitung laba keuntungan usahanya tidak akan sesuai dengan perkiraan atau bahkan minus.

Hal tersebut tidak akan terjadi jika kita menerapkan secara berkala menghitung ulang modal usaha berikut dengan keuntungan yang didapatkan, misalnya saja setiap satu bulan atau dua bulan sekali kita jalankan secara continue. Untuk mempermudah proses perhitungan, berikut ini data yang harus kita persiapkan :

Advertisement

Buat Pembukuan

  • Pengeluaran oprasional usaha harus tertulis jelas dan lengkap setiap harinya, begitu pula dengan pendapatan usaha. Data-data tersebut nantinya akan menjadi patokan apakah usaha yang dijalankan mengasilkan keuntungan atau sebaliknya. Perlu di perhatikan dalam hal mencatat pengeluaran, sebaiknya nilai sekecil apapun harus tertulis dengan lengkap, agar hasil perhitungan nantinya tepat.
  • Selanjutnya yang harus kita buat pembukuannya juga adalah penggunaan modal, maka sebaiknya keuangan perusahaan di buat terpisah dari sumber modal agar memudahkan. Catat setiap kali kita menggunakan modal baru yang dipakai untuk menjalankan usaha.
  • Barikutnya adalah stok barang, keluar masuk stok barang perlu kita buat pembukuannya juga. Agar nantinya kita mengetahui persis sisa barang yang ada di dalam usaha kita.

Baca juga Manajemen Keuangan Untuk Usaha Kecil Menengah

Perhitungan Sederhana

Untuk menghitung keuntungan dari usaha, cara yang paling sederhana dan mudah yang dapat kita jalankan, adalah sebagai berikut :

Jumlahkan semua keuangan yang di miliki saat itu, baik yang sudah menjadi uang dan juga yang masih berupa nota tagihan jika ada, Lalu tambahkan dengan nilai stok barang yang belum terjual.

Jika totalnya melebihi dari nilai modal awal yang di keluarkan, berarti lebihnya adalah keuntungan atau laba. Syaratnya kita tidak memiliki kewajiban pembayaran atau hutang perusahaan. Jika ada, berarti lebihnya tadi harus kita kurangi dahulu dengan biaya kewajiban tersebut, jika masih tersisa barulah itu dinamakan laba bersih usaha kita.

Namun jika hasilnya adalah di bawah dari nilai modal yang kita keluarkan, itu artinya usaha yang kita jalankan merugi. Disini kita harus bisa mengevaluasi berbagai penyebabnya, bisa karena tidak seimbangnya keuntungan dan pengeluaran sebab profit terlalu kecil, atau pun kurang bisa mengontrol pengeluaran.

Baca juga artikel Kenali Penyebab Kegagalan Bisnis Anda