Cara Mudah Riset Produk Terlaris di Marketplace Online

Jualan produk secara online memang penuh tantangan. Selain banyak kemudahannya juga banyak misteri yang harus dipecahkan untuk mendongkrak penjualan. Uniknya, untuk riset produk terlaris di marketplace online bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja tidak seperti bisnis offline yang syarat akan keterbatasan tempat dan waktu.

Nah, bagi anda yang mengandalkan marketplace online sebagai basis jualan, pada kesempatan ini kita akan ulas bagaimana cara mengetahui kebutuhan konsumen (trend) akan suatu produk tertentu di kategori tertentu pula.

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan melakukan riset produk terlaris di marketplace diantaranya adalah:

  • Menemukan ide akan suatu produk yang paling dibutuhkan konsumen pada rentang waktu tertentu.
  • Berguna jika anda sedang membangun pasar baru untuk sebuah produk.
  • Dapat digunakan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan kompetitor pada kategori produk sejenis.
  • Data yang terkumpul bisa dijadikan bahan evaluasi untuk diri kita sendiri untuk mendongkrak penjualan.
  • Dapat dijadikan patokan untuk menetapkan harga.

Dalam melakukan riset kita bisa memanfaatkan tool berbayar atau gratisan termasuk fitur-fitur atau parameter yang sudah disediakan oleh marketplace itu sendiri seperti review konsumen, kolom diskusi, rating (bintang) dan lain sebagainya.

Produk Terlaris di Marketplace

Mencari Produk Terlaris Di Ketegori Tertentu

Untuk mencari produk terlaris di kategori tertentu caranya paling gampang yaitu dengan memanfaatkan parameter yang tersedia di marketplace.


Yang paling mudah tentu saja dengan menggunakan kolom pencarian di marketplace dan melakukan filtering atas produk terlaris. Dari sana kita bisa mempelajari produk paling laris satu persatu untuk kemudian kita teliti apa yang membuatnya laku keras.

Jangan lupa untuk menelusuri setiap aspeknya seperti pelayanan, kurir pengiriman, kecepatan respon, bagian deskripsi produk dan lain sebagainya. Data tersebut pasti akurat karena memang konsumen sendiri sejatinya yang memberikan umpan balik.

Anda bisa melakukan cara ini di beberapa marketplace dan jangan berkutat di satu marketplace untuk mencari kemungkinan adanya varian produk yang juga sangat laris di pasaran.

Baca Juga Produk Paling Laris Dijual Di Online Shop

Mencari Produk Terlaris Di Semua Kategori

Jika saat ini anda masih dalam kondisi awal sekali (blank) untuk memilih suatu produk untuk dijual, anda bisa memanfaatkan tool gratis yang ada di internet seperti Google Trends, Google Keyword Planner atau yang sejenis.

Di Google Trends anda bisa mengintip produk apa saja yang saat ini (atau dalam kurun waktu tertentu) sedang dicari di internet. Pastikan untuk menjelajahinya pada kategori shopping di wilayah tertentu dan pada kurun waktu tertentu pula.

Untuk memastikan jumlah peminat (calon konsumen) anda bisa crosscheck lagi menggunakan Keyword Planner dengan memasukkan kata kunci tertentu. Disana anda bisa melihat estimasi jumlah pencarian akan suatu produk di internet.

Baca Juga Mengenal Google Bisnisku, Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Memanfaatkan Tool Berbayar

Alternatif lain untuk melakukan riset produk terlaris di marketplace adalah menggunakan tool berbayar. Perbedaan mendasar antara tool gratis dan tool berbayar menurut kami terletak pada support yang diberikan.

Dengan tool gratis anda harus melakukan semuanya sendiri termasuk trial dan errornya. Kalau boleh dibilang, belajar riset tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh waktu, biaya dan proses.

Bagi pemula lebih disarankan untuk memakai tool berbayar untuk menghemat energi, waktu dan biaya. Pastikan juga untuk memilih tool yang benar-benar bagus dengan fasilitas full support. Sehingga jika ada hal-hal yang membingungkan terkait dengan penggunaan teknis tool tersebut bisa dengan cepat teratasi.