Cara Mudah Membangun Kepercayaan Konsumen di Dunia Maya Bagi Pemula

Di dalam proses pembuatan toko online, memang ada banyak sekali hal yang harus anda perhatikan. Diantaranya anda harus melakukan riset market untuk menentukan produk apa yang akan anda jual. Selain itu, anda juga perlu mempersiapkan deskripsi produk yang menjual. Namun ada lagi selain yang disebutkan tadi, yaitu anda juga perlu membangun kepercayaan konsumen terhadap toko online anda.

Semua hal yang anda siapkan tidak akan ada efeknya jika anda sama sekali tidak membangun kepercayaan konsumen. Pasalnya, bisnis online terutama jualan online itu sangat mementingkan masalah kepercayaan.

Hal ini sangat penting terutama bagi anda yang berjualan online dengan menggunakan media website sendiri ataupun menggunakan media sosial yang proses transaksinya tidak ditengahi oleh pihak ketiga.

Lalu bagaimana cara membangun kepercayaan konsumen agar mereka mau membeli produk yang anda jual di dunia maya ? Anda bisa pelajari beberapa cara efektif selengkapnya di artikel ini.

Membangun Kepercayaan Konsumen

4 Cara Mudah dan Efektif Membangun Kepercayaan Konsumen Terhadap Toko Online Anda

Ya, membangun kepercayaan memang merupakan kunci utama untuk bisa menjual produk secara online. Bagi anda yang sudah cukup lama berjualan online mungkin sudah tidak sulit lagi. Kenapa? Karena anda pasti sudah memiliki banyak testimoni dari konsumen yang sudah pernah membeli dari anda. Selain itu, andapun pasti sudah mengumpulkan cukup banyak bukti pengiriman dari produk-produk yang dibeli oleh konsumen anda secara online.

Membangun kepercayaan konsumen ini biasanya paling sulit dilakukan oleh orang-orang yang baru mulai membuka toko online. namun jangan khawatir, sebenarnya masih ada banyak cara membangun kepercayaan konsumen terutama bagi anda para pemula.

  1. Tunjukkan alamat anda sejelas mungkin di bagian profil pemilik toko

Salah satu cara membangun kepercayaan yang paling sederhana bagi anda yang baru akan mulai jualan online adalah dengan menunjukkan alamat rumah anda sejelas mungkin.

Apa fungsinya menunjukkan alamat anda sejelas mungkin kepada konsumen? Dengan mengetahui alamat anda, konsumen biasanya bisa sedikit percaya untuk membeli produk yang anda jual secara online. Kenapa? Karena konsumen anda tau kemana mereka harus pergi untuk meminta pertanggung jawaban dari anda jika terjadi masalah pada transaksi jual beli di toko online anda.

Advertisement
  1. Gunakan rekening bank milik anda sendiri

Satu yang cukup mudah lainnya agar mereka percaya membeli produk yang anda jual di toko online anda adalah dengan menampilkan rekening bank milik anda sendiri.

Jika rekening bank yang anda gunakan untuk transaksi online bukanlah milik anda sendiri, kemungkinan besar calon konsumen anda akan merasa ragu. Kenapa? Karena kebanyakan penipu di dunia maya itu menggunakan rekening bank yang bukan miliknya sendiri.

Selain itu, dengan menggunakan rekening bank anda sendiri, calon konsumen juga bisa mengambil tindakan hukum jika sampai terjadi masalah pada transaksi dan penjual tidak mau bertanggung jawab.

  1. Jangan pernah berganti-ganti nomor kontak

Kesalahan fatal seseorang yang berjualan online biasanya adalah karena mereka sering berganti-ganti nomor kontak. Terlalu sering berganti nomor kontak ini tidak hanya membuat konsumen lama anda sulit menghubungi anda kembali. Dengan sering berganti-ganti nomor kontak, anda juga terlihat sangat tidak profesional di mata calon konsumen. Oleh sebab itu, jika anda ingin membangun kepercayaan konsumen terhadap anda dan toko online anda, pastikan hanya menggunakan satu nomor kontak saja.

  1. Usahakan jawab pertanyaan konsumen secepat mungkin

Biasanya salah satu sebab yang membuat orang enggan bertransaksi online dengan anda adalah karena anda sangat lambat dalam menjawab pertanyaan dari konsumen. Hal ini semakin diperparah dengan sikap tidak memprioritaskan menjawab pertanyaan konsumen yang sudah mengirimkan pembayaran. Jika anda mau dipercaya orang lain di dunia maya, jangan pernah melakukan hal tersebut.

Sebisa mungkin tingkatkan pelayanan anda setelah konsumen melakukan pembayaran. Berikan pelayanan lebih bagi konsumen yang sudah membayar. Karena konsumen yang sudah melakukan pembayaran bisa berlanjut menjadi pelanggan anda jika diperlakukan lebih baik.

Baca Juga Artikel :

Jadi sekarang anda sudah paham bukan mengenai bagaimana cara membangun kepercayaan konsumen terutama bagi anda yang masih pemula dalam hal jualan online?

Lakukan 4 cara tersebut terus menerus dan sebisa mungkin tambahkan dengan testimoni dari konsumen yang sudah pernah membeli produk dari anda untuk semakin menguatkan kredibilitas toko online anda dimata konsumen.