Cara Meyakinkan Konsumen Supaya Membeli Produk yang Kita Tawarkan

Mewarkan produk kepada seorang konsumen tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. salah-salah bukannya mereka tertarik untuk membeli, namun bisa jadi mereka malah berpaling dan membeli di tempat lain.

Apalagi jika produk yang kita tawarkan sifatnya memiliki banyak kompetitor yang menjual produk serupa. Perlu kemampuan tersendiri dari seorang penjualnya agar mampu meyakinkan konsumen supaya mau memilih produk yang kita tawarkan.

Beraneka ragam cara yang biasa dilakukan para penjual, bahkan ada pelajaran ilmu tersendiri untuk memahaminya yang sering di sebut ilmu marketing bisnis.

Dari kami berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda praktekan, semoga saja bisa memperkaya kemampuan anda dalam usaha meyakinkan konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan.

Cara Meyakinkan Konsumen

  • Pastikan Menawarkan Produk Kepada Konsumen yang Tepat

Agar mempermudah, produk yang kita tawarkan seharusnya ditujukan kepada konsumen yang memang benar-benar membutuhkan produk tersebut, atau istilahnya konsumen yang tertarget. Jika sudah sesuai dengan target tentunya pekerjaan kita selanjutnya bakal bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Untuk menentukannya kita perlu melakukan riset secara teliti. Misalnya seperti dimana sebaiknya tempat produk kita di dijajakan ? Kapan produk tersebut cocok ditawarkan ? Kepada konsumen seperti apa produk kita sesuai di gunakan ? dan lain sebagainya.

  • Hindari Membuat Bingung Konsumen dengan Bahasa yang Rumit

Pengetahuan konsumen terhadap suatu produk tidak bisa disamaratakan, beberapa konsumen ada yang memahami hingga detailnya, namun ada pula konsumen yang kurang begitu memahaminya. Tugas kita adalah menyederhanakan penawaran agar mereka ahirnya tidak bingung dengan apa yang kita tawarkan.

Contohnya seperti pada produk ponsel atau smartphone, tidak banyak orang yang mengerti mengenai spesifikasi teknisnya secara mendetail. Bahasa seperti “Internal Memori” sebaiknya kita sederhanakan saja menjadi “tempat penyimpanan foto”. Bahasa “Dual Camera”,”Image Stabilizer”,”Autofocus” bisa kita ringkas dan sampaikan menjadi “ponsel ini dapat memotret gambar dengan menakjubkan”.


Baca Juga 5 Kata-Kata Promosi Paling Menjual Yang Disukai Pelanggan

  • Tambahkan Keunggulan Dibanding Penjual Lain

Produk dengan jenis sama serta harga yang mirip dari pedagang lain akan lebih sulit ditawarkan kepada konsumen, apalagi jika pedagang yang menawarkannya banyak ditemukan dimana-mana. Untuk meyakinkan konsumen kita perlu menambahkan keunggulan pada produk agar lebih dapat menarik hati. Misalnya saja dengan menawarkan garansi yang lebih lama, pengiriman secara gratis dan lain sebagainya.

  • Tunjukan Testimoni dari Konsumen yang Pernah Membeli

Untuk mendapatkan testimoni dari konsumen yang pernah membeli dan merasakan produk kita, kita harus berusaha memintanya agar memberikan penilaian yang sejujur-jujurnya. Cukup penting untuk mengumpulkan testimoni ini pasalnya konsumen baru yang sulit diyakinkan dapat luluh dengan menunjukan beberapa pengalaman positif dari pelanggan lain.

Baca Juga Contoh Testimoni Yang Bisa Meningkatkan Penjualan

  • Berikan Sample atau Contoh Jika Memungkinkan

Beberapa produk jika memungkinkan untuk diberikan sebagai contoh kepada konsumen bisa menjadi jurus yang jitu untuk meyakinkan mereka. Untuk sebagian konsumen tester yang dapat dirasakan langsung sebelum mereka membelinya dapat menghilangkan keragu-raguan yang menyebabkan mereka belum memutuskan untuk membeli.

  • Dengar dan Pahami Pendapat Konsumen

Saat berbicara dengan konsumen tidak jarang mereka seringkali mengutarakan pendapat, keinginan ataupun kritik dan keluhan terhadap produk. Sikap kita tentunya harus mendengankan mereka dan berusaha untuk memahaminya.

Misalnya saja jika produk kedepannya mengalami kerusakan atau masalah lain, maka kita perlu memberikan berbagai solusi untuk penyelesaiannya kelak. Umumnya ketika konsumen telah percaya kepada kita kemungkinan besar mereka akan segera membeli. Namun jika sebaliknya, kitapun harus memahami jangan sampai memaksanya.

Baca Juga Trik Penawaran Produk yang Membuat Konsumen Mau Membeli Sekarang Juga