Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula

Cara menjadi YouTuber sukses kuncinya adalah passion dan dedikasi tinggi. Semua itu akan lebih mudah jika anda atau kalian memiliki kreatifitas mengolah informasi dalam bentuk video sehingga beda dari lain. Sangat beruntung bagi anda atau kalian yang memiliki bakat natural sehingga bisa menuangkan karya melalui YouTube seperti menyanyi, memainkan alat musik, dansa, melukis, mengukir, atau apapun itu juga.

Cukup kemas keahlian dan bakat anda dalam beberapa video menarik untuk mendapatkan kesempatan menjadi partner YouTube dan meraup penghasilan dengan cara menayangkan iklan. Nilainya tidak sedikit loh, tak hanya satu atau dua orang saja yang sudah membuktikan sanggup mengalirkan milyaran rupiah melalui karyanya di YouTube.

Bagi pemula, memang semua itu terkesan berat. Tapi jangan khawatir, kami akan bagi-bagi tips cara menjadi YouTuber menghasilkan uang untuk anda atau kalian yang masih pemula. Pahami konsepnya dulu baru take action!

Cara Menjadi Youtuber

Dari mana uang yang didapatkan?

Informasi adalah emasnya jaman now. Didukung dengan teknologi internet yang sudah begitu canggih, orang bisa dengan mudah mengakses informasi berharga hanya melalui smartphone dimanapun berada.

Dan kalau kita bicara soal kehidupan yang sarat dengan kebutuhan informasi, maka hiburan adalah bumbunya. Menangkap tentang kebutuhan manusia tentang dua hal di atas (informasi dan hiburan), maka fasilitas online adalah rujukan utama di jaman sekarang. Inilah yang menciptakan peluang bagi perusahaan-perusahaan teknologi dalam meraup keuntungan, salah satunya adalah Google dengan anak perusahaanya YouTube.

Pada praktiknya dalam menjalankan bisnis, para perusahaan tersebut membuat program agar siapa saja bisa ikut andil menjalankan bisnis. Peran anda dalam program tersebut bisa bermacam-macam mulai dari publisher iklan, associate dan lain sebagainya. Sebagai imbalan dalam ikut mempromosikan produk atau iklan mereka, anda diberi ganjaran berupa fee atau upah.

Jadi penghasilan anda dari YouTube nantinya diperoleh melalui cara mirip seperti yang dijelaskan di atas. Terkait dengan jumlah fee atau penghasilan yang akan anda dapatkan tergantung dari jumlah klik iklan atau tayangan video anda di channel YouTube.


Sangat mudah bukan? Tapi tunggu dulu, ternyata tidak gampang loh menarik perhatian orang agar mau nonton video yang kita unggah. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa teknik.

Cara YouTuber Pemula Mengawali Karyanya, Membuat Video Orisinil

Cara menjadi Youtuber menghasilkan uang parameternya hanya satu, yaitu:

“Konten video yang disukai banyak orang”

Beberapa karakter video yang mampu menarik banyak perhatian diantaranya adalah menjelaskan hal baru, unik, kreatif, satu-satunya atau membawa aspek yang sudah terkenal, memiliki resolusi tinggi, viral, bermanfaat, informatif, gokil, gila, atau video yang menjelaskan cara atau teknik dengan kesulitan tinggi atau resiko tinggi (misal: cara root hp Android, mengganti lensa kamera, mengganti keyboard laptop, cara mengukir, finishing furnitur, dan sebagainya).

Jika anda atau kalian sudah merasa mampu menyugughkan konten video dengan karakter seperti yang dijelaskan, ada kemungkinan besar anda akan sukses menjadi YouTuber berpenghasilan. Bukan penghasilan kecil, tapi bisa 10 kali lipat dari penghasilan pekerjaan anda saat ini.

Tidak kalah penting atau malah wajib hukumnya, semua video yang anda buat harus mengandung konten asli atau orisinil. Jangan sampai membajak karya orang lain karena malah akan mengundang masalah.

Baca Juga Artikel : Manfaatkan Youtube Untuk Mendapatkan Uang

Lakukan Optimasi Sebelum Publish Video

Optimasi mencakup dua hal yaitu optimasi video dan optimasi channel. Untuk video anda pasti lebih tahu bagaimana cara membuat konten menarik berdasarkan kemampuan atau bidang yang ditekuni. Tak kalah penting adalah optimasi channel agar jadi tongkrongan setia penonton, yang pada akhirnya menarik minat mereka untuk like, subscribe, dan berinteraksi melalui kolom komentar.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

  1. Membuat judul video yang menarik plus nama channel yang fokus dan sesuai dengan konten video.
  2. Cantumkan metadata (seperti kata kunci) di dalam deskripsi video agar fasilitas pencarian YouTube bisa dengan mudah menemukan video anda.
  3. Thumbnails video harus atraktif
  4. Isi channel secara konsisten dengan video-video terbaru
  5. Beri kesempatan kepada penonton untuk berinteraksi melalui kolom komentar

Demikian tips singkat yang dapat kami bagikan mengenai cara menjadi YouTuber pemula, semoga menginspirasi.