Cara Menjadi Star Seller Shopee dan Keuntungannya Bagi Penjual

Shopee memang merupakan marketplace jual beli online yang bisa dikatakan baru di Indonesia jika dibandingkan dengan yang lainnya. Namun menariknya, meskipun terbilang sebagai marketplace baru, Shopee berhasil mengalahkan marketplace yang umurnya jauh lebih tua. Tak heran jika semakin banyak orang yang menjadi penjual di Shopee.

Apakah anda juga sudah menjadi salah satu penjual di Shopee? Jika anda masih bingung bagaimana cara berjualan di Shopee, anda bisa membaca panduannya di artikel berjudul Cara Berjualan Online di Shopee dan Tips Sukses Jualan Dengan Sistem Dropship di Shopee.

Jika anda sudah menjadi penjual, sudah taukah anda mengenai star seller Shopee? Sebagai penjual, anda wajib mengejar status ini. Kenapa? Karena dengan menjadi star seller, anda bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan.

Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara menjadi star seller Shopee dan juga apa saja keuntungan yang bisa anda dapatkan? Anda bisa pelajari lebih lanjut hal tersebut di artikel ini.

Berbagai Macam Keuntungan Penjual Dengan Mendapatkan Status Star Seller Shopee

Cara Menjadi Star Seller Shopee

Sebelum membahas lebih detail mengenai bagaimana cara mendapatkan status star seller di Shopee, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu mengenai apa saja keuntungan mendapatkan status tersebut di marketplace Shopee.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang hanya bisa didapatkan oleh penjual.

  • Meningkatkan kredibilitas penjual di mata konsumen

Bagi anda yang selama ini menganggap star seller Shopee hanya sekedar status biasa, anda perlu berpikir ulang. Status yang diberikan oleh Shopee tersebut benar-benar dapat meningkatkan kredibilitas anda sebagai penjual di mata konsumen. Pasalnya, hanya penjual-penjual yang terpercaya saja yang bisa mendapatkan status spesial tersebut.

  • Meningkatkan omset penjualan online anda di marketplace Shopee

Karena kredibilitas anda meningkat drastis di mata konsumen, maka secara otomatis omset andapun pasti juga turut meningkat. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak calon pembeli yang percaya dengan kualitas produk yang anda jual.

  • Lebih banyak konsumen yang melihat produk yang anda jual

Penjual yang sudah mendapatkan status star seller juga mendapatkan fasilitas khusus dari Shopee. Fasilitas yang bisa anda nikmati setelah memiliki status ini adalah setiap produk yang anda jual akan ditampilkan di halaman depan situs maupun aplikasi Shopee. Karena produk yang anda jual ditampilkan di halaman depan, kemungkinan untuk terjadi penjualan juga akan meningkat drastis.


  • Meningkatkan brand awareness konsumen

Dengan menjadi star seller Shopee, nama toko anda juga akan semakin dikenal oleh konsumen. Dengan semakin dikenal, anda menjadi lebih mudah menjual berbagai macam produk baru di akun Shopee anda.

Cara Mendapatkan Status Star Seller Shopee yang Bisa Mulai Anda Praktekkan Sekarang Juga

Anda sudah mengetahui apa saja keuntungan yang bisa anda dapatkan, pasti kebanyakan dari anda juga ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan status tersebut bukan?

Perlu anda ketahui, status star seller di Shopee bukanlah status biasa. Oleh sebab itu, anda yang ingin mendapatkan status tersebut juga harus melakukan banyak hal. Berikut ini merupakan beberapa syarat yang wajib anda penuhi agar bisa mendapatkannya.

  • No KTP penjual sudah didaftarkan dan sudah diverifikasi oleh Shopee

Syarat pertama yang wajib anda penuhi adalah mengirimkan foto KTP beserta foto anda kepada Shopee. Sebelum mendapatkan status star seller Shopee, anda sudah bisa menikmati fitur gratis ongkir dengan mengirimkan foto KTP beserta dengan foto anda.

  • Persentase penjual membalas chat dari konsumen minimal sebesar 70%

Shopee hanya akan memberikan predikat star seller kepada toko online yang sangat aktif melayani konsumen dengan baik. Oleh sebab itu, persentase chat dibalas juga menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan status spesial dari Shopee. Penjual yang memiliki kesempatan untuk menjadi star seller Shopee adalah yang memiliki persentase membalas chat dari konsumen minimal sebesar 70%.

  • Rating toko minimal 4,5

Star seller Shopee merupakan status yang digunakan oleh Shopee untuk mengapresiasi toko-toko online yang menjual produk berkualitas kepada konsumen. Oleh sebab itu, Shopee juga memberikan syarat rating toko minimal 4,5 untuk bisa mendapatkan status ini.

  • Setiap bulan minimal memiliki jumlah transaksi sukses sebanyak 50 pesanan

Selain rating, penjual baru bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi star seller di Shopee jika setiap bulan memiliki jumlah transaksi sukses sebanyak 50 pesanan. Selain jumlah transaksi sukses, penjual yang berkesempatan mendapatkan status ini juga wajib melayani 25 pembeli berbeda setiap bulannya.

  • Persentase pesanan yang dibatalkan kurang dari 10%

Syarat terakhir untuk bisa menjadi star seller Shopee adalah memiliki persentase pesanan yang dibatalkan oleh konsumen maupun penjual dibawah 10%. Hal ini digunakan untuk mengukur bagaimana tingkat pelayanan penjual kepada konsumen.

Jika dilihat sekilas, memang syarat menjadi star seller di Shopee cukup berat, terutama bagi anda yang baru saja mulai menjual produk secara online di marketplace ini. Syarat tersebut sengaja dibuat juga untuk mencegah agar tidak ada penjual asal-asalan yang bisa mendapatkan predikat istimewa ini.

Meskipun memang cukup berat, namun sebenarnya peluang untuk menjadi star seller masih terbuka lebar asalkan anda memang serius menjalankan bisnis jualan online di Shopee. Selain itu, keuntungan yang bisa anda dapatkan sesudah menjadi star seller Shopee juga sangat sebanding dengan perjuangan anda bukan?