Cara Menjadi Penulis Lepas yang Menghasilkan Uang

Bagi sebagian orang menulis merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan, dapat membagikan pengalaman dan informasi kepada orang lain bisa memberika kepuasan tersendiri untuk orang yang hobi menulis.

Selain untuk meyalurkan hobi, menulis juga dapat dijadikan sebagai kegiatan yang menghasilkan uang di internet. Salah satunya dengan diarahkan menjadi penulis lepas (freelance)

Karya tulisan yang berkualitas dapat dihargai dengan nilai yang cukup tinggi. Banyak perusahaan ataupun bisnis perorangan yang membutuhkan tulisan-tulisan berkualitas untuk mendukung bisnisnya.

Seorang penulis lepas dapat menjalankan aktifitasnya tanpa terikat hubungan kerja dengan klien. Anda dapat menjalankan kegiatan yang menghasilkan ini sambil menjalankan kegiatan lainnya atau dijadikan sebagai sampingan yang menguntungkan.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menjadi seorang penulis lepas yang handal sehingga bisa meraup rupiah melalui karya yang anda buat ? Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahuinya.

Cara Menjadi Penulis Lepas

Keterampilan Yang Harus Dikuasai Seorang Penulis Lepas

Untuk bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas sehingga anda berpotensi direkrut sebagai seorang penulis lepas, anda perlu memiliki beberapa keterampilan seputar menulis yang harus di kuasai. Diantaranya sebagai berikut.

  • Memiliki Pengalaman menulis yang Memadai

Penulis yang dibutuhkan oleh klien bukanlah seorang penulis pemula yang hanya bisa membuat tulisan alakadarnya. Namun yang dibutuhkan adalah seorang penulis berpengalaman yang memiliki tulisan berbobot, memiliki makna dan informatif.

Untuk menghasilkan tulisan yang demikian, tiada cara lain selain harus selalu mengembangkan kemampuan kita dalam menulis. Upayakan untuk sering mengasah kemampuan dengan terus senantiasa membuat tulisan yang bermanfaat.

Selain itu sering membaca karya tulisan orang lain juga dapat menumbuhkan ide dan inspirasi kita untuk menulis. Oleh karena itu perbanyak aktifitas membaca dan menulis setiap hari agar kemampuan kita semakin baik lagi.

  • Memahami Tata Bahasa dan Ejaan yang Baik

Karya tulisan anda akan menjadi percuma jika tidak didukung dengan teknik menulis dengan tata bahasa dan ejaan yang baik dan benar. Maka dari itu, sambil kita mengasah kemampuan menulis sebaiknya pelajari juga tekniknya dengan mendalam.

Selain itu selalu lakukan pemeriksaan kembali tulisan yang dibuat agar tidak terjadi kesalahan penulisan (Proofreading). Pasalnya jika membuat kesalahan dalam tulisan efeknya bisa cukup mempengaruhi kualitas dengan signifikan.

  • Memahami Internet Untuk Mempromosikan Tulisan Anda

Dijaman sekarang internet dapat menjadi media utama sebagai gerbang untuk mempromosikan berbagai produk dan jasa ke pasaran, termasuk untuk mengenalkan karya tulisan anda.


Oleh karena itu sebaiknya pahami bagaimana caranya berpomosi melalui media ini untuk mendapatkan kontrak menulis dari klien.

Salah satu yang bisa diandalkan misalnya membuat website atau blog sebagai portofolio dan sekaligus sebagai media untuk mendapatkan konsumen. Selain itu kita juga dapat berpromosi melalui media sosial, forum-forum hingga situs khusus marketplace penulis lepas.

Langkah-Langkah Untuk Menjadi Penulis Lepas

Setelah keterampilan diatas dikuasai, beberapa langkah untuk menjadi penulis lepas yang bisa menghasilkan uang selanjutnya adalah sebagai berikut :

  • Buat Blog atau Website Pribadi

Pengertian dari blog sendiri adalah sebuah wadah untuk menyampaikan berbagai informasi ataupun sebagai media untuk berbagi pengalaman kepada pengguna internet. Oleh karena itu blog merupakan sebuah media yang paling tepat dan harus dimiliki seorang penulis lepas.

Dari blog kita bisa memperkenalkan karya tulisan kepada calon klien dan membuatnya tertarik untuk merekrut kita sebagai penulis lepas di bisnisnya.

Namun setelah membuat blog tentunya tidak bisa kita biarkan begitu saja, melainkan harus selalu kita isi dengan konten atau artikel-artikel menarik yang dapat mendatangkan pembaca.

  • Menjadi Kontributor di Situs-situs Populer

Selain membuat tulisan di blog pribadi anda, jadilah kontributor penulis di situs-situs populer dan terkenal di internet untuk mempromosikan kemampuan anda sebagai penulis.

Banyak situs yang menerima kontributor penulis misalnya seperti Babe (Baca Berita Indonesia), Nulis.co.id, UCNews dan lain sebagainya.

Bahkan beberapa situs seperti itu ada yang berani memberikan sejumlah komisi bagi para kontributornya. Sehingga selain berpromosi kita juga berpotensi mendapatkan hasil dari upaya ini.

  • Bergabung di Situs Freelance

Situs Freelance bisa sangat membantu anda untuk mendapatkan job menulis dari calon klien, dan profesi penulis menjadi salah satu yang cukup banyak dicari di situs-situs seperti ini. Contoh situs freelance yang terpercaya dan memiliki banyak pelanggan diantaranya seperti Sribulancer, Freelancer Indonesia, Project.co.id, Kontenesia dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam situs tersebut akan ada banyak para penulis lepas yang menawarkan jasanya, oleh karena itu anda akan di tuntut bisa bersaing dengan penulis lainnya dalam menjaring klien.

Keuntungan Menjadi Seorang Penulis Lepas

Selain bisa mengasiklan uang yang lumayan cukup besar, menjadi penulis lepas juga menjanjikan keuntungan lainnya.

Diantaranya seperti memiliki fleksibilitas dalam mengatur waktu, seorang penulis lepas dapat mengerjakan job dari mana saja dan dapat dikerjakan di sela-sela waktu luang setelah melakukan pekerjaan utama.

Anda dapat membuat tulisan dari rumah, kantor tempat kerja atau bahkan sambil berlibur.

Namun begitu umumnya setiap job akan memiliki tenggat waktu kapan harus diselesaikan. Batasan waktu tersebut tetap harus diperhatikan demi menjaga kepuasan konsumen.

Baca Juga Pilihan Pekerjaan Freelance Terbaik Saat Ini

Bagaimana tertarik menjadi seorang penulis lepas ? beberapa cara yang sudah di uraikan diatas semoga saja bisa menjadi masukan tambahan untuk anda yang akan menjalaninya.