Cara Meningkatkan Skill Customer Service Buat Pedagang Online

Tidak hanya perusahaan besar saja yang butuh customer service. Anda sebagai penjual online, meski berjuang sendirian dalam menjalankan toko online anda juga butuh yang namanya skill customer service.

Skill ini sangat dibutuhkan agar anda bisa menjawab berbagai tantangan dalam berjualan online yang notabene sangat bergantung ilmu komunikasi yang matang, karena adanya sekat dan batas antara penjual dan pembeli (tidak bisa langsung bertatap muka).

Agar bisa mahir dalam melayani konsumen anda perlu menguasai beberapa ilmu, dimana itu semua bagian dari skill customer service.

Ilmu tersebut diantaranya adalah ilmu komunikasi, pemahaman produk, problem solving, serta ilmu bahasa yang baik dan benar.

Nah, karena untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut ternyata butuh waktu dan energi yang tidak sedikit, dalam artikel ini kami coba rangkum intisari dari berbagai disiplin ilmu diatas yang bisa meningkatkan skill customer service anda. Boleh anda praktikkan!

Belajar Untuk Lebih Sopan dan Lebih Bijak Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Untuk menjadi sopan tentunya kita tidak ingin hanya berpura-pura ketika menghadapi pembeli saja (karena di dalam ilmu marketing kita juga butuh acting) terlebih dari itu, seyogyanya kita harus bisa sepenuhnya menjadi orang yang sopan di realitas kehidupan sehari-hari.

Berkat sikap ini tentu kita akan mendapatkan lebih banyak relasi bisnis untuk mengembangkan usaha.

Mendengarkan Itu Lebih Sulit Dari Pada Berbicara

Anda tidak akan pernah bisa menemukan solusi atas masalah (kebutuhan) konsumen ketika anda belum bisa ‘mendengarkan’ hati mereka dengan baik.

Cukup latih diri anda sendiri untuk lebih banyak mendengarkan dari pada berbicara. Sikap ini bisa anda latih kapan saja dan dimana saja ketika anda bertemu dengan lawan bicara.

Dari sini saja kita sudah bisa belajar banyak ilmu termasuk empati dan kesabaran. Ingat ya, kesabaran sangat diperlukan ketika anda menghadapi komplain dari pembeli.


Rasa empati yang kemudian diikuti dengan solusi, bisa menjadi obat kekecewaan mereka ketika mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan harapan.

Jangan lupa untuk berlatih bijak. Bijak disini adalah berani mengakui kesalahan ketika memang salah dalam melayani pembeli. Sebelum bijak sudah pasti anda harus bisa sabar terlebih dahulu.

Dengan listening skill kita juga bisa meningkatkan kemampuan dalam memberi perhatian kepada konsumen (care).

Komunikatif

Komunikatif itu artinya nyambung. Anda harus bisa nyambung dengan kebutuhan konsumen setiap saat, karena ini online. Implementasinya bisa sangat luas dan bermacam-macam.

Contohnya ketika anda membuat pesan balasan otomatis (fitur chat yang biasanya ada di marketplace), anda harus membuat kalimat seunik mungkin yang tetap bisa nyambung dengan konsumen ketika mereka bertanya meskipun anda sedang offline.

Komunikatif juga memiliki arti bahwa solusi yang anda berikan mudah dipahami oleh pembeli.

Baca Juga Jangkau Lebih Banyak Pelanggan Toko Online dengan Live Chat

Goods Knowledge Is Everything

Untuk bisa menjadi penjual ber-skill costumer service yang baik, anda tidak bisa luput dari goods knowledge.

Jika ingin menjadi yang terdepan, goods knowledge tidak bisa 50% atau 70%: pengetahuan anda tentang produk yang anda jual harus 100%.

Sigap Dalam Membalas Chat

Selesaikan saat ini juga apa saja yang bisa diselesaikan, termasuk ketika berurusan dengan pembeli. Jangan biarkan rasa malas hinggap di benak, meski hanya untuk membalas chat basa-basi.

Ingat ya, satu milisecond di dunia online itu waktu yang sangat berharga. Waktu respon membalas chat ternyata juga berhubungan dengan kredibilitas toko anda. Semakin cepat, semakin bagus. Tanamkan di benak costumer bahwa anda sangat menghargai waktu.

Demikianlah beberapa tips untuk meningkatkan skill customer service buat anda yang ingin sukses dalam berdagang online.

Semoga bermanfaat.