Cara Meningkatkan Penjualan Produk Tanpa Bersaing Harga di Marketplace

Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak memang merupakan tempat yang paling strategis untuk berjualan produk secara online. Pasalnya, setiap orang yang datang ke marketplace tersebut kebanyakan memang ingin membeli produk tertentu secara online.

Namun ada satu kelemahan terbesar berjualan di marketplace. Kelemahannya adalah anda biasanya harus bersaing mati-matian dengan penjual lain. Bahkan terkadang anda harus bersaing harga untuk bisa menarik minat pembeli.

Taukah anda bahwa sebenarnya ada cara meningkatkan penjualan produk tanpa harus bersaing harga dengan penjual lain di marketplace? Jika selama ini anda meningkatkan penjualan produk dengan cara membanting harga, mungkin anda perlu membaca trik lain yang akan dibahas di artikel ini.

Cara Meningkatkan Penjualan Produk Tanpa Bersaing Harga

4 Cara yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Tanpa Bersaing Harga di Marketplace

Bagi anda yang selama ini menggunakan metode membanting harga untuk meningkatkan penjualan di marketplace, mungkin anda perlu mencoba cara meningkatkan penjualan produk lain yang jauh lebih menguntungkan berikut ini:

  1. Buat penawaran produk yang tidak bisa ditolak oleh calon konsumen

Untuk meningkatkan penjualan produk, anda memang tidak harus selalu membanting harga. Anda bisa meningkatkan penjualan dengan cara membuat penawaran yang sama sekali tidak bisa ditolak oleh calon konsumen.

Ada banyak sekali cara membuat penawaran produk yang bisa meningkatkan persentase closing produk di marketplace. Salah satu caranya adalah dengan memberikan bonus kepada konsumen anda.

Bonus yang anda berikan untuk setiap pembelian sebaiknya bukan produk yang anda jual di toko online anda. Namun sebisa mungkin berikan bonus yang masih berkaitan dengan produk yang anda tawarkan.

Misalkan saja anda menjual pakaian wanita, anda bisa memberikan bonus berupa kalung atau gelang yang bisa dipakai bersamaan dengan produk yang anda jual.

  1. Rubah deskripsi produk anda yang membosankan

Salah satu hal yang biasanya membuat calon konsumen enggan membeli produk dari anda bukan karena produknya tidak bagus. Namun biasanya dikarenakan anda sama sekali tidak menjelaskan produk anda dengan baik kepada konsumen.

Advertisement

Coba cek bagaimana deskripsi produk yang selama ini anda tuliskan. Jika selama ini anda hanya menuliskan deskripsi yang menjelaskan mengenai bahan, ukuran, dan juga variasi warna dari produk yang anda jual, maka sebaiknya segera ganti deskripsi produk anda sekarang juga.

Deskripsi produk harus bisa menjual. Yang dimaksud dengan deskripsi produk yang bisa menjual bukanlah yang menjelaskan mengenai bahan, ukuran, dan juga variasi warna produk saja. Anda juga perlu menjelaskan apa manfaat yang bisa didapatkan konsumen dengan membeli produk anda tersebut.

Misalkan anda menjual produk fashion wanita, jelaskan apa yang membuat konsumen harus membeli produk anda. Misalkan saja anda menjual tas, jelaskan ada berapa banyak bagian penyimpanan di dalam tas tersebut. Apakah tas tersebut bisa memudahkan setiap wanita yang menggunakannya dalam menyimpan barang? Jelaskan semua hal tersebut.

  1. Kelompokkan produk sejenis di toko online anda

Penelitian telah membuktikan bahwa pengelompokan produk sesuai dengan jenisnya secara tidak langsung juga dapat meningkatkan penjualan produk. Oleh sebab itu, jangan malas untuk mengelompokkan produk anda.

Tata etalase di toko online anda sehingga calon konsumen menjadi lebih mudah melihat berbagai macam produk yang anda jual sesuai dengan jenisnya. Dengan mengelompokkan produk sejenis, calon konsumen menjadi lebih mudah melihat pilihan produk yang anda jual.

  1. Gunakan foto yang menjual

Salah satu alasan lain kenapa orang mau membeli produk secara online adalah karena fotonya menjual. Oleh sebab itu, menggunakan foto yang menjual jelas menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan produk yang paling efektif.

Sebisa mungkin jangan menggunakan foto produk yang digunakan oleh toko online lain. Jangan hanya mengambil foto produk langsung dari Google. Foto produk yang paling baik adalah foto yang anda dokumentasikan sendiri.

Namun jika memang anda tidak memiliki akses untuk mendokumentasikan produk anda sendiri (terutama bagi dropshipper), usahakan untuk mengedit foto produk sebelum memajangnya di toko online anda.

Baca Juga Artikel :

Jika sampai saat ini anda hanya menggunakan teknik banting harga untuk meningkatkan penjualan produk, ada baiknya mulailah rubah metode anda dalam memasarkan produk secara online. Kenapa? Karena teknik bersaing harga bukanlah teknik yang terbaik, terutama bagi penjual. Coba praktekkan 4 teknik yang sudah dibahas di artikel ini dan lihat hasilnya.