Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Online Shop

Sedang menjadi bidang bisnis yang sedang digemari, pelaku bisnis online shop kian waktu terus bertambah jumlahnya. Kemudahan dalam mencari keuntungan dengan berjualan di internet seperti ini menarik banyak minat masyarakat untuk turut serta mencari peruntungan.

Dampaknya tentu saja persaingan antar pelaku usaha tidak mungkin bisa di hindarkan. Terus bertambahnya jumlah toko online juga di iringi dengan tidak sedikitnya toko online yang gulung tikar alias bangkrut karena kurangnya penjualan.

Meski begitu bukan berarti kesempatan untuk sukses dengan berjualan di online shop sudah tidak mungkin bisa dilakukan. Kesempatan tentunya selalu terbuka, hanya saja kita perlu strategi tersendiri dalam menjalankannya.

Dalam hal penjualan, mau tidak mau kita perlu upayakan agar bisa terus meningkat jika ingin selalu eksis berjualan online. Untuk meningkatkan penjualan online shop banyak upaya yang bisa dilakukan, diantaranya akan kami jabarkan pada artikel berikut ini.

Cara Meningkatkan Penjualan Online Shop

1. Dukung Dengan Media Sosial

Meski fungsi utamanya adalah untuk bersosialisasi lewat dunia maya, keberadaan media sosial tidak luput dimanfaatkan para pelaku bisnis online, terutama untuk melakukan promosi produk-produk mereka.

Alasannya pengguna media sosial di Indonesia sangat banyak jumlahnya, bahkan masuk kedalam 5 besar negara terbanyak pengguna media sosialnya.

Maka dari itu sebaiknya mulailah untuk aktif di berbagai media sosial populer Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya. Jalin komunikasi dengan para follower dan mulai promosikan produk yang ada toko online anda.

Baca Juga Tips Sukses Menjalankan Promosi Via Sosial Media

2. Tampilkan Testimoni dari Pelanggan

Testimoni atau pernyataan puas dari salah satu pelanggan yang pernah membeli produk kita dapat meyakinkan calon pembeli lain yang masih ragu untuk bertransaksi.

Bahkan jika testimoni tersebut diberikan oleh pelanggan dari kalangan public figur, artis, atau para ahli, tentunya akan memiliki kekuatan berlipat untuk menarik minat calon pelanggan.

Jadi ada baiknya saat kita berhasil melakukan penjualan, jangan lupa untuk meminta testimoni kepada para pembeli. Selain nantinya dapat ditampilkan pada online shop, kita pun dapat mengevaluasi jikalau ada pelanggan yang memberikan kritik.

Baca Juga Contoh Testimoni Yang Bisa Meningkatkan Penjualan Bisnis Online


3. Lengkapi Online Shop dengan Fitur yang Memudahkan Pelanggan

Selain tampilan website toko online yang harus menarik serta memudahkan pengunjung saat melihat produk hingga bertransaksi, kitapun dapat melengkapinya dengan fitur-fitur yang bisa membantu memudahkan pelanggan saat akan berbelanja.

Misalnya saja lengkapi website dengan fitur chat online sehingga pelanggan yang ingin bertanya mengenai barang yang di incarnya dapat dengan mudah menghubungi kita.

Upayakan juga website online shop kita dapat dibuka diberbagai perangkat dengan sempurna. Karena konsumen yang berbelanja bisa saja menggunakan perangkat yang berbeda-beda untuk berbelanja online dari mulai smartphone, tablet hingga laptop.

Baca Juga 5 Fitur Di Toko Online Yang Bisa Meningkatkan Penjualan

4. Dukung dengan Berjualan di Marketplace

Menjual barang di internet tidak hanya dapat menggunakan media toko online saja. Terdapat beberapa tempat lain yang juga efektif kita gunakan untuk berjualan di internet, salah satunya adalah berjualan online di Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya.

Meski kita telah memiliki toko online sendiri, bergabung untuk berjualan di marketplace bukanlah hal yang tidak boleh. Justru dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan online shop.

Marketplace di dunia nyata bisa di ibaratkan sebuah pusat perbelanjaan atau mall. Setiap hari akan banyak calon pembeli yang mencari berbagai macam barang didalamnya.

Baca Juga Manfaat Marketplace Internet Untuk Mengembangkan Usaha

5. Dapatkan Supplier Tangan Pertama

Untuk meningkatkan penjualan online shop jangan hanya terpaku pada strategi penjualannya saja, namun perlu perhatikan juga supplier yang kita miliki harus dapat menyediakan stok barang yang murah dan berkualitas. Hasilnya keuntungan yang bisa kita dapat nantinya akan lebih besar.

Untuk dapat supplier yang menyediakan harga termurah tentu saja kita harus dapat supplier tangan pertama, tidak melalui perantara.

Oleh karena itu sesekali kita perlu evaluasi kembali tempat kita membeli stok dangangan apakah sudah didapat penyedia yang paling murah menawarkan barangnya.

Baca Juga Tips Mencari Supplier Untuk Toko Online

Menjalankan bisnis dengan berjualan di online shop saat ini memang dapat dikatakan tidak mudah, salah satu sebabnya karena persaingan yang terjadi cukup begitu ketat. Semoga saja cara meningkatkan penjualan online shop diatas dapat bermanfaat untuk tetap bisa bertahan dan menghasilkan keuntungan dalam bidang bisnis ini.