Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Pelupa

Penyakit pelupa atau pikun tidak hanya bisa dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut saja, tak jarang mereka yang masih berusia muda juga sering mengalaminya.

Bagi mereka yang masih berusia produktif apalagi pebisnis, memiliki kebiasaan pelupa tentu bisa berakibat fatal kepada kegiatan yang sedang dijalankannya.

Bagaimana cara mengatasinya ?

Para pakar kesehatan menyatakan, pelupa diakibatkan karena menurunnya fungsi otak. Dan untuk mengatasinya sebenarnya dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dengan senantiasa melatihnya. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat agar anda terbebas dari kebiasaan pelupa.

Meningkatkan Daya Ingat

Hindari Kurang Tidur

Tidak hanya mengakibatkan menurunkan daya ingat, setelah malam dilewati dengan kurang tidur keesokan harinya dipastikan badan pun akan terasa lemas, letih hingga sulit untuk berkonsentrasi.

Maka sebisa mungkin hindarilah kurang tidur dimalam hari agar kemampuan otak tetap bisa bekerja dengan optimal dan terjauh dari penyakit pelupa.

Namun begitu bukan berarti jika banyak tidur otak kita akan menjadi lebih baik, pastikan tidur anda cukup yakni kurang lebih 6 hingga 8 jam setiap hari.

Manfaat lain yang bisa didapat dengan menjaga jadwal tidur secara teratur, kita pun akan mampu berpikir dan membuat keputusan dengan jauh lebih cepat.

Baca juga 5 Alasan Pebisnis Harus Rajin Bangun Pagi

Berolah Raga Secara Rutin

Manfaat dari berolah raga seluruhnya bisa didapat hanya jika kita menjalankannya secara rutin dan teratur. Tidak harus olah raga berat, asalkan rutin hanya dengan berjalan kaki saja setiap pagi sudah bisa membuat manfaat olah raga didapat dengan maksimal.

Manfaatnya tidak hanya secara fisik, dengan olah raga aliran darah dalam tubuh dapat bersirkulasi dengan lancar sehingga juga dapat membuat otak tetap bekerja dengan baik.


Tidak sampai di situ kegiatan ini juga mampu membuat kita berfikir lebih cepat, sehingga tidak heran jika banyak orang sukses yang selalu menjaga rutinitas olah raganya setiap hari.

Baca Juga Manfaat Olahraga Yang Membantu Capai Kesuksesan

Mengasah Otak

Jangan biarkan otak anda tidak bekerja dalam dalam waktu yang lama, karena nantnya otak akan sulit untuk diajak berpikir dan mengingat sesuatu hal.

Sempatkan dalam waktu luang untuk mengasahnya meski dengan kegiatan permainan, misalnya saja bermain catur, bermain game yang menuntut berstrategi, dan lain sebagainya.

Aktifitas lainnya yang juga dapat membantu mengasah otak seperti membaca, bermusik, menulis, atau belajar bahasa.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Asupan nutrisi yang kita konsumsi melalui makanan atau minuman juga turut memiliki andil yang besar dalam membantu meningkatkan daya ingat. Pasalnya agar dapat bekerja dengan baik otak pun perlu secara rutin diberikan makanan dengan gizi yang tinggi.

Diantara jenis makanan yang memiliki nutrisi yang baik untuk otak seperti daging ikan yang banyak mengandung omega 3, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Selain itu ada beberapa makanan dan minuman juga perlu kita hindari karena bisa berdampak kurang baik terhadap kerja otak, seperti minuman beralkohol dan makanan minuman berkadar gula tinggi.

Bersosialisasi dan Mencoba Hal Baru

Dibandingkan dengan menyendiri akan lebih baik jika kita lebih sering bersosialisasi dengan orang lain meski hanya mengobrol dan berkumpul bersama.

Aktifitas ini juga dapat membantu meningkatkan daya ingat karena pikiran akan terus bekerja saat berkomunikasi dengan lawan bicara. Sesekali mencoba melakukan kegiatan yang baru juga dapat membantu otak belajar lebih berkonsentrasi.

Baca Juga Pola Pikir Keliru, Yang Membuat Anda Sulit Sukses

Memiliki daya ingat yang tinggi memungkinkan kita dapat bekerja secara optimal dan efisien. Selain itu kita juga dapat terhindar dari kebiasaan pelupa yang merugikan. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda semua.