Cara Mudah Menghemat Pulsa Listrik Token Rumah

Biaya pengeluaran bulanan dalam sebuah rumah tangga tidak bisa dikatakan kecil, dari mulai yang rutin harus dikeluarkan seperti biaya listrik, air, telefon, kuota internet dan sebaginya hingga biaya aneka kebutuhan belanja harian.

Jika ditotalkan dalam satu bulan angkanya mungkin saja bisa membuat kita terkaget-kaget..

Setelah mengetahui besarnya biaya-biaya tersebut, mencoba untuk menghemat salah satunya merupakan langkah yang tepat. Pasalnya biaya tersebut selain besar, seiring waktu nilainya akan terus bertambah.

Salah satu contohnya ialah biaya listrik. Tarif Dasar Listrik atau disingkat menjadi TDL setiap tahun pasti mengalami kenaikan.

Belum lagi belakangan pelanggan listrik di Indonesia saat ini diarahkan untuk menggunakan listrik prabayar yang mana penggunanya diharuskan membayar terlebih dahulu menggunakan pulsa token, setiap transaksi pembelian pulsa tersebut terdapat biaya tambahan berupa biaya administrasi dan juga PPN.

Bagaimana caranya menghemat biaya listrik di rumah ? berikut ini beberapa tipsnya.

Baca Juga Artikel Pengeluaran Penting yang Sering Lupa Dipersiapkan

Cara Menghemat Pulsa Listrik Token Rumah

1. Manfaatkan Sumber Daya Alam Untuk Menghemat Listrik

Terdapat banyak sumber daya di alam ini yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, dengan pandai menggunakan sumber daya yang tersedia ini kitapun dapat manfaat hemat energi salah satunya ialah penggunaan listrik.

Seperti contohnya memanfaatkan terik sinar matahari untuk mengeringkan pakaian sehabis di cuci dibandingkan dengan harus menggunakan mesin pengering.

Contoh lainnya, yaitu mengurangi penggunaan pendingin ruangan atau AC disaat cuaca tidak begitu panas. Begitupula dengan mengupayakan sinar matahari menerangi rumah dibandingkan dengan harus menyalakan lampu di siang hari.

2. Sesuaikan Daya Listrik Rumah Dengan Kebutuhan


Daya listrik untuk satu rumah besarnya dapat bervariasi tergantung permintaan konsumen pada saat memasang kepada PLN, mulai 450 VA, 900, 1300, 2200 dan seterusnya.

Besaran daya tersebut sebaiknya dipilih sesuai kebutuhan agar nantinya dapat lebih hemat saat membayar biaya listrik. Pasalnya setiap besaran daya tersebut akan berbeda pada biaya beban per kwh listriknya.

Selain dapat dipilih saat mengajukan di awal pemasangan, besaran daya listrik pada rumah yang sudah terpasang juga dapat dirubah dinaikan atau diturunkan oleh pelanggan.

Oleh karena itu jika ingin menghemat biaya listrik rumah sesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai menggunakan daya listrik yang jauh lebih besar dari pada kebutuhan.

3. Gunakan Lampu Hemat Listrik

Lampu menjadi salah satu sumber pengeluaran biaya listrik dirumah menjadi besar, selain kita harus rajin mematikan lampu yang tidak dibutuhkan, mulai sekarang usahakan untuk menggunakan jenis lampu yang hemat penggunaan listriknya.

Jenis lampu yang paling irit menggunakan listrik saat ini ialah lampu berteknologi LED (Light Emitting Diode). Kelebihan jenis lampu ini diantaranya memiliki pencahayaan yang sama bahkan lebih terang dibandingkan lampu pijar atau neon biasa, dengan besaran watt daya yang jauh lebih kecil.

4. Gunakan Televisi LED

Serupa dengan lampu, teknologi televisi terkini yakni LCD juga menawarkan salah satu kelebihan lebih ramah terhadap penggunaan listrik. Apalagi penggunaan televisi dalam rumah tangga juga sering kali digunakan dalam waktu lama.

5. Hidari Isi Pulsa Token Listrik Secara Eceran

Seperti disinggung di awal, pelanggan yang menggunakan listrik prabayar akan membutuhkan pembelian pulsa token agar listrik bisa terus digunakan. Dengan sistim ini pelanggan juga dibebani dengan biaya admin, ppn, pajak penerangan jalan dan sebagainya di setiap transaksi pembelian pulsa.

Oleh karena itu ada baiknya jika dalam membeli pulsa token listrik hindari membeli secara eceran atau sedikit demi sedikit. Karena tentunya akan lebih sering bertansaksi dan otomatis biaya-biaya tambahan tersebut akan lebih sering di keluarkan.

Misalnya saja biaya kebutuhan listrik rumah dalam satu bulan ialah 200 ribu, dibandingkan dengan mengisi setiap satu minggu sekali sebesar 50 ribu, akan lebih hemat jika setiap awal bulan sekaligus membeli pulsa token sebesar 200 ribu.

Baca Juga Cara Bijak Berhemat Pengeluaran Bulanan

Semoga saja beberapa cara menghemat biaya listrik token rumah diatas bisa membantu pembaca semua dalam memangkas biaya rutin rumah tangga bulanan.