Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel, PC atau Laptop

Dengan adanya internet banyak berbagai macam kebutuhan yang dapat terbantu terselesaikan dengan praktis. Seperti menggali berbagai informasi, berita, hingga mengerjakan berbagai tugas, semua dapat dikerjakan melalui media ini. Tidak hanya itu, kita ketahui juga dunia maya ini dapat menjadi ladang untuk berbisnis. Tidak terhitung jumlahnya sekarang ini para pengusaha sukses dibidang internet yang terus bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

Meski begitu, untuk mengakses internet tentulah tidak gratis. Selain harus memiliki perangkat yang dapat digunakan seperti smartphone, laptop atau PC, penggunanya juga wajib memiliki kuota untuk dapat terhubung ke internet

Itu berarti sejumlah biaya ekstra untuk membeli kuota harus dipersiapkan jika ingin terus lancar berinternetan setiap saat. Namun celakanya, harga kuota internet ini terhitung tidaklah murah dan sulit dijangkau bagi beberapa kalangan.

Selain dengan memanfaatkan akses Wifi gratis, tidak ada cara lain lagi untuk berselancar didunia maya jika tidak dengan cara membeli kuota internet. Mengingat harganya yang lumayan cukup bisa menguras kantong, ada baiknya jika kita mengusahakan penggunaan kuota ini sehemat mungkin agar biaya pengeluaran tidak terlalu membengkak.

Bagaimana caranya ? Berikut cara menghemat kuota internet yang bisa kita terapkan sehari-hari.

Cara Menghemat Kuota Internet

Pergunakan Internet Sesuai Kebutuhan

Bagitu banyaknya aktifitas yang dapat dilakukan dalam dunia maya terkadang membuat penggunanya terlena sehingga tak terasa mengakses situs-situs yang padahal tidak berkaitan dengan kebutuhannya. Tentunya hal ini menjadikan kuota terbuang dengan percuma bukan ?

Maka dari itu sebisa mungkin fokus dengan keperluan yang dibutuhkan terlebih dahulu dalam berinternet. Selebihnya jika terdapat kuota berlebih barulah sesekali dapat menggunakannya untuk aktifitas lain.

Gunakan Browser yang Ramah Kuota

Browser dipergunakan sebagai gerbang utama untuk kita menjelajah luasnya dunia internet. Beragam browser yang dapat dipilih baik itu untuk dipergunakan pada PC atau laptop dan juga smartphone baik berOS android atau iOS. Dan perlu kita ketahui juga ternyata setiap browser yang kita perguanakan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ada yang mengutamakan performa ada pula yang menawarkan kelebihan irit dalam penggunaan kuota.

Salah satunya seperti Chrome yang merupakan browser hasil kreasi Google. Didalamnya terdapat fitur yang memungkinkan pengguna dapat memangkas penggunaan kuota hingga lebih hemat dari biasanya.

Non Aktifkan Fitur Update Aplikasi Otomatis

Update secara otomatis memang penting untuk memaksimalkan fungsi aplikasi yang ada pada perangkat agar dapat berjalan dengan maksimal dan mendapatkan fitur-fitur baru ataupun perbaikan bug. Namun disisi lain, update otomatis juga seringkali menjadi biang utama habisnya kuota internet yang mungkin saja tidak disadari penggunanya.

Advertisement

Oleh karenanya agar tidak kecolongan fungsi update otomatis sebaiknya dinon aktifkan jika ingin penggunaan kuota lebih hemat. Agar tidak ketinggalan updatean, kita bisa sesekali memeriksanya secara manual. Setelah itu barulah lakukan update jika benar-benar aplikasi tersebut dibutuhkan.

Ketahui Aplikasi Atau Game yang Boros Kuota

Terutama untuk para pengguna ponsel pintar berOS android dan lainnya, berbagai aplikasi dan game yang terinstal ada kalanya dapat menghabiskan kuota internet dengan cukup besar, apalagi yang didalamnya banyak berisi konten-konten gambar serta video. Untuk cara mengetahuinya, smartphone saat ini biasanya telah dilengkapi dengan statistik penggunaan kuota, sehingga dengan mudah kita dapat mengetahui aplikasi mana yang paling menghabiskan.

Beberapa aplikasi populer yang banyak diperguanakan saat ini, sudah banyak yang menawarkan versi ringan atau melengkapinya dengan fitur penghemat kuota. Misalnya saja aplikasi media sosial Facebook yang ada versi ringannya yaitu Facebook lite, atau Instagram yang menyediakan fitur penghemat didalamnya, begitu pula Youtube yang baru-baru ini merilis Youtube Go untuk penggunaan yang lebih ringan.

Baca Juga Keuntungan Dan Manfaat Internet Bagi Para Pengusaha

Batasi Aplikasi Yang Berjalan di Background

Smartphone masa kini memiliki fungsi yang canggih diantaranya dapat sekaligus membuka beberapa aplikasi atau game secara bersamaan atau disebut juga mulitasking. Aplikasi yang tidak sedang dipergunakan dapat disimpan tanpa menutupnya secara total sehingga saat dibutuhkan kembali dapat diakses dengan lebih cepat.

Sangat memudahkan memang, namun perlu diperhatikan aplikasi yang tidak menutup tersebut dapat secara otomatis merefresh halamannya sendiri agar dapat memberikan informasi terbaru, proses tersebut tentu saja memakan sejumlah kuota internet. Solusinya jika ingin berhemat tentu non aktifkan fitur ini, namun resiko yang harus ditanggung adalah informasi terbaru dari aplikasi tidak bisa dengan cepat kita ketahui.

Baca Juga Cara Bijak Berhemat Pengeluaran Bulanan

Matikan Pelacak Lokasi Saat Tidak Diperlukan

Dengan kecanggihan yang ada pada ponsel pintar jaman sekarang perangkat ini juga memiliki fitur GPS atau Global Positioning System. Salah satu gunanya adalah untuk menentukan lokasi secara instan dengan bantuan sinyal satelit. Dengan adanya GPS juga dapat memudahkan kita saat mencari alamat atau tempat yang akan dituju saat menggunakan aplikasi maps.

Sudah bukan rahasia lagi dengan kemampuannya ini, penggunaan kuota internet dapat dengan cepat terkuras habis saat fitur pelacak lokasi ini diaktifkan. Maka ada baiknya jika saat tidak digunakan fitur GPS dapat kita non aktifkan sementara. Jika dibutuhkan seperti misalnya saat mencari alamat dalam perjalanan, kita dapat mengaktifkannya.

Baca Juga Aplikasi Android Penghasil Uang, Bisa Dicoba Sekarang Juga !

Itulah beberapa cara menghemat kuota internet yang dapat dicoba sekarang juga. Anda dapat menerapkan seluruhnya ataupun beberapa diantaranya sesuai dengan kebutuhan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat…