Cara Menggali Testimoni Positif Dari Konsumen

Testimoni di dunia usaha online ibarat titik kritis yang berpengaruh sangat besar terhadap minat beli konsumen. Saking pentingnya peran testimoni atau testimonial bagi sebuah pemasaran usaha atau bisnis, tak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan ruang-ruang testimonial di media online.

Di ruang-ruang tersebut seperti halnya kolom komentar, form, screenshot, ataupun laman khusus testimonial, semuanya itu adalah fasilitas yang dirancang by design salah satunya untuk keperluan pemasaran.

Tak hanya bagi pihak konsumen yang diuntungkan (karena merasa dapat referensi), tapi juga pihak pelaku usaha, karena dengan mudahnya mereka bisa membangun citra usaha tanpa harus sewa space iklan. Itulah sekilas tentang peran penting testimoni!

Nah, pertanyaanya, selama anda menjalankan usaha via media online sudahkah anda menyadari itu semua? Atau malah diam-diam saja dan tidak menaruh perhatian besar terhadap testimoni konsumen?

Jangan sia-siakan testimoni konsumen, karena apapun itu bentuknya (negatif atau positif) pada dasarnya sangat berperan dalam memajukan usaha anda.

Beberapa manfaat testimoni diantaranya adalah:

  • Sebagai bahan pembuatan materi iklan
  • Referensi bagi calon konsumen lain
  • Media pemasaran gratis (referensi)
  • Sebagai bahan evaluasi (testimoni negatif / positif)

Dalam artikel ini kita akan berbagi tips terkait cara menggali testimoni konsumen / cara mendapatkannya dan mengolahnya menjadi bahan pertimbangan yang bisa saja sangat penting bagi usaha.

Baca Juga Contoh Testimoni Yang Bisa Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Ajak Interaksi Konsumen

Tidak semua konsumen memiliki cukup waktu untuk meninggalkan coretan testimoni atas barang ataupun jasa yang telah mereka beli melalui media online entah itu marketplace, media sosial, website ataupun lainnya meskipun sebenarnya mereka merasa puas atas manfaat dari transaksi tersebut.


Anda sebagai pelaku bisnis harus merelakan waktu untuk jemput bola untuk mendapatkan testimoni dari konsumen tersebut. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menggali testimoni konsumen. Yang pasti pilih jalur komunikasi dan waktu yang tepat.

Pilih Waktu dan Jalur Interaksi yang Tepat

Jalur interkasi bisa melalui fitur chat, sms, WhatsApp, E-Mail, ataupun langsung by video call jika itu dirasa memang dibutuhkan. Jangan lupa menentukan waktu yang tepat agar konsumen benar-benar fokus terhadap apa yang anda inginkan.

Caranya, anda harus minta izin atas waktu yang ingin anda gunakan. Dengan cara yang sopan dan profesional, 99% konsumen akan mau memberikan testimoni. Sabar dan hubungi konsumen di lain waktu jika di saat itu mereka sedang sibuk.

Tanggapi Testimoni Dengan Antusias dan Serius

Setiap testimoni bisa anda olah menjadi materi berharga, oleh karena itu anda harus menanggapi testimoni konsumen dengan antusias dan serius (meski secara bahasa anda tidak harus menggunakan bahasa formal dan baku).

Terkadang mereka hanya menggunakan kata-kata pendek seperti ‘sip’, ‘puas sekali’, dan ‘mantab’ untuk mengungkapkan kepuasannya.

Jika anda menanggapi dengan penuh antusias, mungkin saja mereka akan menulis testimoni lebih detail lagi (dan referensi seperti ini sangat dibutuhkan oleh calon konsumen lain).

Respon Testimoni Negatif Dengan Hal Positif

Hal positif bisa merubah hal-hal negatif dan juga sebaliknya. Sementara itu apa yang ada di dunia ini tidaklah ada yang 100% sempurna.

Oleh karena itu, anda harus bersikap profesional. Jika ada testimoni negatif, maka segera kejar dan ubah menjadi testimoni positif, walau terkadang kita butuh sedikit berkorban.

Tempatkan Testimoni Di Tempat yang Tepat

Ini tidak berlaku untuk marketplace karena disana sudah ada space testimoni dalam bentuk kolom ulasan, penilaian atau review pembeli.

Khusus bagi anda yang memilih media pemasaran jalur lain seperti Instagram, Facebook, atau malah website, maka anda harus menempatkan dan mengemas testimoni dari pembeli senatural mungkin (tanpa edit) agar mudah ditemukan dan mudah dipahami oleh calon konsumen lain.