Cara Mengambil Uang Kiriman Western Union

Mengirim uang melalui Western Union masih banyak diandalkan banyak orang baik untuk tujuan kiriman dalam negri atau luar negri. Cara pencairan yang cukup mudah serta banyak tempat yang dapat dipilih untuk pengambilannya, membuat perusahaan layanan pengiriman uang yang satu ini populer di masyarakat.

Western Union sendiri adalah sebuah perusahaan yang cukup besar dan memiliki banyak kantor perwakilan di banyak negara. Tercatat WU telah memiliki kantor cabang di 200 negara dengan jumlah lebih dari 500 ribu agen, sehingga tentu perusahaan ini sangat terpercaya untuk menangani keperluan pengiriman uang dengan aman.

Langsung saja kita jelaskan pokok bahasan artikel kali ini, bagaimana cara mengambil uang kiriman dari Western Union serta dimana saja lokasi tempat pengambilannya ? Berikut ini kami uraikan dengan lengkap.

Cara dan Syarat Mengambil Uang di Western Union

Sebelumnya ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan untuk mencairkan uang di Western Union, hendaknya persyaratan berikut ini lengkapi terlebih dahulu agar pengambilan uang dapat dilakukan dengan lancar.

Perlu diketahui juga cara dan syarat ini berlaku untuk pengambilan dimana pun asalkan tempat tersebut menjalin kerja sama dengan WU.

Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipersiapkan :

  • Kartu identitas penerima (tidak bisa diwakilkan) bisa KTP atau SIM dan fotokopinya
  • Membawa informasi nama lengkap dan asal negara pengirim
  • Mengetahui perkiraan jumlah uang yang dikirim (opsional)
  • Membawa Nomer MTCN (Money Transfer Control Number)

Jika syarat tersebut sudah anda miliki, selanjutnya berikut langkah mengambil uang kiriman dari Western Union.

1. Pastikan Uang Telah Dikirim dan Minta No MTCN

Nomer MTCN menjadi poin utama untuk pencairan dana di WU, nomer ini berfungsi layaknya pin atau password yang harus diketahu penerima untuk bisa mengambil uang kirimannya.

Oleh karena itu, langkah paling awal yang harus dilakukan adalah memastikan uang telah dikirimkan dan mintalah nomer MTCN kepada pengirim.

2. Mengisi Formulir Penerimaan

Selanjutnya datangi agen western union dan sampaikan kepada petugas bahwa akan melakukan pengambilan dana, lalu anda akan diminta mengisi formulir pengambilan seperti gambar dibawah ini.

Formulir pengambilan uang di western union

Data yang diminta antara lain nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pekerjaan serta nomer telefon yang dapat dihubungi. Anda juga diharuskan mengisi alamat lengkap sesuai KTP serta alamat domisili atau alamat tinggal saat ini.

Di kolom kanan sebelah bawah adalah data pengirim berupa nama lengkap dan nama kota, propinsi dan negara asal pengiriman.

Setelah data-data di isi dengan lengkap serahkan kembali formulir tersebut kepada petugas, lalu selanjutnya anda akan diminta menyebutkan nomer MTCN.

3. Tunggu Proses Validasi dan Pencairan

Jika data yang kita diberikan telah sesuai dengan data yang dimiliki petugas, maka dalam waktu yang tidak lama uang sudah bisa dicairkan.

Tempat Pengambilan Western Union

Western Union memiliki banyak agen yang diajak bekerja sama untuk bisa melakukan pengambilan ataupun pengiriman uang. Dengan begitu kita bisa memilih dimana lokasi tempat pengambilan yang paling mudah dijangkau.

Agen yang bekerja sama dengan WU umumnya memiliki spanduk atau logo Western Union ditempatnya.

Sejauh pengalaman kami dalam mencairkan uang di western union, paling mudah dan cepat adalah melalui kantor pos. Karena memiliki kantor yang cukup banyak dan tersebar hingga pelosok negara kita, seharusnya kantor pos juga mudah dijangkau dari tempat anda.

Namun begitu, selain kantor pos masih banyak juga tempat lain yang bisa kita datangi untuk melakukan pencairan ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bank Syariah Mandiri
  • Bank Jabar Banten (BJB)
  • Kantor Pegadaian
  • Maybank
  • MNC Bank
  • Bank BPD
  • Bank Danamon

Itulah ulasan mengenai cara mengambil uang di Western Union semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda semua.