Cara Menentukan Harga Produk Yang Perlu Kita Cermati

Hal pertama yang diperhatikan oleh konsumen adalah harga. Ketika harga suatu produk semakin mahal maka konsumen atau pembeli pun akan berpikir dua kali untuk membelinya. Sebaliknya, semakin murah harga produk maka pembeli pun akan berdatangan. Inilah pola pikir pembeli di Indonesia. Pola pikir seperti ini hendaknya diketahui oleh setiap penjual agar dapat mempersiapkan strateginya.

Untuk memenangkan pasar, sebagai penjual anda harus cermat dalam menentukan harga barang yang anda jual. Dan berikut adalah beberapa landasan yang harus anda perhatikan sebelum menentukan harga jual produk tertentu.

Aspek Produksi

Aspek produksi merupakan aspek yang termudah dalam menentukan harga suatu barang. Artinya, biaya yang anda tentukan adalah mengacu dari harga produksi barang. Cara yang satu ini cukup sederhana. Cukup dengan menghitung total biaya produksi kemudian menambahkan jumlah keuntungan yang tidak terlalu tinggi dari harga produksi maka terciptalah harga jual suatu produk.

menentukan harga produk

Advertisement

Sebagai contoh sederhana, ketika harga produksi gula per kilo adalah Rp.10.000 maka anda bisa saja menambahkan biaya lain, seperti biaya tenaga kerja dan juga keuntungan yang akan kita ambil. Kemudian anda menemukan total biaya penambahan tersebut adalah Rp.5000. Maka anda bisa saja menjual gula tersebut dengan harga Rp.15.000.

Aspek Persaingan

Sebagai penjual barang yang masih baru tentu masih kesulitan dalam menentukan harga. Namun, sebenarnya untuk menentukan hal tersebut tidak begitu sulit. Prinsipnya, anda bukanlah penjual pertama atau satu-satunya dalam suatu pasar. Untuk itu anda bisa memperhatikan penjual lain dan melihat harga-harga barang yang mereka tentukan.

 

Namun, hal yang perlu diperhatikan ialah harga yang anda tentukan jangan terlalu tinggi dari pada penjual lainnya. Sebab, hal ini justru akan membuat pembeli anda memilih orang lain. Sebisa mungkin anda menjualnya dengan harga yang sama atau lebih rendah daripada penjual lainnya.

Sebelum menentukan harga jual sebaiknya anda menerapkan harga yang paling rendah. Artinya, anda harus menjual suatu barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk orang lain. Sebenarnya inilah langkah awal dalam menjaring pembeli.

Maksud dari menjual dengan harga lebih rendah tentu tidak sampai merugi. Anda masih bisa mengambil keuntungan dari harga jual. Akan tetapi keuntungan yang anda dapatkan tidak terlalu besar. Prinsipnya anda harus sedikit mengalah demi mendapatkan pembeli.