Tips Cara Mendapatkan Pinjaman Uang dari Bank Dengan Cepat

Untuk mendapatkan pinjaman uang dari bank dapat dikatakan susah-susah gampang. Ada sebagian orang yang dapat dengan mudah saja tanpa repot mempersiapkan berbagai hal, pinjaman dengan cepat bisa didapatkan. Namun sebaliknya tidak sedikit juga orang yang telah menempuh waktu lama untuk melakukan pengajuan, akan tetapi pinjaman tetap tidak kunjung datang.

Hal seperti ini bisa terjadi dikarenakan penilaian dari pihak bank kepada pemohon pinjaman tidak dilakukan sembarangan. Banyak faktor yang akan mereka nilai untuk menentukan apakah orang tersebut layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Paling utama tentu saja apakah reputasi sang pemohon dalam mengelola pinjaman. Track dan record pinjaman-pinjaman sebelumnya baik kepada bank yang bersangkutan atau ke lembaga pinjaman lainnya akan di evaluasi secara seksama. Satu saja didapat riwayat yang buruk, bukan tidak mungkin pengajuan kita akan langsung ditolak.

Selain itu, kondisi keuangan pemohon pinjaman juga akan menjadi sorotan utama berikutnya. Bank bisa menilai, apakah orang tersebut jika diberikan pinjaman akan mampu mengembalikan dengan tepat atau tidak. Begitupun dalam hal nilai besaran uang yang bisa diberikan, nilainnya tentu harus sesuai dengan kemampuan keuangan agar tidak memberatkan.

Lalu apa yang bisa kita upayakan agar pinjaman didapatkan, berikut ini diantaranya tips cara mendapatkan pinjaman uang dari bank dengan cepat.

Cara Mendapatkan Pinjaman Uang

Jaga Reputasi dengan Baik

Seperti yang diawal tadi disampaikan, bank dapat memeriksa riwayat-riwayat tempo dulu mengenai pinjaman. Maka syarat utama paling awal yang harus kita miliki adalah memiliki reputasi nama yang baik dan belum pernah memiliki histori tunggakan pinjaman yang tidak mampu diselesaikan.

Namun sebaliknya jika justru kita memiliki riwayat menyelesaikan pinjaman ke bank atau lembaga lain dengan tepat, hal ini akan membuat reputasi kita mendapatkan poin lebih yang bisa membantu meyakinkan pihak bank.

Perlihatkan Kondisi Keuangan yang Sehat

Advertisement

Bukan berarti kita mengelabui pihak bank agar didapat penilaian yang baik, melainkan tetap harus jujur dan terbuka karena nantinya akan berimbas untuk kebaikan kita sendiri. Maksud dari perlihatkan kondisi keuangan yang baik disini adalah sebisa mungkin kita libatkan penggunaan rekening tabungan dalam melakukan pengeluaran dan pemasukan uang.

Pasalnya, dari jalan inilah salah satunya bank memantau dan memutuskan kondisi keuangan yang sehat. Jika rekening aktif, transaksi keluar dan masuk uang banyak tercatat, serta posisi saldo atau sisa uang tersisa maksimal, maka hal ini juga akan menambah poin yang bisa memudahkan pemberian pinjaman.

Terlebih jika kita berencana mendapatkan pinjaman uang dari bank untuk usaha, kondisi keuangan yang sehat ini menjadi sangat penting untuk dipenuhi. Selain transaksi keuangan di rekening, pinjaman untuk usaha juga akan diperlukan pembukuan keuangan perusahaan dengan lengkap dan jelas.

Persiapkan Dokumen Persyaratan Dengan Lengkap

Untuk pinjaman perorangan, dokumen yang diperluakan umumnya seperti KTP, kartu keluarga dan sebagainya, syarat dapat berbeda-beda tergantung bank. Untuk anda peminjam berbentuk badan usaha maka dokumen legalitas usaha juga mutlak diperlukan.

Persiapkan Jaminan Pinjaman

Tergantung dari jenis pinjaman apa yang kita ajukan, beberpa jenis pinjaman ada yang mengharuskan pemohonnya memiliki jaminan dan ada pula pinjaman yang tidak membutuhkan jaminan apapun.

Khusus pinjaman dengan jaminan, kita tentu harus bisa memperlihatkan surat-surat yang menyatakan bahwa barang tersebut adalah resmi milik kita. Misalnya saja sertifikat rumah, surat kepemilikian kendaraan dan lain sebagainya.

Nilai barang yang dijadikan jaminan akan menjadi patokan bank juga untuk menentukan besaran pinjaman yang bisa diberikan. Umumnya tentu saja nilai pinjaman tidak melebihi nilai jaminan. Meski begitu, untuk beberapa orang yang telah memiliki penilaian bagus dimata bank mungkin saja besar pinjaman bisa melebihi nilai jaminannya.

Baca Juga Artikel :

Itulah beberapa tips cara mendapatkan pinjaman uang dari bank dengan cepat. Perlu di ingat penggunaan pinjaman sebaiknya digunakan untuk keperluan yang penting bukan untuk pengeluaran konsumtif. Karena tidak sedikit orang yang tidak mampu melunasi pinjamannya karena penggunaannya tidak tepat sehingga berahir dengan terlilit hutang.