Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya

Pelanggan tentu menjadi hal yang penting harus di miliki setiap bidang usaha yang anda jalankan, tanpa kehadiran pelanggan maka usaha anda tidak akan sanggup bertahan dan mendapatkan keuntungan.

Jika suatu usaha tidak memiliki pelanggan yang banyak berarti hanya mengandalkan datangnya pembeli baru saja, dan itu menandakan konsumen yang membeli barang atau jasa yang anda jual tidak mendapatkan kepuasan, sehingga hanya sekali saja berbelanja atau mengunakan jasa anda.

Indikasi adanya kepuasan dari pembeli salah satu satunya adalah pembeli itu kembali ke tempat anda untuk berbelanja barang lainnya, begitu seterusnya.Sehingga jika sudah begitu pembeli tersebut telah menjadi pelanggan anda.

Dengan memiliki banyak pelanggan maka usaha anda akan selalu berkembang, contohnya misalkan sebuah toko mebel, seorang konsumen membeli lemari, karena lemarinya berkualitas dan berharga murah si konsumen dalam beberapa minggu kembali ke toko mebel tersebut untuk membeli kursi misalnya, asumsinya jika lemari yang pernah di beli di toko tersebut berkualitas bagus, maka barang dagangan lainnya juga sama berkualitas, sehingga terjadi lagi penjualan untuk toko mebel tersebut.

Dengan menjaga kualitas secara terus menerus si pelanggan yang sudah biasa membeli juga akan memberikan rekomendasinya kepada rekan-rekan yang lain. Sehingga dapat dibayangkan jika dari 1 orang pelanggan saja bisa menghasilkan penjualan yang banyak apalagi jika anda mempunya ratusan pelanggan, usaha semacam itu yang bisa bertahan hingga puluhan tahun bahkan menghasilkan cabang usaha baru.

cara mendapatkan pelanggan

Jaga Kualitas Produk Anda

Langkah paling awal agar usaha anda mendapatkan pelanggan yang loyal adalah dengan menjual barang atau jasa yang betul-betul berkualitas, karena dari sinilah dimulai proses pembeli anda menjadi pelanggan tetap.

Jika barang atau jasa yang anda jual tidak berkualitas tidak akan mungkin pembeli datang untuk berbelanja untuk kedua kali, bahkan anda akan mengalami kerugian karena si pembeli yang tidak puas akan berasumsi semua barang atau jasa anda tidak berkualitas, walaupun misalnya hanya sebagian barang saja yang tidak berkualitas.

Dan belum sampai disitu, mereka juga akan merekomendasikan kepada rekannya bahwa barang anda tidak berkualitas. Sangat merugikan bukan ?

Advertisement

Cara menjaga kualitas produk anda tentu saja dengan quality control yang ketat, jika usaha anda memproduksi produk sendiri harus di perhatikan dari mulai bahan baku sampai menjadi produk siap jual. Jika anda sebagai distributor maka harus perhatikan supplier agar benar-benar barang yang dijual adalah yang berkualitas.

Dengan menjaga kualitas produk anda, maka dengan otomatis akan menjaring pembeli menjadi pelanggan tetap anda.

Berikan Layanan Terbaik

Setelah anda mempunyai produk berkualitas selanjutnya adalah memeberikan pelayanan yang maksimal kepada pembeli. Pelayanan yang baik dimulai dari saat pembeli datang ke tempat kita, sampai produk di pakai oleh pembeli, kita harus memberikan support kepada produk yang dijual tersebut. Contoh nya saat anda membeli gadget, biasa nya anda diberikan garansi selama 1-2 tahun, itu salah satu pelayanan yang di berikan oleh pelaku usaha.

Pernahkah anda memperhatikan jika berbelanja di suatu toko, pemilik toko dengan pembeli ada kalanya sangat akrab mengobrol, yang dibicarakan bisa apa saja, bisa mengenai barang yang di belinya sampai membicarakan yang tidak berhubungan sama sekali dengan barang yang di beli. Itu juga salah satunya upaya dari memberikan pelayanan yang baik, Dengan obrolan yang terjalin biasanya pembeli merasa lebih akrab dengan penjual, sehinnga berlanjut dengan transaksi.

Selain itu bisa juga memberikan pelayanan kepada pembeli dengan cara kemudahan bertransaksi misalnya, buat agar cara pembayaran semudah mungkin dan fleksible mengikuti ke inginan pembeli, seperti pembayaran bisa cash atau dengan menggunakan kartu debit, atau pembayaran bisa dilakukan dengan tempo dengan syarat dan ketentuan yang sudah diatur. cara-cara seperti itu akan memudahkan bagi pembeli.

Berikan Pelayanan Ekstra Untuk Pelanggan

Dan jangan lupakan juga agar pelanggan tetap berlangganan kepada anda harus di berikan penghargaan apalagi jika sudah berhubungan dalam jangka waktu yang lama. maksudnya agar selalu terjalin hubungan yang baik antara anda dan pelanggan sehingga akan memberikan keuntungan yang terus menerus. misalnya, dengan cara memberikan diskon khusus untuk pelanggan yang sudah sering membeli produk atau jasa anda, atau bisa juga menjadikannya member misalnya, khusus member nanti ada hadiah khusus.

Coba anda perhatikan saat belanja di alfamart, pernahkah anda di tawari menjadi member, yang keuntungannya jika menjadi member bila berbelanja berikut nya akan mendapatkan diskon khusus, dan selain itu juga di berikan poin jika berbelanja, yang nantinya poin bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah. Itu adalah suatu cara untuk menarik pelanggan agar berbelanja lagi ke tempat anda.