Tips Cara Mendapatkan Tambahan Modal Usaha Hingga 50 Juta

Modal menjadi salah satu faktor krusial yang dapat mempengaruhi berkembang atau tidaknya sebuah usaha. Dimulai saat akan memulai sebuah usaha, hingga nantinya usaha sedang berjalan pun tambahan modal seringkali dibutuhkan.

Hal tersebut sudah menjadi rintangan wajib yang harus dihadapi sebagian besar para pebisnis untuk mencapai kesuksesannya. Besar kecilnya jumlah modal yang dibutuhkan tentunya bergantung dengan skala bisnis yang dijalankan.

Lalu upaya apa saja yang bisa dilakukan seorang pengusaha untuk mendapatkan tambahan modal guna memperbesar bisnisnya ?

Pada artikel kali ini akan kami berikan tips bagaimana cara mendapatkan tambahan modal usaha hingga 50 juta yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan usaha.

Cara Mendapatkan Modal 50 Juta

Ajak Rekan, Teman Ataupun Saudara Untuk Menjadi Investor

Sebelum melangkah lebih jauh untuk mendapatkan modal, ada baiknya kita upayakan terlebih dahulu orang-orang sekitar untuk menjadi investor yang menanamkan modalnya pada bisnis kita. Orang sekitar tersebut misalnya seorang teman atau rekan hingga mungkin saja kita ajak sanak saudara, dan lain sebagainya.

Mengapa ada baiknya mendapatkan modal dari mereka ?

Salah satu alasannya ialah kita tidak akan canggung lagi untuk berkomunikasi dengan mereka. Bahkan bisa saja kita mendapatkan saran atau kritik yang bermanfaat untuk membantu membangun bisnis menjadi lebih baik kedepannya.

Selain itu pengembalian uang modal beserta pembangian keuntungan pun akan dapat dibicarakan secara kekeluargaan.

Meski begitu untuk mendapatkan modal dari mereka tentunya sebelumnya kita harus mau terbuka mengenai seluk beluk usaha yang sedang dijalankan. Bahkan mungkin saja mereka yang mau menanamkan modalnya, ingin ikut terjun terlibat dalam bisnis kita.

Dan yang perlu juga menjadi perhatian, jika nantinya modal bisa didapat dari orang terdekat, bukan berarti kita dapat menggunakannya dengan seenaknya. Tetap modal harus kita kelola dengan mengkedepankan kejujuran serta tetap tekun menjalankan usaha.

Mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Selanjutnya jika orang terdekat tidak memungkinkan untuk memberikan pinjaman modal, kita bisa upayakan ke pihak luar. Namun jangan dulu buru-buru memilih jenis pinjaman yang mewajibkan kita menyimpan agunan, karana sekarang ini ada yang namanya pinjaman Kredit Usaha Rakyat atau yang biasa disingkat KUR.


Program pinjaman yang satu ini patut dipilih para pengusaha karena memang didukung pemerintah untuk memajukan sektor usaha kecil dan menengah. Besaran modal yang bisa di dapatkan kisaran 5o juta hingga 100 jutaan.

Sayarat umum yang bisa diperlukan untuk mendapatkan modal dari KUR diantaranya kita perlu mempersiapkan dokumen-dokumen seperti KTP dan kartu keluarga, Surat legalitas usaha diantaranya NPWP dan SIUP, Surat keterangan dari wilayah setempat, dan tentu saja Surat Ijin Usaha.

Manfaatkan Kartu Kredit Untuk Mendapatkan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Jika keseharian anda sudah tidak asing lagi dengan penggunaan kartu kredit, bisa kita upayakan juga untuk memanfaatkannya agar mendapatkan Kredit Tanpa Agunan atau yang biasa disingkat dengan KTA.

Syarat utama untuk mendapatkannya diantaranya kartu kredit sudah biasa digunakan selama minimal satu tahun dengan lancar. Dan syarat lain umumnya kartu kredit harus memiliki limit tertentu. Jika memenuhi syarat, pinjaman uang hingga sebesar 50 juta bisa didapatkan untuk tambahan modal usaha.

Mengajukan Pinjaman dengan Agunan Ke Bank

Jika satu dan lain hal pinjaman diatas kita tidak bisa didapatkan, upaya lainnya bisa kita tempuh dapatkan pinjaman dari bank ataupun lembaga pinjaman lainnya dengan menggunakan Agunan atau jaminan.

Umumnya pinjaman dengan agunan ini lebih mudah didapatkan dengan nilai yang setara jaminan yang kita berikan. Sebagai agunan kita bisa gunakan seperti kendaraan, serifikat rumah dan sebagainya.

Perlu diperhatikan sebelum melangkah mengajukan pinjaman dengan agunan kita perlu pastikan penggunaan modal nantinya dengan sangat hati-hati. Perlu analisa yang matang terlebih dahulu apakah dengan tambahan modal nantinya bisnis akan bisa lebih berkembang.

Baca Juga Artikel :

Itulah beberapa tips dari kami mengenai bagaimana cara mendapatkan modal hingga sebesar 50 juta sebagai tambahan modal usaha. Apapun cara yang akan anda pilih yang perlu menjadi perhatian adalah penggunaan modal hendaknya dikeluarkan dengan bijaksana. Jangan sampai digunakan untuk hal yang tidak berhubungan dengan pengembangan usaha, karena nantinya bisa saja malah dapat memperburuk kondisi keuangan.