Cara Menanam Pepaya California Agar Panen Banyak

Masyarakat di Indonesia tentu saja sudah sangat akrab dengan buah pepaya, pasalnya jenis buah yang satu ini sangatlah populer untuk dikonsumsi. Pepaya sendiri merupakan salah satu jenis buah tropis yang berasal dari kawasan Meksiko bagian selatan dan Nicaragua yang mana kemudian jenis buah ini mulai menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tanaman papaya memiliki banyak varietas, salah satunya adalah pepaya California yang merupakan varietas unggul.

Pepaya California memiliki ciri khas batang pohonnya yang tidak terlalu tinggi yakni hanya 1,5 hingga 2 meter saja sehingga mempermudah proses pemetikan, jenis pepaya ini bisa dipanen dalam waktu 8 sampai 9 bulan yang mana bisa terus dipanen hingga umurnya mencapai 4 tahun.

Pepaya California dikenal memiliki daging buah yang manis sehingga disukai banyak orang. Tingginya permintaan pasar terhadap pepaya ini membuat banyak orang ingin membudidayakannya, berikut ini akan kami ulas cara menanam pepaya California agar panen banyak.

Cara Menanam Pepaya California

Langkah Menanam Pepaya California

Pembibitan

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan dalam budidaya pepaya California adalah pembibitan, Anda bisa menanam benih yang sudah dikeringkan terlebih dahulu di dalam polybag.

Letakkanlah polybag di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung dan lakukan pemupukan serta penyiraman hingga benih tumbuh dan telah berusia satu minggu dan siap tanam.


Pengolahan Lahan

Hal kedua yang juga harus Anda lakukan dalam budidaya pepaya California adalah mengolah lahan yang akan ditanami pepaya.

Anda harus melakukan penggemburan tanah terlebih dahulu menggunakan bajak atau cangkul. Berikan pupuk kompos atau kandang dan buatlah lubang tanam berukuran 20 x 20 cm dengan kedalaman sekitar 30 cm untuk ditanami pepaya.

Proses Penanaman ke Lahan

Setelah bibit telah tumbuh dan lubang tanam telah siap, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan penanaman bibit pepaya ke lahan.

Pilihlah bibit pepaya California yang telah tumbuh daun sebanyak 4 – 5 helai dan masukkanlah bibit tersebut ke dalam lubang tanam secara hati-hati, setelah itu tutup kembali lubang tanam dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk.

Proses Pemeliharaan

Tanaman pepaya California tentu saja membutuhkan pemeliharaan agar bisa tumbuh dengan optimal dan cepat berbuah, Anda harus melakukan penyiraman dengan frekuensi dua kali sehari.

Anda juga harus membuang gulma yang tumbuh di sekitar tanaman pepaya, selain itu pemupukan ulang juga perlu dilakukan dengan tujuan untuk menambah unsur hara agar tanaman cepat tumbuh.

Baca Juga Mengenal Peluang Usaha Budidaya Jambu Jamaika

Proses Panen

Proses pemanenan merupakan tahap terakhir dari proses budidaya pepaya California, perlu Anda ketahui bahwa proses pemanenan pepaya sudah bisa dilakukan jika tanaman telah berusia 8 bulan sejak masa tanam atau ketika buah sudah mencapai ukuran maksimal. Proses pemanenan dilakukan dengan cara memetik buah pepaya secara langsung, namun Anda harus berhati-hati melakukannya.

Bagi Anda yang ingin melakukan usaha budidaya pepaya California, maka Anda bisa mengikuti panduan singkat yang telah diberikan di atas.