Cara Membuat Yoghurt Untuk Usaha Skala Rumahan

Cara Membuat Yoghurt – Penikmat yoghurt sekarang ini semakin bertambah dengan banyaknya manfaat yang terkandung didalamnya, juga rasanya yang banyak di sukai dan menyegarkan. Sehingga potensi produk yoghurt untuk berkembang di Indonesia cukup besar peluangnya, dapat di jadikan pilihan meski hanya dijalankan dengan skala usaha rumahan.

Dipasaran banyak terdapat produk yoghurt yang berasal dari industri kecil rumahan, kita pun bisa berpeluang menjalankan bisnis ini jika mampu memproduksi yoghurt ini dengan kualitas yang baik, untuk itu di perlukan keterampilan agar bisa menghasilkannya. Maka pada artikel berikut ini akan di bahas mengenai cara membuat yoghurt untuk usaha, sebagai masukan untuk anda yang ingin mempelajarinya.

cara membuat yoghurt untuk usaha

Mengenal Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu olahan dari susu yang telah melewati proses fermentasi sehingga tercipta rasa asam dan beraroma khas serta memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu yang menjadi alasan utama masyarakat mengkonsumsinya karena terdapat khasiat dapat menghambat kadar kolesterol yang berasal dari makanan berlemak.

Sehingga dengan mengkonsumsi yohgurt ini dapat mendukung program diet yang dan gaya hidup sehat yang kini banyak di terapkan. Agar lebih di sukai juga yoghurt ini banyak di kreasikan dengan beragam rasa seperti rasa buah-buahan, coklat, mocca dan sebagainya, Namun ada juga penikmatnya yang menggemari rasanya yang original atau plain.

Pembuatan Yoghurt

Bagi sebagian orang mungkin terlihat rumit untuk dapat mempelajari cara membuat yoghurt ini, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, karena sudah banyak yang menerangkan langkah-langkahnya dengan mudah. Akan tetapi khusus untuk usaha, akan memerlukan riset khusus agar rasanya dapat di sukai masyarakat luas, karena rasa yang menurut kita baik, belum tentu untuk mereka.

Maka dari itu akan di perlukan sedikit trial and error untuk dapat menghasilkan produk yoghurt yang sukses di pasaran, buat sedikit lalu dengar terlebih dahulu pendapat dari sebagian orang mengenai rasa yoghurt yang kita buat sebelum benar-benar memproduksinya secara massal.

Secara garis besar inilah cara membuat yoghurt dengan benar, anda bisa memodifikasinya agar sesuai konsep anda dalam menargetkan konsumen di pasaran :

  1. Siapkan susu putih berupa susu murni atau kemasan, serta bibit yoghurt yang bisa anda dapatkan di pasaran. atau bisa juga menggunakan yoghurt plain tanpa rasa sebagai bibitnya. Pemilihan bahan baku utama ini akan berpengaruh besar kepada penerapan harga produk yang akan kita jual. Jika menyasar produk yang berkualitas dengan harga yang tinggi bisa gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi atau import, namun jika ingin mentargetkan produk terjangkau bisa gunakan bahan yang lebih murah.
  2. Hangatkan susu dengan api kecil agar tidak sampai mendidih, sambil terus diaduk. Lakukan hingga air menguap sehingga menyisakan gumpalan.
  3. Selanjutnya dinginkan, lalu tambahkan bibit yoghurt kurang lebih 5% dari banyaknya susu yang sudah di persiapkan tadi dan aduk hingga rata.
  4. Berikutnya proses fermentasi akan di lakukan dengan mendiamkannya pada wadah tertutup selama kurang lebih 24 jam, serta usahakan suhu ruangan berkisar 40-50 derajat celcius serta kedap udara, untuk bisa menghasilkan bentuk kental dan rasa asam yang maksimal.
  5. Selesai, jika hendak membuat yohgurt dengan tambahan rasa tinggal masukan perasa dan juga gula secukupnya.

Catatan :

  • Perlu di perhatikan dalam cara membuat yoghurt kebersihan peralatan pembuatan harus benar-benar terjaga, karena sedikit saja terdapat bakteri, itu bisa menggagalkan proses pembuatan atau pun dapat menumbuhkan jamur pada yoghurt buatan anda, maka selalu sterilkan dengan cara merebusnya setiap akan memproduksi. Selain itu cara penyimpanan yoghurt harus selalu terjaga dengan suhu yang dingin dan jauhkan dari sinar matahari.
  • Untuk bibit yoghurt, jika sudah menemukan racikan yang pas untuk produk anda, bisa pisahkan secukupnya setelah proses fermentasi selesai. Ini bisa menjadi bahan bibit untuk produksi selanjutnya agar produk anda memiliki ciri khas yang seragam.
  • Karakter kekentalan dan juga kuatnya rasa asam bisa kita sesuaikan dengan melakukan beberapa kali percobaan yang di atur dari banyaknya bibit yoghurt yang digunakan hingga didapatkan karakter yang paling sesuai untuk merk usaha yoghurt buatan anda.
  • Buat kemasan produk yang disukai konsumen, bisa dengan menggunakan wadah dari plastik ataupun kaca serta berikan merk produk. Akan lebih baik jika produk sudah memiliki sertifikat dari badan pemerintahan terkait sebagai kepastian konsumen bahwa yoghurt buatan anda aman di konsumsi.

Baca juga artikel :

Selamat Mencoba cara membuat yoghurt untuk usaha di rumah, semoga sukses..