Cara Membuat Website Untuk Bisnis Dengan Mudah

Cara membuat website – Di jaman sekarang memiliki website untuk sebuah bisnis sudah hampir menjadi keharusan. Begitu banyak mannfaatnya, sehingga anda pun jika hingga sekarang belum memilikinya sebaiknya segera pertimbangkan untuk membuatnya.

Dampak yang bisa di rasakan secara langsung terhadap bisnis yang sedang dijalankan, diantaranya image perusahaan yang secara signifikan akan meningkat. Karena masyarakat kita saat ini sering kali memandang sebuah perusahaan yang memiliki sebuah website lebih terlihat profesional.

Manfaat lainnya selain bisa juga digunakan untuk menjual secara langsung produk dari bisnis anda, website ini juga dapat di gunakan sebagai media promosi perusahaan sehingga akan bisa dikenal secara lebih luas.

Pertanyaannya apakah gratis atau berbayar ?

Khusus untuk keperluan bisnis, meski bisa dibuat dengan gratisan namun akan lebih terlihat profesional jika kita mengeluarkan sedikit biaya untuk membangun website yang lebih premium.

Lalu dapatkah kita membuat website bisnis ini sendirian ?

Tentu saja, karena saat ini cukup banyak berbagai tutorial yang dapat di jadikan panduan untuk membuatnya dengan mudah.

Seperti pada artikel kali ini, akan kami bahas langkah-langkah cara membuat website secara lengkap. Berikut bisa anda simak caranya :

Mempersiapkan Nama Domain Dan Hosting

  • Domain

Paling awal yang harus kita persiapkan adalah nama domain yang akan di gunakan pada website, contohnya seperti www.perusahaan-anda.com. Pada langkah awal ini karena kita akan membuat website premuim, kita bisa membeli nama domain yang akan di gunakan dari para penyedia nama domain atau registar.

Contohnya bisa anda kunjungi situs seperti idwebhost.com, rumahweb.co.id, masterweb.net dan lain-lain sebagai penyedia nama domain dari perusahaan lokal. Atau godaddy.com, namecheap.com yang juga menyediakan nama domain dari perusahaan luar negri.

  • Hosting

Selanjutnya, kita pun membutuhkan hosting yang akan dikaitkan kepada domain. Fungsinya adalah sebagai sarana menyimpan seluruh data dari website kita, misalnya gambar, teks, video dan lain sebagainya. Hosting ini bisa kita dapatkan dengan sistim sewa, yang kapasitasnya tergantung keperluan.

Agar lebih memudahkan, sebaiknya sekaligus membeli domain dan sewa hosting dari satu penyedia.

Image dari Idwebhost.com

Mempersiapkan Software (CMS) Pembuat Website

Setelah domain dan hosting dimiliki, selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menginstal software untuk membuat website di hosting anda. Sebelumnya, penggunaan software atau CMS yang akan di bahas pada artikel kali ini adalah menggunakan wordpress.

Mengapa ?

Karena wordpress merupakan salah satu yang paling populer di gunakan saat ini untuk membuat situs-situs seperti website profil bisnis, toko online ataupun blog di seluruh dunia. Banyak di pilih karena kemudahan dan kecanggihan fitur yang di milikinya.

image dari wordpress.org

Kembali ke cara membuat website, langkah untuk proses penginstalan wordpress pada hosting anda adalah sebagai berikut :

  • Login ke Cpanel

Setelah menyewa hosting anda akan di berikan akses menuju cpanel atau control panel untuk mengatur program pendukung website. Anda bisa mengaksesnya dengan mengetikan namadomain.com/cpanel pada browser, untuk bisa masuk ke dalamnya, anda di haruskan mengisi password dan username yang sebelumnya bisa di dapatkan dari penyedia hosting.

cpanel

  • Install WordPress Via Softaculous

Setelah login kedalam cpanel, anda bisa cari bagian “Software and Service” lalu pilih Softaculous. Softaculous sendiri adalah program auto installer yang bisanya di sediakan pihak hosting agar kita bisa menginstal wordpress dengan mudah.

softaculuos

  • Instal WordPress

Didalam softaculous anda akan menemukan banyak CMS atau software yang dapat di pergunakan untuk membuat website. Termasuk diantaranya WordPress, tinggal kita klik install untuk memulai instalasi.

Sebelum proses penginstalan berjalan, anda di haruskan mengisi beberapa data. Diantaranya password dan username untuk akses login ke dalam admin wordpress nanti.

Setelah di isi anda bisa klik install untuk melanjutkan proses instalasinya, kemudian menunggu proses hingga muncul keterangan instalasi berhasil.

wordpress softaculuse

finish

Hingga proses ini, anda sudah selesai menginstalkan wordpress pada website, dan biasanya website sudah bisa di akses dengan hanya menampilkan keterangan “Under Maintenance”.

Sebetulnya untuk cara membuat website untuk keperluan bisnis ataupun untuk menjalankan bisnis toko online langkah yang harus dilakukan sama saja. Yang membedakan hanyalah pada penggunaan theme atau template untuk tampilan websitenya, langkahnya bisa anda simak di bawah ini.

Setting Tampilan Website

Langkah berikutnya adalah membuat tampilan website. Untuk melakukannya anda bisa mengakses halaman admin wordpress yang sudah kita instalkan tadi, caranya dengan mengakses halaman namadomain.com/wp-admin pada browser. Selanjutnya anda akan diwajibkan mengisi password dan username admin wordpress yang tadi dibuat.

admin wp

Kemudian anda akan berada di halaman Dashboard wordpress, di sinilah berbagai aktifitas membuat website dilakukan, dari mulai seting tampilan, membuat halaman, posting dan lain sebagainya.

Paling awal mari kita buat tampilan website dengan memilih theme yang telah di sediakan secara gratis oleh wordpress. Namun anda pun bisa memilih theme berbayar dari para pembuat theme, yang tentunya tampilannya akan lebih menarik dan tidak pasaran.

Lanjut, anda bisa lihat kolom sebelah kiri dan pilih bagian “Appearance” kemudian “Theme”. Didalamnya anda akan di suguhkan berbagai pilihan tampilan theme yang bisa di gunakan pada website, tinggal pilih sesuai keinginan, dan sebelumnya anda pun dapat melihat demonya terlebih dahulu dengan memilih “preview”. Jika telah didapat theme yang sesuai tinggal anda klik instal.

dashboard

Untuk memeriksa apakah tampilan website telah berhasil di instal, anda bisa arahkan cursor mouse pada dashboard bagian kiri atas terdapat icon home, lalu klik visit site.

Baca juga syarat sukses menjalankan bisnis online

Membuat Halaman Dan Posting

Jika tampilan website telah selesai anda buat, selanjutnya kita bisa mencoba membuat halaman dengan cara memilih menu “Pages” lalu “add new” pada dasboard wordpress.

Didalamnya anda akan menemukan bagian kolom paling atas untuk menuliskan judul atau title yang akan di gunakan sebagai nama halaman.

Umumnya untuk sebuah website bisnis terdapat halaman seperti Kontak Kami, Tentang Kami, Produk, dan lain sebagainya.

Pada kolom di bawahnya, anda bisa sertakan teks, gambar maupun video yang akan menjadi isi dari halaman yang di buat.

Berikutnya untuk postingan, serupa dengan membuat halaman tidak ada perbedaan. Hanya fungsi dari postingan sering di gunakan untuk membuat artikel atau list produk dari bisnis anda, dan untuk setiap postingan bisa anda klasifikasikan berdasarkan kategori yang di butuhkan.

add new

Setelah selesai membuat isi untuk halaman ataupun postingan, untuk menterbitkannya pada website bisa pilih “publish” yang ada pada bagian kolom sebelah kanannya.

Itulah beberapa langkah cara membuat website untuk keperluan bisnis yang anda jalankan. Andapun bebas berkreasi pada website dengan menambahkan logo, mengganti warna tema dan lain sebagainya sesuai dengan keperluan. Selamat mencoba…

Baca juga artikel 3 kendala di awal berbisnis online berikut solusinya