Cara Membuat Pomade Untuk Bisnis Rumahan

Ada yang belum mengenal pomade ?

Pomade ini adalah salah satu jenis di minyak rambut yang saat ini sedang populer di pasaran, terlebih di kalangan anak muda yang gemar bergaya.

Sebetulnya bergaya dengan rambut yang menggunakan minyak rambut ini di dunia lebih sering dipakai di era jaman dahulu, namun beberapa tahun belakangan tren berambut klimis ini kembali diminati termasuk di Indonesia.

Kini semakin banyak produk pomade yang beredar, baik itu produk lokal dan mancanegara. Permintaannya yang tidak sedikit banyak menarik minat untuk berbisnis menjual produk ini.

Terlebih untuk membuat pomade ini dapat di katakan tidak terlalu susah, bahkan peralatan pembuatannya pun bisa menggunakan perabotan yang sudah ada di rumah. Sehingga bisnis ini bisa kita pilih dan dijalankan dengan sistim rumahan dengan skala kecil hingga menengah.

Sebelumnya, kami juga sudah pernah membahas mengenai bisnis pomade ini, anda bisa membacanya di artikel

pomade, produk yang makin di minati anak muda indonesia

Baik, sebelum kita membahas cara membuat pomade sendiri, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis pomade yang sekarang ini banyak beredar.

cara membuat pomade untuk bisnis

Jenis – Jenis Pomade

Pomade bentuknya tidak seperti hair spray atau wax yang kita kenal juga sebagai produk untuk menata rambut. Teksturnya hampir seperti minyak rambut berbentuk gel, dapat dioleskan ke rambut sehingga menciptakan berbagai efek seperti mengkilap, mudah di atur, terlihat lebih hitam, dan lain sebagainya.

Secara umum pomade di bedakan menjadi tiga jenis menurut bahan pembuatannya, pertama pomade yang di buat dengan bahan Oil Based, kedua pomade water based dan terahir terbuat dari campuran keduanya atau Mix Based.

Sesuai namanya, pomade Oil Based ini di buat dengan menggunakan minyak sebagai bahan utama, dan Water Based bahan dasarnya menggunakan air, sedangkan Mix Based bahan utamanya mengaplikasikan air sekaligus juga minyak.

Dari ketiganya tentu saja menawarkan efek yang berbeda saat di gunakan.

Cara Membuat Pomade Secara Sederhana

Secara sederhana pembuatan pomade ini bisa di lakukan sendiri dengan mudah di rumah, dan tidak ada juga keterampilan khusus yang harus di milki untuk bisa menciptakan pomade yang berkualitas. Semua bisa di pelajari secara bertahap, namun tentunya harus ada standart khusus jika anda bermaksud ingin menjualnya. Agar nantinya produk anda memiliki ciri khas sendiri di pasaran.

Berikut secara garis besar cara membuat pomade :

Bahan :

  • Beeswax Murni atau Lilin Lebah

Beeswax ini bahan yang dibuat dari lilin yang berada di dalam sarang lebah, umum di gunakan pada industri kosmetik sebagai bahan pembuatan krim.

  • Minyak Kelapa
  • Minyak Almond
  • Minyak Essensial atau pewangi

Peralatan :

Panci atau wadah untuk memasak, kompor, sendok pengaduk adonan.

Proses Pembuatan :

Lelehkan Beeswax dengan cara memanaskannya diatas kompor menggunakan wadah untuk memasak hingga mencair sempurna. Di lajutkan dengan memasukan bahan lainnya seperti minyal kelapa dan minyak almond, aduk hingga merata kemudian tambahkan minyak essensial sebagai pewangi.

Masak hingga kisaran kurang lebih 10 menit sambil di aduk agar bahan-bahan seluruhnya tercampur dengan merata. Selanjutnya, tinggal tuang adonan langsung ke dalam kemasan yang umumnya terbuat dari kaleng berbentuk bulat atau kotak, lalu tutup kemasan dan biarkan hingga dingin dan mengental, selesai.

Sederhana bukan ?

Prosesnya memang cukup sederhana, namun yang agak sulit sebetulnya adalah bagaimana membuat pomade dengan tekstur yang baik dan efeknya sesuai dengan yang di inginkan.

Misalnya pomade anda terlalu keras berarti penggunaan minyak bisa di tambahkan dari takaran semula, atau jika pomade yang anda buat ingin berefek kuat bertahan di rambut bisa di buat dengan takaran beeswax yang lebih banyak.

Dengan begitu pastinya untuk awal masa pembuatan, anda akan mengalai beberapa kali trial and eror karena dalam masa percobaan. Setelah di dapat takaran adonan yang tepat, selanjutnya takaran tersebut bisa di jadikan potokan untuk memproduksi pomade dengan jumlah yang lebih banyak.

Baca juga ragam jenis usaha sukses yang dijalankan anak muda

Tips Berbisnis Pomade

Kualitas pomade yang di pasarkan sebetulnya tidak ada batasan standart yang jelas, hanya saja tentu pomade yang anda buat harus menggunakan bahan-bahan yang aman di pakai.

Selain itu produk pomade ini juga di pilih konsumen berdasarkan dari karateristik atau efeknya pada rambut, ada konsumen yang menyukai efek keras pada rambutnya, ada yang menyukai efek mengkilat, dan sebagainya. Maka pomade buatan anda harus memiliki ciri khasnya sendiri.

Yang penting juga, karena konsumennya sebagaian adalah anak-anak muda yang menyukai sesuatu yang terlihat menarik menurutnya, pastikan anda membuat kemasan pomade dengan tampilan yang di sukai segmen mereka. Bisa kita lihat di pasaran, kemasan-kemasan pomade ini kebanyakan menampilkan gambar-gambar atau tulisan yang berkarakter di sukai anak muda.

Baca juga cara membuat yoghurt untuk usaha skala rumahan