Cara Membuat Kerupuk Ikan Dan Ulasan Peluang Usahanya

Kerupuk sudah hampir menjadi menu wajib yang harus selalu tersedia di setiap rumah, bahkan bagi sebagian orang menyantap makanan rasanya akan terasa kurang nikmat jika tidak di temani kerupuk ini. Hal ini tentunya membuat permitaan akan kerupuk tidak akan pernah surut, setiap saat akan selalu bertambah seiring pertumbuhan penduduk.

Salah satu jenis kerupuk yang cukup di gemari masyarakat diantaranya adalah kerupuk ikan, pada artikel berikut ini akan kami bahas secara tuntas mengenai cara membuat kerupuk ikan dan juga bagaimana analisa potensi peluang usahanya kedepan.

Bagi pembaca yang sedang mencari sebuah usaha yang akan terus menjanjikan, bisa lirik usaha kerupuk ikan yang bisa di jalankan dengan skala industri rumahan ini. Karena pasarnya yang cukup luas, maka tidak menutup kemungkinan produk ini pun bisa di pasarkan ke berbagai wilayah di Indonesia, tentunya dengan begitu potensi keuntungan pun akan bisa di raih cukup besar.

cara membuat kerupuk ikan dan ulasan usahanya

Mengenal Cara Pembuatan Kerupuk Ikan

Jenis kerupuk yang sekarang ini beredar sangatlah beraneka, mulai dari kerpuk udang, kerupuk ikan, kerupuk tahu, hingga kerupuk yang di buat dari jenis sayuran seperti kerupuk wortel dan lain sebagainya.

Begitu pula dari satu jenis kerupuk ikan yang kali ini akan kita bahas, masih terdapat beberapa jenis lagi aneka produknya, seperti kerupuk ikan tenggiri, kerupuk ikan lele, kerupuk ikan teri, hingga kerupuk ikan tongkol.

Namun sebagai dasar cara membuatnya baik itu kerupuk ikan, udang dan lainnya, dapat di katakan sama saja. Karena jenis-jenis kerupuk yang di sebutkan tadi hanya di bedakan dari bahan pokok pembuatannya saja.

Berikut ini adalah cara membuat kerupuk ikan selengkapnya :

Bahan-bahan :

  • Daging Ikan Tenggiri Tanpa Tulang ( Dapat di ganti dengan jenis ikan lain )
  • Tepung Tapioka
  • Bawang Putih (dihaluskan )
  • Ketumbar
  • Telur Ayam
  • Soda Kue
  • Garam
  • Gula pasir
  • Air dan Minyak Goreng

Cara Membuat :

Advertisement
  1. Persiapkan 350 gram daging ikan tenggiri dalam wadah lalu campurkan dengan 800 gram tepung tapioka.
  2. Lalu tambahkan juga dengan 6 butir telur ayam, beserta bumbu-bumbu berupa 5 siung bawang putih yang sudah halus, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh soda kue, 300 gram gula pasir, 1 sendok makan garam, dan terahir masukan air secukupnya.
  3. Selanjutnya adonan di aduk dengan tangan hingga kalis juga tidak terasa lengket di tangan.
  4. Bungkus adonan dengan daun pisang, lalu kukus kurang lebih selama 3 jam.
  5. Setelah matang, adonan bisa kita tiriskan untuk selanjutnya kita iris tipis-tipis menjadi bentuk yang di inginkan.
  6. Berikutnya irisan adonan kerupuk ikan di atas akan kita jemur di bawah terik sinar mata hari hingga benar-benar kering.
  7. Selesai, tinggal kita goreng adonan kerupuk yang sudah kering saat akan di konsumsi.

Baca juga cara membuat kecap dan analisa peluang usahanya

Baca juga mau jalankan usaha nata de coco, berikut ini cara pembuatannya

Analisa Peluang Usaha Kerupuk Ikan

Sebelum mulai menjalankan usaha kerupuk ikan ini, perlu adanya riset terlebih dahulu mengenai target konsumen yang akan kita bidik, utamanya pada segmen daya beli calon konsumen. Artinya, jika kita mentargetkan konsumen kalangan mengengah keatas, kita bisa produksi kerupuk dengan lebih berkualitas, seperti penggunaan daging ikan yang lebih banyak agar kerupuk terasa lebih lezat, Lalu juga kemasan produk bisa kita buat eksklusif, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, jika mentargetkan menjual kerupuk ikan kepada segala lapisan masyarakat dengan harga terjangkau, maka cara membuat kerupuk ikan pun harus kita sesuaikan dengan harga jual, misalnya dengan menggurangi penggunaan daging ikan demi mendapatkan ongkos produksi yang lebih murah, kemasan sederhana dan lain sebagainya.

Untuk langkah pemasaran, kita bisa upayakan pada awal usaha dengan memasarkan di wilayah terdekat. Bisa dengan cara titip jual di toko-toko grosiran sembako atau klontongan, atau akan lebih efektif jika kita coba pasarkan kepada kios-kios di pasar-pasar tradisional.

Jika merk kerupuk sudah di kenal, langkah pemasaran pun bisa di lakukan lebih luas ke wilayah lainnya, atau bahkan kita tempuh pemasaran secara online melalui media internet.

Itulah sekilas ulasan mengenai cara membuat kerupuk ikan dan analisa peluang usahanya, semoga bisa bermanfaat dan menjadi masukan untuk pembaca semuanya.

Baca juga artikel usaha kerupuk rumahan, jangan pernah meremehkan usaha kecil ini