Cara Membuat Es Krim Sederhana Untuk Usaha Kecil Menengah

Es krim adalah salah satu makanan yang banyak digemari dimana saja, maka dari itu makanan ini pun menjadi salah satu yang potensial untuk dibisniskan. Jika anda berfikir es krim ini kebanyakan hanya menjadi produk jualan para pabrikan berskala besar seperti beberapa merk yang sering ditemui dipasaran saat ini, itu salah besar. Karena nyatanya tidak sedikit juga produk es krim hasil kreasi pelaku usaha kecil-kecilan secara rumahan yang produknya cukup laris dan menghasilkan untung besar.

Diantara bentuk es krim yang dibuat untuk dipasarkan ialah dalam kemasan cup gelas plastik. Pemasaran pada tahap awal biasanya dengan cara menitip jual kepada warung-warung sekitar, setelah dikenal dan rasanya disuka tidak sedikit yang melebarkan sayap dengan mencari mitra di kota lain atau dipasarkan secara waralaba.

Ingin mencoba peluang usaha menggiurkan ini, berikut adalah cara membuat es krim sederhana yang mudah dibuat siapa saja. Anda pun bisa berkreasi menambahkan bahan makanan lain seperti coklat, buah, atau oreo agar rasanya bervariasi.

Bahan-bahan Membuat Es Krim

  • Susu kental manis 1 Kaleng
  • Tepung maizena 3 sendok makan
  • Gula Pasir 5 sendok makan atau sesuai slera
  • Pengembang atau SP 1 sendok makan
  • Air

Proses Pembuatan :

  1. Masak didalam panci. Susu kental manis, tepung maizena beserta gula dan air secukupnya hingga sedikit mendidih. Saat memasak usahakan sambil terus di aduk agar bahan tercampur merata.
  2. Bahan yang sudah dimasak tersebut selanjutnya dapat dipindahkan kedalam wadah lain untuk didinginkan kedalam freezer. Lama pendinginan dikira-kirakan antara 4 hingga 5 jam, namun jangan sampai adonan beku.
  3. Setelahnya adonan dicairkan kembali dengan cara dimixer, agar dapat mengembang tambahkan SP dan terus aduk hingga adonan benar-benar mengembang. Disini anda bisa menambahkan perasa sesuai slera seperti coklat atau strawberry dan lainnya.
  4. Terahir sebelum adonan dimasukan kembali kedalam frezzer untuk dibekukan, pindahkan adonan ke dalam kemasan yang diinginkan serta tambahkan aneka topping, Dan selesai, setelah beku es krim bisa dinikmati.

Tips Usaha Es Krim Rumahan

Resep membuat es krim diatas hanyalah berupa dasarnya saja, agar dapat sukses dipasarkan diperlukan kreasi tambahan sesuai kebutuhan pasar. Misalnya saja saat ini ramai masyarakat yang menjalankan gaya hidup sehat, diet dan sebagainya, maka kita bisa berinovasi membuat es krim sehat dengan bahan-bahan alami dengan tidak menggunakan pengawet buatan.

Advertisement

Selain itu, kreatifitas juga perlu selalu di kembangkan dengan melihat trend pasar. Seperti saat ini telah ada yang menciptakan es krim dari bahan talas hingga dengan campuran jamur tiram. Selain dari segi rasa, anda pun dapat berkreasi pada bentuk atau kemasan. Diantara contohnya adalah es krim pot yang mengandalkan tampilan layaknya tanaman dalam pot, es krim goreng, dan es krim yang dibuat sebagai isian kue mochi.

Baca Juga :

Dengan adanya inovasi seperti contoh-contoh tadi, diharapkan pembeli menjadi tidak bosan dengan rasa-rasa eskrim yang sudah ada dipasaran. Selain itu, kecenderungan pasar untuk mencicipi makanan dengan inovasi baru dan unik juga sangatlah tinggi. Jika anda dapat menawarkan produk yang demikian maka, peluang untuk mendapatkan keuntungan pun bisa semakin besar.