Cara Membuat Cincau Untuk Usaha Skala Rumahan

Cincau merupakan salah satu campuran minuman segar yang sangat di suka oleh siapa saja, selain menyegarkan cincau ini pun bisa memberikan manfaat untuk kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Sebabnya sebagian besar dari bahan untuk membuat cincau ini adalah dari bahan alami, seperti yang kita ketahui cincau ini di hasilkan dari daun tanaman.

Sedikit mengulas tentang manfaat dari cincau, banyak yang percaya bahwa khasiatnya sangat terasa untuk membantu meredakan panas dalam, sakit tenggorokan, dan juga bisa untuk menurunkan tekanan darah tinggi, jadi selain di balik rasanya yang menyegarkan ternyata menyimpan khasiat yang bermanfaat.

Di artikel kali ini kami akan mengulas mengenai cara membuat cincau, dan bagi anda yang sedang mencari sebuah peluang usaha di bidang kuliner, menjual minuman cincau juga dapat menjadi pilihan mengingat cukup banyak yang menggemarinya.

Terlebih ahir-ahir ini telah muncul dan cukup sukses di kenal juga kreasi cincau terbaru yang lebih di suka, yaitu cappucino cincau, yang memadukan antara minuman tradisional dan modern sehingga rasanya lebih menarik untuk di coba.

Alasan lain mengapa berbisnis cincau ini bisa menjadi pilihan adalah cara membuatnya yang bisa dikatakan sederhana, sehingga sangat memungkinkan jika di jalankan sebagai usaha rumahan, dan bahkan peralatan untuk membuatnya pun bisa menggunakan alat-alat yang sudah tersedia di rumah.

Baca juga cara membuat yoghurt untuk usaha skala rumahan

Cara Membuat Cincau Hijau

Jenis cincau yang akan kita buat adalah cincau hijau, untuk bahan utama yang harus kita sediakan adalah daun cincau yang tidak terlalu tua sebanyak kurang lebih 50 hingga 10 helai. Berikut tahapan untuk cara membuatnya :

Advertisement
  • Daun cincau kita cuci bersih, kemudian di lanjutkan merendam daun tersebut dengan air matang secukupnya.
  • Setelah beberapa saat kemudian kita remas daun agak kuat hingga mengeluarkan sarinya berupa cairan warna hijau, peremasan bisa terus di lakukan hingga sari daun cincau terperas seluruhnya.
  • Kemudian saring hasil perasan daun tadi ke wadah lainnya, saringan sebaiknya menggunakan kain yang bertekstur rapat agar partikel kecil sisa peremasan tidak ikut terbawa.
  • Terahir tinggal kita simpan pada suhu ruangan yang agak dingin hingga cairan berubah menjadi mengental seluruhnya.

Baca juga mesin cup sealer untuk usaha minuman

Tips Menjalankan Usaha

Cara membuat cincau di atas memang terlihat mudah, namun untuk pertama kali pastinya kita harus menemukan takaran yang pas antara air dan perasan daun agar tekstur cincau bisa terasa kenyal. Selanjutnya setelah didapat produk cincau yang sempurna, kita bisa mulai coba untuk memasarkannya.

Pilihan pertama kita bisa menjalankan usaha dengan menjualnya menjadi produk minuman seperti yang tadi kita singgung di atas yaitu cappucino cincau. Namun sedikit terdapat perbedaan dari cara pembuatan karena cincau yang digunakan adalah jenis cincau hitam, perbedaannya dari bahan yang di gunakan adalah berupa daun cincau kering atau disebut juga janggelan.

Baca juga peluang usaha minuman es cappucino cincau

Pilihan menjalankan usaha lainnya, kita bisa langsung mengemas cincau dengan plastik dan memasarkannya. Pemasaran lazimnya di tawarkan kepada pedagang di pasar-pasar tradisional hingga swalayan. Agar lebih di lirik konsumen kita bisa sertakan merk dan juga berbagai izin dari pemerintah seperti DEPKES, PIRT dan Sertifikat halal.

Selamat Mencoba…