Cara Membuat Batako Dengan Sistim Manual

Bahan bangunan yang satu ini tentunya cukup banyak dibutuhkan sebagai salah satu bahan utama dalam mendirikan bangunan. Meski terdapat beberapa jenis bata lain yang dapat di pilih seperti bata merah, bata ringan atau bata beton, batako masih di minati karena masih di nilai memiliki kelebihan.

Selain harganya yang terjangkau, cara membuat batako ini pun bisa di katakan cukup sederhana. Bagi anda yang berniat membangun rumah dan sebagainya sedangkan dana yang di miliki terbatas, bisa pertimbangkan untuk membuat batakonya sendiri dengan sistim manual.

Selain itu bagi anda yang sedang mencari sebuah peluang usaha, menjual batako ini bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan. Seperti yang di katakan tadi, kebutuhan akan produk ini cukuplah besar, untuk mendirikan satu bangunan saja akan di perlukan batako hingga ribuan.

Untuk itu berikut kami ulas mengenai cara membuat batako sendiri dengan sistim manual yang bisa anda coba praktekan.

Persiapan Bahan Membuat Batako

cara membuat batako manual

Tidak seperti bata merah yang memerlukan bahan-bahan yang cukup sulit didapat, batako ini bahan utama pembuatannya tersedia di mana-mana. Seperti pasir dan semen, bahan ini tentu berlimpah di daerah anda juga bukan…

Pasir yang di butuhkan seperti pasir untuk bangunan pada umumnya, namun untuk proses membuat batako perlu kita ayak hingga di dapat pasir yang halus terlebih dahulu agar nantinya kualitas batako bisa padat dan kuat.

Bahan utama sudah tersedia, selanjutnya kita juga memerlukan cetakan khusus untuk membuat batako. Inipun tidak sulit didapatkan, kita dapat memesannya kepada tukang las di sekitar, atau jika ingin dapat langsung di gunakan cetakan batako ini juga dapat kita beli di pasaran.

Advertisement

Baca juga tips sukses membuka usaha toko bangunan

Baca juga toilet portable produk yang semakin banyak dibutuhkan

Proses Pembuatan Batako

Selanjutnya cara membuat batako dengan sistim manual ini dapat kita mulai dengan tahap awal yaitu membuat adonan atau adukan, yakni campuran antara pasir, semen dan air pasir . Perkiraan untuk jumlah penggunaan adalah sekitar 7 pasir dan 1 semen atau 7 : 1. Namun perbandingan tersebut tidak selalu menajadi patokan, karena masih tergantung dari sifat pasir yang di gunakan.

Cara terbaik untuk mendapatkan perbandingan yang pas adalah dengan terlebih dahulu mencoba membuat adonan dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu, setelah dirasa maksimal barulah di lanjutkan ke produksi yang lebih banyak.

Berikutnya, setelah adonan di aduk rata, untuk dapat di cetak perlu kita diamkan beberapa saat, jadi tidak seperti membuat adonan adukan seperti biasanya. Karena dalam membuat batako ini di perlukan adonan yang setengah kering, jika di kira-kirakan saat adonan di kepal dalam genggaman tidak ambrol atau berantakan.

Lalu masuk kedalam proses pencetakan. Adonan tinggal kita masukan secukupnya kedalam cetakan khusus untuk membuat batako. Prosesnya kotak cetakan yang telah di penuhi adonan akan kita tekan atau di press secara perlahan hingga padat.

Terahir, alat cetakan kita lepas dan adonan sudah akan berbentuk kotak untuk berikutnya kita lakukan proses penjemuran di bawah sinar matahari hingga keras dan menjadi batako, lalu selesai…

Prosesnya cukup sederhana, namun salah satu kendalanya adalah sistem produksinya yang cukup memakan waktu, setidaknya di perlukan dua orang operator untuk bisa memproduksi batako dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Itulah cara membuat batako dengan sistim manual yang bisa kami sajikan untuk anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Baca juga proses pembuatan tempe dan analisa peluang usahanya