Cara dan Tips Membeli Barang Dari Luar Negeri

Barang yang berasal dari luar negeri hingga saat ini masih memiliki nilai lebih tersendiri di mata masyarakat Indonesia. Seringkali barang yang berasal dari luar tersebut dinilai lebih memiliki kualitas dibanding produk dari lokal.

Meski begitu barang-barang impor yang ada di dalam negeri juga bukan berarti berkualitas buruk, hanya saja barang yang di impor dari luar negri untuk dipasarkan di tanah air jumlahnya masih belum begitu banyak, sehingga masih ada saja produk luar negri yang harus di beli secara langsung dari sana.

Dijaman yang sudah serba modern seperti sekarang membeli barang dari luar negeri bukanlah sesuatu hal yang susah untuk dilakukan. Pada artikel kali ini secara singkat kami pun akan bahas bagaimana caranya membeli barang dari luar negeri serta beberapa tipsnya.

Cara Membeli Barang Dari Luar Negeri

Cara Mudah Membeli Barang Dari Luar Negeri Ke Indonesia

  • Melalui Penyedia Jasa Titip Beli.

Sesuai dengan namanya penyedia layanan ini menawarkan jasa titip pembelian aneka barang saat mereka melakukan perjalanan ke suatu tempat atau negara tertentu.

Jika kebetulan mereka sedang ada rencana perjalanan ke luar negeri dan barang yang kita perlukan berasal dari negara tersebut, kita bisa menggunakan jasa ini untuk membeli barang dari luar negeri.

Untuk menemukan penyedia jasa titip beli cukup mudah, paling banyak di temui di media-media sosial seperti Instagram, Facebook dan lainnya. Biasanya mereka akan memposting pemberitahuan di statusnya jika dalam waktu dekat mereka akan melakukan perjalanan.

  • Membeli Secara Online

Bagi anda yang sudah terbiasa membeli barang secara online di online shop, marketplace ataupun di situs E Commerce lokal, membeli barang dari luar negeri juga bisa dilakukan dengan cara yang hampir sama.


Melalui internet kita bisa mengunjungi situs belanja onlie dari negara mana saja dan melakukan transaksi pembelian secara langsung dari sana.

Beberapa situs yang umumnya banyak dikunjungi untuk berbelanja online dari luar negri diantaranya Amazon, Ebay, Banggood, Alibaba, AliExpress dan lain sebagainya.

Seperti berbelanja online dari dalam negri, berbelanja di situs-situs tersebut juga cukup mudah dilakukan. Hanya saja yang terkadang menjadi kendala adalah pada saat proses pembayaran dan juga proses pengiriman barang. Untuk mempermudah baca juga beberapa tipsnya berikut ini.

Tips Membeli Barang Dari Luar Negeri Secara Online

  • Pilih Cara Pembayaran Yang Sesuai

Jika berbelanja di situs belanja online lokal, proses pembayaran dapat dilakukan dengan mudah melalui transfer bank lokal. Berbeda dengan belanja di situs luar, untuk pembelian antar negara umumnya cara pembayaran yang bisa dipilih diantaranya menggunakan kartu kredit atau Paypal.

Apa itu Paypal ? anda bisa mempelajarinya pada artikel berikut Mengenal Apa Itu Paypal Serta Kegunaannya

Anda bisa memilih metode pembayaran yang mana yang paling sesuai dan memudahkan. Untuk keamanan jika berencana akan menggunakan pembayaran dengan kartu kredit, tips dari kami berbelanjalah di situs-situs besar yang namanya sudah dikenal terpercaya.

  • Pilih Jasa Pengiriman Berkualitas

Tidak juga seperti berbelanja di situs online lokal yang mana pengirimannya dapat dengan mudah menggunakan jasa pengirimaan seperti JNE, JNT atau POS. Pengiriman barang dari luar negeri tentunya akan memakan biaya yang lebih besar, karena jaraknya yang tidak dekat dan tentu saja waktu dalam perjalanan pun akan lebih lama.

Beberapa jasa pengiriman yang sudah banyak digunakan untuk menangani pengiriman antar negara diantaranya seperti FEDEX, DHL, USPS dan lain sebagainya. Biasanya merekapun menawarkan tarif yang berbeda-beda, kita bisa pilih mana yang paling terjangkau.

  • Perhatikan Pajak Bea Cukai

Karena merupakan barang dari luar negri, pemerintah Indonesia menerapkan pajak bea cukai untuk barang yang masuk. Besarannya bervariasi tergantung jenis barang dan jumlah barang yang dibeli. Namun begitu jika nilai barang yang dibeli tidak sampai berharga USD 50,00, kita diberikan kebebasan dari biaya pajak apapun.

Itulah ulasan singkat kami mengenai cara membeli barang dari luar negri beserta beberapa tipsnya, semoga bisa memberikan manfaat.