Cara Memasang Iklan Sponsor di Instagram Lewat Aplikasi HP

Tidak ada yang menyangkal jika media sosial Instagram sekarang ini tengah digandrungi para pengguna internet dinegara kita dan bahkan di seluruh dunia. Medsos yang konten utamanya berbasis gambar serta video ini menawarkan banyak kelebihan hingga mampu menandingi media sosial lainnya yang lebih dahulu hadir didunia maya. Sebut saja seperti Facebook yang bisa dikatakan pertama membawa trend bersosialisasi di internet hingga seperti sekarang ini.

Alih-alih bersaing, Facebook justru memutuskan untuk mengambil alih kepemilikan Instagram sejak tahun 2012 yang lalu karena melihat potensinya yang bakal terus berkembang. Terbukti saat ini Instagaram mampu menjadi salah satu media sosial yang besar. Dan oleh karena ketenarannya tersebut Instagram juga menjadi salah satu ladang baru yang bisa diandalkan untuk berbisnis.

Selain untuk sarana berkomunikasi, sudah bukan menjadi rahasia lagi praktek jual beli aneka ragam barang dan jasa di Instagram banyak dilakukan dikarenakan penggunanya yang begitu banyak. Selain itu, Instagram juga kini telah membuka layanan pemasangan iklan resmi untuk para penggunanya. Tentunya hal ini menjadi kesempatan besar bagi para pelaku usaha yang ingin berpromosi untuk meraup keuntungan yang besar.

Mengikuti perkembangan jaman yang menuntut segala aktivitas harus dapat dilakukan dengan praktis, memasang iklan di Instagram pun kini dapat dengan mudah dilakukan lewat aplikasi pada perangkat Hp android. Bagi anda yang ingin mengetahuinya, berikut adalah cara memasang iklan sponsor di Instagram lewat aplikasi hp.

Cara Memasang Iklan di Instagram

Beralih Ke Akun Bisnis

Langkah pertama, akun Instagram yang anda gunakan untuk beriklan harus dalam profil akun bisnis. Akun seperti ini ditandai dengan adanya tag “Telepon”, “Email” dan “Lokasi” dihalaman profil, tag tersebut pun dapat langsung ditekan jika ada calon pembeli yang ingin menghubungi.

Selain tanda tersebut, profil bisnis juga memiliki pilihan menu “Promosikan” di halaman profil serta di setiap postingan gambar dan video yang sudah terpublish di akun kita.

Advertisement

Untuk dapat beralih dari akun pribadi menjadi akun bisnis, kita dapat memilihnya secara langsung pada menu Opsi atau tanda titik tiga diujung kanan atas halaman profil masing-masing. Namun salah satu syarat yang harus dimiliki untuk menjadi akun bisnis adalah kita harus memiliki halaman facebook untuk nantinya dikaitkan dengan akun Instgram yang dimiliki. Selanjutnya anda pun akan diminta mengisi informasi seperti No telepon, email serta lokasi.

Pilih Menu Promosikan

Langkah selanjutnya kita tinggal memilih menu “Promosikan” yang ada di halaman profil serta di setiap postingan untuk segera memulai memasang iklan di Instagram. Lalu kita akan ditawarkan beberapa pilihan jenis iklan, diantaranya “Dapatkan Kunjungan Profil atau Situs Web” atau “Jangkau Orang di Sekitar Alamat”.

Setelah memilih salah satunya, di halaman selanjutnya terdapat beberapa rincian lain yang harus diisi diantaranya :

  • Halaman Tujuan. Dapat kita isi dengan alamat situs web yang akan dipromsikan atau kita juga dapat memilih mempromosikan profil bisnis Instagram.
  • Tombol Tindakan. Ini adalah teks yang akan muncul di tombol postingan yang dipromosikan. Contohnya seperti “Pelajari Selengkapnya”, “Belanja Sekarang”, “Pesan Sekarang” dan lain sebagainya.
  • Pemirsa. Selanjutnya kita pun dipersilahkan memilih pemirsa yang ditargetkan untuk melihat iklan. Untuk mudahnya kita dapat memilih setingan Otomatis yang berarti Instagram akan memilihkannya secara langsung, atau buat pilihan kita sendiri berdasarkan lokasi, minat, usia, dan lain sebagainya.
  • Anggaran. Berikutnya kita diharuskan menyiapkan anggaran untuk biaya beriklan serta durasi lamanya iklan tayang.
  • Selesai, iklan kita pun akan ditinjau sebelumnya untuk dapat tayang.

Baca Juga :

Lalu bagaimana cara membayar iklan di Instagram ?

Di menu Opsi dalam halaman profil akun kita terdapat menu “pembayaran” yang isinya ada beberapa metode pembayaran yang dapat dipilih sesuai keinginan. Diantaranya adalah melalui kartu kredit, dan mudahnya lagi iklan di Instagram kini juga telah menerima pembayaran melalui transfer bank lokal. Untuk memilih metode pembayaran kita juga perlu melakukan seting di akun Facebook karena untuk pembayaran iklan kedua medos ini dilakukan dalam menejemen yang sama.