Cara Jualan Di Lazada Bagi Pemula

Memilih marketplace Lazada sebagai basis jualan adalah pilihan yang tepat, karena Lazada termasuk salah satu situs e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Lazada tidak hanya populer di negara Indonesia, tapi juga di Malaysia dan Singapura.

Meskipun di negara sendiri marketplace ini memiliki saingan yang juga tak kalah besar, Lazada tetap menjanjikan ceruk pasar melimpah untuk puluhan atau bahkan ratusan kategori produk mulai dari produk buatan rumah tangga, barang impor, hingga barang-barang official. Itu artinya Lazada memiliki jumlah pengunjung (konsumen) yang sangat besar setiap harinya.

Selain itu, Lazada memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan marketplace lainnya. Silahkan baca juga tentang perbedaan mendasar marketplace Lazada dengan marketplace lainnya.

Untuk daftar menjadi penjual di Lazada ternyata tidak segampang seperti buka toko di marketplace lain. Ada persyaratan yang lebih kompleks yang harus dipenuhi oleh calon pedagang (penjual) sesuai dengan jenis ‘seller’ yang dipilih.

Nah, jika anda ingin membuka toko di Lazada, berikut gambaran singkat tentang bagaimana cara jualan di Lazada untuk pertama kali.

Cara Jualan Di Lazada

Mengenal Tiga Jenis Seller Di Lazada

Ada tiga tipe penjual di Lazada yaitu penjual di LazMall, penjual Lazada reguler dan penjual LazGlobal.

LazMall merupakan wadah jualan bagi pemilik merek dagang dan distributor resmi. Itu artinya tidak semua orang bisa jualan di LazMall karena untuk menjadi seller LazMall harus memiliki hak merek dagang atau menjadi distributor resmi dari suatu produk. Di kategori ini biasanya di isi oleh perusahaan-perusahaan besar yang memang sudah memiliki hak paten merek.

Kemudian ada LazGlobal, dimana tipe penjual ini hanya mereka yang berdomisili di China, Korea dan Jepang. Para penjual tersebut bisa menjual barang-barang ke konsumen yang ada di Indonesia dengan ketentuan khusus.


Cara Daftar Jadi Penjual Lazada Reguler

Opsi yang paling umum digunakan adalah menjadi penjual lazada reguler, dimana setiap orang bisa mendaftar dan berjualan di Lazada baik itu bersifat perorangan ataupun korporasi ataupun perusahaan.

Syarat utama yang diperlukan untuk mendaftar sebagai penjual perorangan adalah Kartu Tanda Penduduk atau Passport. Sedangkan syarat utama tambahan untuk bisa mendaftar sebagai penjual perusahaan adalah Surat Keterangan Usaha (SIUP).

Selain dari pada syarat pokok tersebut, sebenarnya ada satu lagi syarat yang harus anda persiapkan agar permintaan anda menjadi penjual dikabulkan oleh pihak Lazada. Bagi pemula syarat terakhir ini bisa dibilang berat atau malah jadi tantangan tersendiri. Apa syaratnya? Yaitu anda wajib mempersiapkan setidaknya 30 produk berbeda untuk dijual.

Jika syarat-syarat di atas sudah anda lengkapi, langkah selanjutnya anda tinggal mengunjungi link berikut ini: https://www.lazada.co.id/wow/i/id/sell-on-lazada/jualanonline untuk mendaftar sebagai penjual. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Pada tahap ini anda akan diminta untuk melengkapi informasi toko dan juga informasi pribadi termasuk nomor handphone dan juga alamat e-mail untuk keperluan administrasi dan juga verifikasi.

Pastikan anda sudah mempersiapkan alamat e-mail tersebut. Nomor handphone akan digunakan untuk verifikasi. Jangan lupa untuk mempersiapkan username dan password yang mudah anda ingat untuk login pada akun toko nantinya. Kalau perlu catat semua informasi penting agar tidak lupa.

Jika semuanya sudah selesai dan berhasil diverifikasi, langkah selanjutnya anda akan diminta untuk menandatangai kontrak. Sampai tahap ini sesi pendaftaran sudah selesai dan anda bisa langsung jualan dengan melakukan upload produk.

Pada saat upload produk lakukan dengan ekstra hati-hati dan penuh pertimbangan, karena semua informasi yang anda sampaikan baik itu berupa deskripsi produk, gambar, video, harga, varian, metode pengiriman dan lain sebagainya akan menentukan penilaian konsumen. Disinilah anda bisa menunjukkan bahwa produk yang anda jual itu memang layak dibeli.

Sebenarnya cara jualan di Lazada itu cukup mudah. Anda tinggal mencari strategi dan melakukan promosi agar jualan anda semakin berkembang.