Cara Isi Ulang (Top Up) Saldo Kartu E-Toll Paling Mudah

Semenjak diterapkan peraturan pembayaran non tunai untuk pembayaran jalan tol, kartu e toll menjadi salah satu barang wajib yang harus di miliki oleh setiap pengguna mobil.

Dengan adanya ketentuan demikian, memang transaksi pembayaran di gardu tol menjadi jauh lebih praktis dan cepat. Tidak perlu ada petugas tol dan menunggu uang kembalian, pengguna hanya cukup menempelkan e toll di alat yang telah disediakan dan selesai.

Meski begitu kita sebagai pengguna kendaraan harus selalu senantiasa memastikan saldo e toll selalu tersedia setiap akan bepergian melewati ruas jalan tol.

Mengingat cukup pentingnya menjaga ketersediaan saldo di kartu e toll, pihak penerbit kartu pun memberikan berbagai pilihan untuk cara isi saldo e toll agar memudahkan.

Dan sebagai informasi, berikut kami ulas beberapa cara mengisi ulang kartu e toll anda dengan mudah.

Cara Isi Ulang Saldo Kartu E-Toll

Isi Saldo E-Toll di ATM

Mesin ATM menjadi salah satu alat yang cukup mudah ditemukan untuk mengisi ulang kartu e toll, setiap bank yang menerbitkan kartu e toll tentunya memberikan opsi yang satu ini agar memudahkan nasabahnya.

Namun tentu saja kartu e toll anda hanya dapat di isi di mesin atm yang sesuai dengan bank penerbitnya. Misalnya E-money (Mandiri) di isi di mesin atm bank mandiri, kartu Flazz (BCA) di isi di mesin atm BCA, Tapcash (BNI) di mesin atm BNI, dan Brizzi (BRI) di atm bank BRI.

Bagaimana caranya isi saldo e toll di atm ?

Sangat mudah, setiap mesin ATM saat ini telah dilengkapi dengan alat reader untuk kartu e toll. Cukup masukan kartu atm seperti biasa, pilih isi ulang atau top up e toll, masukan nominal yang inginkan, lalu letakan kartu di reader yang tersedia, selesai.

Isi Saldo E-Toll di Tokopedia (E-Money Mandiri)

Cara berikutnya lebih praktis lagi yakni isi ulang e toll secara online lewat marketplace Tokopedia. Kita dapat melakukannya kapan dan dimana saja tanpa harus mencari lokasi ATM terlebih dahulu. Namun cara ini khusus bagi pengguna kartu e toll keluaran dari bank Mandiri.


Caranya cukup dengan membuka aplikasi TOKOPEDIA lalu pilih menu E-Money, masukan nomor kartu serta nominal uang yang akan di isi, dan selesaikan transaksi pembayaran hingga tuntas.

Belum selesai sampai disini, untuk mendapatkan kemudahan mengisi saldo e toll secara online via Tokopedia, ponsel anda harus memiliki fitur NFC (Near Filed Communication) untuk mentransfer saldo ke kartu.

Caranya dengan memilih menu cek saldo di aplikasi tokopedia dan letakkan e toll ke bagian belakang ponsel yang memiliki fitur NFC.

Bagaimana jika ponsel kita tidak memiliki NFC ? Untuk mentransfer hasil pembelian saldo E-Money dari Tokopedia ke e toll kita harus melakukan update kartu di mesin atm.

Isi Saldo E-Toll di Minimarket

Dalam perjalanan dan ada keperluan berbelanja ke minimarket, anda dapat sekaligus mengisi ulang e toll di minimarket seperti Alfamart atau Indomaret. Cara yang satu ini sangat mudah dan cepat dilakukan, cukup dengan memberikan e toll ke kasir minimarket dan sebutkan nominal uang yang akan di isi.

Isi Saldo E-Toll di Gerbang Tol

Setelah diwajibkannya pembayaran non tunai bagi setiap pengguna jalan tol, gardu tol saat ini mulai di rubah dengan jenis GTO (Gerbang Tol Otomatis) yang tidak memiliki petugas untuk berjaga.

Namun di beberapa ruas jalan tol tetap di sediakan satu atau dua gerbang konvensional berpetugas yang fungsinya sebagai gardu tempat isi ulang kartu e toll.

Jadi anda yang kebetulan masuk jalan tol namun saldo e toll tidak mencukupi, dapat memilih keluar melalui gerbang tersebut dan melakukan isi ulang sekaligus membayar tol.

Biasanya terdapat tanda khusus untuk gerbang isi ulang ini dan ditempatkan di lajur paling kiri. Meski begitu, tidak semua ruas jalan tol dilengkapi gardu untuk isi ulang.

Baca Juga Mengenal Uang Elektronik (E-Money) Serta Untung Rugi Menggunakannya

Informasi mengenai cara isi ulang saldo kartu E-Toll diatas semoga bisa membantu anda semua para pengguna jalan tol. Dan selalu ingat sebelum bepergian, kartu e toll harus selalu di bawa agar tidak repot mencari diperjalanan.